9 Manfaat Pupuk Phonska, Idola Petani yang Ingin Panen Berkualitas

Diposting pada

Bagaimana jadinya tanaman yang dibudidayakan tanpa pakai pupuk? Jawabannya tentu hasil panen kurang maksimal jika dibandingkan tanaman yang pakai pupuk. Wajar jika semua petani memanfaatkan pupuk untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Salah satu yang saat ini jadi primadona petani adalah pupuk phonska yang dikenal juga dengan pupuk jenis majemuk dari NPK.

Pupuk ini dikembangkan oleh pemerintah pada tahun 2000 dan sudah dipasarkan terbatas hingga saat ini. Sebab masuk kategori pupuk subsidi, sehingga hanya petani yang namanya terdaftar pada kelompok tani resmi sajalah yang bisa merasakan manfaat dahsyat pupuk ini. Anda mau tahu seperti apa sifat, kandungan pupuk, manfaat, serta plus minusnya?

Pupuk Phonska
Pupuk Phonska

Ini Dia Sifat Pupuk Phonska

Sama halnya dengan jenis pupuk lain, pastinya masing-masing memiliki sifat pembeda. Khusus pupuk NPK majemuk yang satu ini, sifat utamanya adalah:

  • Unsur hara yang terdapat di dalam pupuk ini sangat lengkap dan bisa dipakai untuk semua tahapan pertumbuhan tanaman.
  • Merupakan salah satu pupuk yang mudah larut di dalam air atau punya sifat higroskopis sehingga saat penggunaan bisa terserap maksimal oleh tanaman.
  • Pupuk ini memiliki bentuk butiran yang warnanya merah muda beda dengan pupuk NPK yang warnanya biru.
  • Cara kerja pupuk ini adalah masuk ke pori-pori tanaman, lalu digunakan langsung oleh tanaman untuk bertumbuh. Ketepatan cara dan waktu pemberian pupuk akan sangat menentukan manfaat yang dirasakan dari penggunaan pupuk ini.

Apa Sih Kandungan Pupuk Phonska

Kalau pupuk NPK didominasi oleh kandungan nitrogen, phospor dan kalium. Pupuk phonska memiliki kandungan tambahan yaitu sulfur dan air. Dengan perbandingan, nitrogen sebanyak 15 persen, Kalium 15 persen, phospor 15 persen, Sulfur 10 persen dan air maksimal 2 persen. Proses pembuatannya melibatkan beberapa bahan seperti urea, ammonium, hingga dolomit.

Kelengkapan komponen dalam pembuatannya itulah yang menyebabkan pupuk ini terbilang sempurna untuk membantu petani meningkatkan kualitas produk pertaniannya. Kebanyakan petani padilah yang menggunakan pupuk majemuk ini, dengan hasil padi yang lebih berisi dan punya nilai jual lebih tinggi dari padi tanpa pemberian pupuk.

Ternyata Manfaat Pupuk Phonska Berlimpah

Karena kandungannya yang maksimal, tentunya manfaat yang bisa dirasakan juga banyak, di antaranya adalah:

  1. Pertumbuhan Akar

Akar tanaman akan tumbuh lebih kokoh dan kuat, serta lebih cepat dari proses pertumbuhan alami.

  1. Daya Tahan Tanaman

Tanaman akan lebih akrab terhadap perubahan cuaca dari dingin ke panas yang menyebabkan tanah kering. Selain itu juga lebih tahan terhadap serangan berbagai hama dan penyakit karena gizi yang dimilikinya sangat lengkap untuk menciptakan daya tahan terbaik.

  1. Penguatan Batang

Batang tanaman akan tumbuh lebih kuat, kokoh, dan tidak mudah tumbang karena hembusan angin atau kebanyakan menampung buah dan bunga.

  1. Pertumbuhan Vegetatif dan Generatif

Dengan unsur hara yang lengkap melalui pemberian pupuk phonska, maka fase vegetatif dan generatif tanaman akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat dari proses normalnya.

  1. Memaksimalkan Ukuran Buah, Biji dan Umbi

Manfaat ini sangat dirasakan petani yang rutin menggunakan pupuk NPK kategori majemuk ini, sebab ukuran buah yang dihasilkan jadi lebih besar dari ukuran biasanya. Jika tanaman berupa umbi, maka umbi yang dihasilkan juga lebih besar, begitu juga dengan tanaman biji-bijian. Karena daya serap tanaman akan pupuk ini sangat tinggi.

  1. Kandungan Protein

Kandungan protein di dalam tanaman juga jadi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tanaman yang tidak pakai pupuk ini.

  1. Klorofil

Daun hijau dari tanaman akan terlihat lebih cerah dan sehat, karena pupuk ini membantu produksi klorofil yang lebih banyak pada bagian daun.

  1. Pembentukan Zat

Pati dan gula yang dihasilkan tanaman bisa lebih banyak jika diberikan pupuk ini sesuai dosis dan waktu. Sehingga tanaman yang dihasilkan memiliki rasa lebih manis dan disukai oleh konsumen, baik itu tanaman jenis buah, sayuran, atau tanaman hortikultura.

  1. Bunga dan Buah

Pertumbuhan bunga dan buah jadi lebih cepat karena asupan gizi yang sempurna, baik dari tanah maupun dari pupuk majemuk ini.

  1. Hasil Tanaman Lebih Tahan Banting

Biasanya tanaman usai dipanen memiliki waktu penyimpanan dan pengangkutan yang terbatas, jika lewat batas tersebut maka tanaman akan layu, busuk atau tidak segar lagi. Tapi dengan pemberian pupuk ini ketahanannya akan jadi lebih maksimal.

Plus Minus Menggunakan Pupuk Phonska

Jika sahabat tani ingin menggunakan pupuk ini, maka ada baiknya untuk mengetahui dulu plus minusnya, yaitu:

Plus

  • Efisien dalam penggunaan karena tidak menyisakan ampas saat dilarutkan dalam air, jadi Anda tak akan terkendala saat melakukan penyemprotan pupuk.
  • Tidak akan membuat tanaman keracunan selama dipakai sesuai dengan dosis yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.
  • Bisa dipakai untuk semua jenis tanaman, mulai dari buah, sayur, padi dan tanaman pangan lainnya, hingga tanaman hias.
  • Kandungan lengkapnya rata pada setiap butir, jadi saat menentukan takaran akan jadi lebih mudah.
  • Karena unsur hara yang dimiliki sangat lengkap, maka petani bisa menghemat pengeluaran dengan tidak perlu membeli pupuk sejenis lainnya saat membudidayakan tanaman.
  • Panen jadi lebih berkualitas, karena produk panen memiliki bentuk, rasa, ukuran yang lebih baik jika dibandingkan budidaya biasa tanpa pakai pupuk phonska

Minus

  • Pemberian rutin tanpa didampingi pupuk organik akan merusak struktur tanah, terutama dalam hal penyerapan air.
  • Tidak dijual bebas sehingga tidak semua petani bisa merasakan manfaatnya.
  • Meminimalisir unsur hara alami di dalam tanah, sehingga kemungkinan tanaman kekurangan unsur hara alami sangat besar.
  • Pemberian terus menerus tanpa jeda dan selang seling dengan pupuk organik juga akan membuat kualitas produk pertanian jadi menurun.

Perlukah Perawatan Tanaman Usai Diberi Pupuk Phonska?

Jawabannya adalah sangat perlu, jangan hanya karena mempercayakan tumbuh kembang tanaman pada pupuk ini, Anda jadi mengabaikan perawatannya. Sebab perawatan juga menjadi poin penting keberhasilan budidaya tanaman. Mulai dari memastikan air yang cukup diserap oleh tanaman, baik tanaman yang ditanam di sawah seperti padi, di bedeng, maupun hidroponik.

Kemudian memastikan tidak ada tanaman pengganggu di sekitar tanaman budidaya. Hal  tersebut karena tak tertutup kemungkinan pupuk menyuburkan tanaman di sekitar area tanam untuk bertumbuh. Caranya tentu dengan rutin menggemburkan tanah, memangkas gulma atau tanaman pengganggu tersebut. Proses pemangkasan tergantung jenis tanaman yang dibudidayakan.

Jangan lupa untuk memastikan tanaman tidak terkena penyakit atau hama tanaman. Anda bisa meminimalisirnya dengan pemberian produk pemberantas hama tanaman. Ketika perawatan dilakukan, seiring dengan pemberian pupuk majemuk ini ditambah pupuk organik yang tepat, saat itulah Anda tinggal menunggu hasil panen berlimpah dengan kualitas terbaik.

Pupuk phonska juara dalam hal membantu meningkatkan hasil pertanian, baik dari segi kualitas, maupun kuantitas. Tapi memang untuk merasakan manfaatnya sahabat tani tidak bisa membelinya bebas di pasaran. Oleh karena itu, mulai sekarang daftarkan diri pada kelompok tani teregistrasi di pemerintah setempat. Barulah setelah itu Anda bisa merasakan manfaat dahsyatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *