Luar Biasa! Ternyata Ampas Kopi Punya Banyak Manfaat

Diposting pada

Luar Biasa! Ternyata Ampas Kopi Punya Banyak Manfaat Jika Diolah dengan Benar

ampas kopi

Siapa bilang ampas kopi hanya akan jadi sampah? Banyak manfaat dari limbah olahan kopi tersebut, yang pastinya akan sangat membantu berbagai aktivitas Anda. Bahkan penelitian menyebutkan, ampas tanaman kelompok biji-bijian ini memiliki dampak positif bagi kesehatan. Daripada penasaran, ini dia informasi lengkapnya untuk Anda.

Manfaat Ampas Kopi

Usut punya usut, ternyata manfaat dari ampas minuman kopi ini bisa jadi alternatif untuk berbagai kebutuhan sobat tani. Mulai dari pengharum ruangan hingga untuk kesehatan tubuh, simak baik-baik dan coba manfaatnya sendiri.

  1. Untuk Elektronik dan Rumah

Anda yang sedang pusing dengan aroma kulkas yang tidak enak, akibat perpaduan berbagai bahan makanan yang tersimpan, Anda bisa menggunakan ampas ini sebagai penetralisir bau. Caranya dengan meletakkan ampas kopi pada mangkok yang terbuat dari keramik atau plastik, lalu diamkan dua jam dalam kondisi kulkas tertutup.

Sama halnya dengan kulkas, ampas kopi juga bisa jadi aromaterapi untuk menyegarkan ruangan di rumah. Cukup dengan memasukkan ampas kopi ke dalam plastik, lalu tusuk plastik dan gantung pada pendingin ruangan atau kipas angin, aromanya akan memberikan aura ketenangan bagi siapa saja yang ada di dalam ruangan.

  1. Untuk Pertanian

  • Di dunia pertanian, sahabat tani bisa menggunakannya sebagai alternatif pencegahan hama pada tanaman. Studi menyebutkan bahwa hama seperti ulat, siput, bekicot tidak menyukai aroma kopi dan teksturnya. Maka dari itu, banyak yang memakai ampas kopi sebagai pengusir hama.

Caranya cukup meletakkan ampas pada sekeliling pot bunga atau area kebun kecil di pekarangan rumah, lalu lihatlah hasilnya, pasti hama akan enggan mendekat. Tanaman juga akan tumbuh lebih baik, serta bisa dipanen dengan hasil yang berkualitas.

  • Selain itu juga sering dijadikan paduan pupuk untuk tambahan nutrisi tanaman, karena kandungan tembaga, fosfor, magnesium dan potasium yang sangat dibutuhkan tanaman. Biasanya, ampas dicampur dengan dedaunan dan kompos organik, karena kandungan nitrogennya bisa membuat kualitas pupuk jadi lebih baik.
  • Ampas ini juga bisa digunakan untuk dijadikan media penanaman jamur tiram. Hal ini sudah dibuktikan oleh sejumlah perusahaan besar di Inggris, yang memanfaatkan ampas melalui proses ekstraksi agar siap jadi media tanam.
  1. Untuk Kesehatan

  • Ampas minuman kopi ini juga dapat membantu merontokkan noda di kulit, karena cocok dijadikan bahan lulur. Caranya dengan menambahkan minyak kelapa atau air, lalu gosok ke seluruh tubuh.
  • Bisa juga sebagai penyamar bekas selulit, dengan memadukannya bersama body lotion lalu oleskan pada bagian selulit secara rutin setiap hari. Ampas kopi yang mengandung bahan alami ini tidak ada efek samping bagi kesehatan, karena saat digunakan bahan akan diserap tubuh dengan baik.
  • Untuk membuat rambut lebih kuat dan berkilau, ampas kopi juga sering digunakan. Caranya dengan menjadikannya masker rambut dengan tambahan minyak kelapa lalu dioles pada rambut, diamkan 15 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Untuk Kuliner

  • Bagi Anda pecinta daging, tentu sangat ingin makanan olahan berbahan daging menjadi sangat empuk dengan bumbu yang meresap. Salah satu rahasia mengempukkannya adalah merendam daging dengan ampas kopi 30 menit sebelum diolah, terutama jika ingin membuat steak.
  1. Untuk Kebersihan

  • Anda sedang risau akibat noda pada peralatan dapur yang sulit hilang? Anda bisa menggunakan ampas kopi sebagai campuran sabun saat mencucinya. Gosoklah menggunakan sponge hingga bagian noda hilang. Dijamin noda bandel tak akan mau menempel lagi.

Kriteria Ampas Kopi yang Baik untuk Digunakan

Sebenarnya, tidak ada kriteria khusus dari ampas minuman kopi yang bisa digunakan, tapi sobat tani bisa memastikan beberapa hal. Pertama, yaitu ampas tersebut belum disimpan dalam waktu lama, karena akan mengurangi khasiatnya, apalagi jika digunakan untuk kesehatan seperti dijadikan lulur atau masker rambut.

Kedua, pastikan ampas kopi masih mengeluarkan bau wangi, jika akan dipakai untuk pengharum ruangan. Biasanya, ampas kopi masih bisa dipakai sebagai pengharum, hingga beberapa hari setelah digunakan. Ketiga, pastikan ampas berasal dari biji kopi yang dijamin kualitasnya, agar bisa berfungsi secara maksimal untuk kebutuhan Anda.

Keempat, sebaiknya ampas yang digunakan adalah yang berupa bubuk, bukan butiran yang terlalu kasar. Apalagi kalau akan dipakai untuk dijadikan lulur, jika butirannya kasar tentu dapat melukai kulit. Tapi, jika untuk pembuatan kompos bisa menggunakan ampas dengan tekstur halus hingga kasar.

Adakah Produk Olahan dari Ampas Kopi yang Memiliki Prospek Bisnis?

Selain manfaat di berbagai bidang, ternyata ampas minuman kopi ini juga bisa dijadikan produk olahan dengan nilai jual tinggi. Sobat tani juga bisa mencobanya dengan panduan yang tepat, seperti dijadikan skincare, minyak kopi dan aromatherapy.

  1. Skincare

Saat ini banyak yang mengembangkan produk skincare yang terbuat dari bahan utama ampas minuman kopi. Prosesnya terbilang mudah, namun kualitas produknya bisa disandingkan dengan produk skincare lainnya. Produk ini termasuk kategori organic yang minim dari efek samping bagi kesehatan kulit.

Kalau sobat tani tertarik untuk mencoba bisnis ini, tentu perlu memperluas jaringan pada kafe yang menyediakan produk minuman kopi. Sehingga, mereka bisa menjadi supplier ampas kopi untuk kebutuhan produk Anda nanti. Jika dilakukan dengan tekun dan teliti, maka prospek bisnis produk olahan ini bisa mendatangkan keuntungan besar.

  1. Minyak Kopi

Minyak kopi juga menjadi salah satu produk olahan favorit, dari ampas minuman favorit di sore hari ini. Proses pembuatannya juga tergolong mudah, yaitu dengan menyuling ampas dengan bahan dan alat yang sesuai. Hasilnya bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.

  1. Aromaterapi

Memang jika digunakan sendiri cukup dengan meletakkannya di area tertentu, namun ternyata banyak juga yang memanfaatkan ampas kopi sebagai bahan baku bisnis aromaterapi. Hasilnya cukup menjanjikan, apalagi melihat efek aromaterapi yang sangat luar biasa.

  1. Cat Lukis

Percaya atau tidak, ampas dari minuman kopi ini bisa dijadikan bahan baku pembuatan cat untuk melukis. Bisnis produk ini juga cukup menjanjikan, apalagi kalau sahabat tani bisa menciptakan produk cat yang berkualitas dengan perpaduan bagan yang berkualitas pula, karena kopi ini bisa menghasilkan warna alami yang tahan lama.

  1. Sabun Mandi

Hampir sama dengan skincare, sabun kopi juga merupakan produk olahan ampas yang sangat banyak peminatnya. Kebanyakan digunakan pada salon dan spa yang menyediakan berbagai produk kecantikan. Biasanya, ampas diolah dan dicampur dengan bahan sabun, kemudian dibentuk sedemikian rupa agar menarik, tanpa mengabaikan kandungan positifnya untuk kulit.

Ternyata, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menyisihkan ampas kopi usai menyeruputnya di sore atau pagi hari. Manfaatnya bukan saja untuk kesehatan, tapi untuk pertanian dan banyak bidang lainnya. Ditambah pula prospek bisnis produk olahannya juga siap mendatangkan untung yang besar, sekarang saatnya menyimpan ampas tersebut dan manfaatkan semaksimal mungkin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *