Cara Menanam dan Manfaat Biji Bunga Matahari

Diposting pada

Sejarah, Cara Menanam dan Manfaat Biji Bunga Matahari

Halo sahabat tani, ketika masih kecil sudah sangat familiar dengan film hamtaro, kan? Salah satu kartun yang mengusung tema bunga matahari dengan bentuk sangat khas. Biji bunga matahari sendiri sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan, di antaranya adalah menghasilkan minyak yang bagus untuk kecantikan.biji bunga matagari

Penasaran bagaimana sejarah, cara menanam dan manfaat lebih lengkapnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Bunga Matahari

Big SmileBunga matahari termasuk ke jenis tanaman dengan batang lunak. Pertama kali ditemukan di Meksiko dengan tinggi yang berkisar antara 3-5 meter, daun tunggal, dan serat kasar yang terdapat pada batangnya. Menariknya, buah bunga matahari sering disebut sebagai biji karena teksturnya yang keras dan sangat sulit dibedakan dengan biji sungguhan.

Ribuan tahun silam, ada orang Indian yang bertempat tinggal di Amerika Utara. Ia membudidayakan bunga ini, dan  seiring berjalannya waktu, tersebar ke Suku Inka di Amerika Selatan. Namun sekitar abad 16 setelah kedua daerah tersebut dikuasai oleh Eropa, bunga ini semakin gencar dibudidayakan di seluruh dunia.

Penyebarannya masih berlanjut hingga  abad ke 18 yang mana Peter Agung dari Rusia pada suatu waktu berada di Belanda dan jatuh hati dengan bunga ini. Sehingga Ia membawanya ke Rusia dan menyuruh orang-orang untuk menanamnya.  Pemanfaatannya pun juga semakin berkembang. Entah itu digunakan sebagai campuran roti atau pengganti cokelat.

Bunga ini akan tumbuh subur pada daerah subtropis dengan kondisi tanah yang subur, hangat dan sinar matahari yang cukup. Tapi apabila ditanam di daerah tropik, akan lebih maksimal jika diletakkan di dataran tinggi. Sedangkan untuk iklim Eropa tanaman ini akan tumbuh pada musim semi dan gugur. Tidak bisa tumbuh jika musim dingin.

Nah di Indonesia sendiri, bunga matahari sangat mudah ditemukan di berbagai daerah karena sudah mengalami persilangan. Bahkan tak jarang digunakan untuk menjadi objek wisata. Tapi agar tetap hidup usahakan untuk tidak menanamnya di tempat yang tergenang air karena memicu terjadinya pembusukan. Untuk lebih lengkapnya simak cara menanam bunga matahari di bawah ini.

Cara Menanam Bunga Matahari

Jika sahabat tani tertarik untuk membudidayakan bunga matahari. Simak langkah-langkah di bawah ini dan lakukan dengan benar.

  1. Pemilihan Benih Bunga Matahari

Seperti yang lainnya,  pertama yang harus sahabat tani lakukan adalah memilih biji yang berkualitas. Karena hal ini sangat mempengaruhi bagaimana bunga nantinya akan tumbuh. Pilihlah dari indukan yang sehat.

  1. Persiapkan Media Tanam

Kedua sahabat tani harus melakukan persiapkan media tanam, yang terdiri atas kombinasi tanah dan kompos. Perbandingannya 2:1. Campur jadi satu hingga merata.

  1. Mulai Pembibitan

Setelah memilih benih dan mempersiapkan media tanam, selanjutnya sahabat tani harus melakukan pembibitan. Caranya dengan menyemai bibit dan diletakkan ke dalam baki atau polybag yang di dalamnya sudah dicampur tanah, kompos dan arang sekam.

Sebelumnya, sahabat tani harus menyiramnya dengan air, barulah benih ditebarkan. Letakkan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari secara langsung (tempat yang lembab). Agar bibit bisa tumbuh lebih cepat, lakukan penyiraman secara rutin selama 30 hari. Hingga siap untuk dipindah.

  1. Penanaman Biji Bunga Matahari

Langkah selanjutnya, sahabat tani bisa memindahkan bibit yang sudah siap ke media tanam yang berbeda. Entah itu pot, polybag atau langsung di tanah. Tujuannya agar bunga matahari bisa tumbuh lebih cepat karena terpisah dari bibit lainnya. Cabut secara perlahan dari baki semai dalam keadaan kering.

Sirami tanah dengan media baru agar menjadi lembab lalu tanam bibit dengan kedalaman sekitar 10 cm. Pastikan akar sudah tertutup dengan tanah semuanya, ya.

  1. Perawatan Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air. Maka sahabat tani bisa menyirami minimal 2 kali dalam sehari. Pastikan proses adaptasinya dengan media baru berjalan dengan baik. Jangan lupa, sesuai namanya letakkan di bawah sinar matahari yang cukup agar cepat dewasa.

Sahabat tani juga bisa memberikannya suplemen tambahan. Berikan pupuk setelah usianya mencapai dua bulan dan lakukan dengan rutin. Apabila ada hama atau penyakit yang mengganggu, berikan insektisida atau pestisida khusus. Tanyakan kepada penjual apabila sahabat tani belum memahaminya.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Kuaci adalah sebutan lain dari biji bunga matahari. Merupakan salah satu cemilan yang banyak mempunyai manfaat. Apa saja? Inilah beberapa manfaatnya.

  1. Perawatan Kulit

Sahabat tani pasti tahu bahwa tumbuhan ini bisa diolah menjadi minyak biji bunga matahari yang mempunyai manfaat bagi kecantikan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa di dalamnya banyak mengandung vitamin E yang mampu meningkatkan antioksidan yang mampu memanjakan kulit dan menahan kemunculan keriput.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kedua mampu menurunkan kadar kolesterol karena dapat membantu proses akumulasi dan metabolisme dari kandungan asam lemak tak jenuh di dalamnya. Walaupun bijinya sangat kecil tapi membuat sahabat tani kenyang, kan?

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Memiliki indeksi glikemik yang sangat rendah. Sehingga mampu membantu sahabat tani dalam mengelola diabetes dan mencegah kenaikan gula darah. Asam tak jenuh yang di bawahnya mengandung polifenol yang disebut-sebut sebagai pencegah diabetes. Secara tidak langsung sahabat tani juga melindungi pankreas, hati dan organ tubuh lainnya.

  1. Anti Kanker

Di dalam bijinya juga mengandung fitosterol yang mana berpotensi untuk mengurangi risiko kanker, penyakit kekebalan tubuh dan usus besar. Antioksidan mampu menghambat stress oksidatif yang membuat radikal bebas menjadi ternetralkan. Sehingga kerusakan dalam tubuh bisa diminimalkan.

  1. Menyehatkan Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan folat dan asam folat yang mana bisa ditemukan pada biji tanaman matahari ini. Tentunya sangat baik untuk kehamilan, karena membantu proses pembentukan sel baru, replikasi RNA dan DNA dan sangat baik untuk tumbuh kembang janin.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Penelitian sudah menyebutkan bahwasanya konsumsi kuaci bisa meningkatkan mood atau suasana hati dan menenangkan otak. Hal ini karena kandungan triptofan yang tinggi dan efektif dalam meningkatkan produksi serotonin.

Sehingga ketegangan bisa tergantikan dengan perasaan santai. Kandungan klolinnya juga mampu meningkatkan kinerja memori dan penglihatan. Bagaimana apakah masih ragu konsumsi cemilan sehat ini?

  1. Cara Diet yang Tepat

Seperti yang telah diketahui bahwa biji-biji memang memiliki banyak kandungan. Beberapa di antaranya adalah memiliki kandungan serat yang baik. Sehingga pencernaan menjadi baik dan kadang kolesterol menjadi turun.

Bahkan ajaibnya membuat sahabat tani selalu merasa kenyang. Sehingga tidak makan yang berlebih. Bagi sahabat tani yang ingin tubuh langsing, cemilan ini solusinya.

  1. Merawat Kesehatan Rambut

Sebuah studi dari Universitas Portsmouth mengungkapkan bahwasanya rambut yang rontok dikarenakan kurangnya nutrisi pada tubuh. Dan biji bunga matahari ini mempunyai kandungan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan rambut.

Setelah melihat manfaat biji bunga matahari di atas. Tidakkah sahabat tani tertarik untuk menanam bunga matahari? Lumayan, selain menyehatkan juga bisa mengobati stress, membuat rumah terasa lebih asri. Tapi pastikan nutrisinya tercukupi, ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *