Mengenal Pupuk AB Mix, Manfaat, 3 Cara Buat Hingga Penggunaannya

Diposting pada
Pupuk AB Mix
Sumber : twitter.com

Pupuk AB Mix, Manfaat, Cara Buat Hingga Penggunaannya

Anda pecinta budidaya hidroponik, atau baru mau memulai budidaya tanaman yang memberi untung maksimal ini? Selain persiapan jenis dan media tanam, pemilihan pupuk juga harus tepat. salah satu jenis yang wajib ada adalah pupuk AB Mix yang merupakan salah satu nutrisi utama tanaman yang dikembangkan dengan metode hidroponik.

Pupuk yang satu ini merupakan kolaborasi antara tiga unsur penting dalam budidaya tanaman, baik buah maupun sayuran. Ada pupuk A yang merupakan nutrisi dengan kandungan kalium di dalamnya, dan pupuk B yang berisi fosfat dan sulfat. Jadi, saat akan digunakan sahabat tani harus mencampurnya terlebih dahulu, agar takarannya tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Manfaat AB Mix Untuk Tanaman

Pupuk yang terbuat dari bahan alami ini, memiliki berbagai manfaat hebat untuk perkembangan tanaman hidroponik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakannya mulai dari proses semai, hingga perkembang biakan.

  1. Nutrisi Cukup

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman bisa tercukupi dengan memberikan pupuk AB Mix ini, karena isi pupuk sudah lengkap, mulai dari unsur mikro dan makro. Apalagi untuk budidaya jenis hidroponik, butuh pupuk khusus yang mudah larut dalam media air yang digunakan, dan pupuk ini sangat tepat dilarutkan dalam air.

  1. Tahan Penyakit

Ketika nutrisi yang dibutuhkan tanaman diberikan dengan lengkap, maka tanaman akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit apapun. Apalagi jika ditunjang dengan pengelolaan yang maksimal, maka akan semakin membuatnya kebal dan kuat hingga saat panen nanti.

  1. Hasil Terbaik

Cobalah Anda bandingkan hasil panen tanaman hidroponik menggunakan pupuk biasa dengan pupuk yang satu ini. Secara signifikan akan terlihat berbeda, mulai dari warna daun yang lebih segar, hingga rasa saat dikonsumsi akan lebih enak dan tentu punya kandungan gizi yang lebih baik.

Cara Membuat Pupuk AB Mix

Bagi sebagian orang mungkin pupuk AB Mix ini tergolong mahal dan butuh tenaga ekstra untuk memadupadankannya sebelum digunakan. Tapi, sebenarnya sahabat tani bisa membuatnya sendiri dengan memadukan berbagai unsur alami, prosesnya cukup mudah dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama dengan biaya murah.

  1. Cara Membuat Versi Pertama

Anda bisa membuat dengan menyediakan bahan sebagai berikut:

  1. Air 40 liter
  2. 2 wadah kapasitas 20 liter

Pupuk A

  1. 616 gr Kalium Nitrat
  2. 1176 gr Kalsium Nitrat
  3. 38 gr Fe EDTA

Pupuk B

  1. 36 gr Kalium Sulfat
  2. 335 gr Kalium Dihidrofosfat
  3. 4 gr Asam Borat
  4. 122 gr Ammnonium Sulfat
  5. 0,4 gr Cupri Sulfat
  6. 790 gr Magnesium Sulfat
  7. 0,1 gr Ammonium Hepta
  8. 1,5 Zinc Sulfat
  9. 8 gr Mangan Sulfat

Cara Buat:

  1. Campurkan larutan A dengan air 5 liter, aduk hingga larut sempurna, lakukan hal yang sama untuk pupuk B pada tempat terpisah.
  2. Lalu, tambahkan air sambil diaduk sampai volume 20 liter pada masing-masing wadah. Pupuk pun siap untuk dicampur sesuai kebutuhan.
  1. Cara Buat Versi Kedua

Alat:

  1. Timbangan
  2. Ember kapasitas 10 liter
  3. Alat aduk
  4. 3 buah gelas plastik bekas

Bahan:

  1. 10 gr pupuk KCL
  2. 10 gr pupuk NPK 16-16-16/ NPK Mutiara
  3. 10 liter air sungai atau sumur (kalau pakai air PDAM wajib diendapkan selama maksimal 10 hari sebelum digunakan)
  4. 5 gr pupuk Gandasil D

Cara Buat:

  1. Isi gelas plastik masing-masing dengan 100 ml air
  2. Masukkan tiga jenis pupuk pada masing-masing gelas secara terpisah. Contoh, gelas A diisi dengan pupuk KCL, gelas B diisi pupuk NPK, dan gelas C diisi pupuk Gandasil D
  3. Aduk masing-masing gelas hingga pupuk larut sempurna
  4. Masukkan 10 liter air ke dalam wadah, masukkan semua larutan pupuk
  5. Aduk rata dan pupuk AB Mix buatan sendiri siap digunakan.
  1. Cara Buat Versi Ketiga

Alat:

  1. 1 buah botol plastik bekas ukuran 1 liter
  2. 1 wadah berpenutup kapasitas 100 liter
  3. 1 selang aerator diameter 0,5 cm

Bahan:

  1. 30 kg daun kering atau jerami
  2. 1 karung kotoran kambing atau ayam
  3. 100 gr gula merah
  4. ½ karung Bekatul atau dedak
  5. 50 ml larutan bioaktivator (bisa EM4 atau sejenisnya)

Cara Buat:

  1. Potong kasar jerami kemudian campur dengan kotoran dan dedak hingga rata;
  2. Masukkan campuran bahan ke dalam plastik, tambah air dengan perbandingan 2 bagian pupuk satu bagian air;
  3. Aduk kembali hingga rata;
  4. Campur gula merah dan bioaktivator dalam wadah berisi 5 liter air hingga rata;
  5. Masukkan larutan gula merah ke dalam wadah plastik berisi bahan lainnya;
  6. Tutup erat dan pastikan tidak ada bagian yang terbuka, sisihkan;
  7. Diamkan selama 7 hari hingga 10 hari. Tanda berhasil adalah ketika tercium aroma asam fermentasi.
  8. Saring larutan, encerkan 1 liter larutan dengan 100 liter air
  9. Gunakan sesuai kebutuhan.

Penggunaan AB Mix yang Tepat

Pengaplikasian pupuk AB Mix disesuaikan dengan kondisi tanaman, berikut ini cara menggunakannya, baik ketika Anda pakai pupuk instan siap pakai, atau buatan sendiri.

  1. Pupuk Instan

Masa semai sendiri bisa menggunakan 3 ml pupuk A dan 3 ml pupuk B, lalu dicampur dengan 1 liter air. Sedangkan untuk masa pembiakan generatif, digunakan masing-masing 5 ml dan dicampur dengan 1 liter air. Lalu, untuk tahap pertumbuhan vegetatif bisa mencampurkan 5 ml pupuk A da 5 ml pupuk B pada satu liter air.

Pupuk tersebut lalu dimasukkan ke dalam aliran air yang akan langsung diserap oleh tanaman, bisa juga dengan cara penyemprotan rutin pagi dan sore hari. Tergantung pada pola hidroponik yang sahabat tani pakai untuk membudidayakan tanaman. Hal yang perlu diingat adalah air yang dipakai untuk pembuatan larutan haruslah air bersih dan bebas kaporit.

  1. Pupuk Buatan Sendiri
  2. Cara membuat versi satu, Anda bisa membuat laluran 10 liter dengan mencampur 200 ml pupuk A dan 200 ml pupuk B, lalu diberi 9600 ml air, aduk rata dan siap digunakan;
  3. Cara membuat versi dua, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai jenis sayuran yaitu kangkung, sawi, dan sayur hijau lainnya. Tapi untuk tanaman cabe, terong dan sejenisnya pada masa vegetatif bisa ditambahkan 10 gr Urea pada larutan yang sudah dibuat sebelumnya;
  4. Cara membuat versi tiga, sahabat tani bisa menggunakannya untuk berbagai jenis tanaman, karena sangat aman dan alami. Tinggal disesuaikan takarannya untuk masa semai, generatif dan vegetatif dengan kebutuhan masing-masing tanaman.

Dengan mengetahui seluk beluk tentang pupuk AB Mix, Anda tinggal menerapkannya saat mulai membudidayakan tanaman secara hidroponik. Hal yang penting adalah takaran yang digunakan tepat, dan waktu pemberian rutin setiap hari. Hasilnya, sahabat tani akan mendapatkan tanaman organik dengan kualitas terbaik untuk dikonsumsi sendiri atau untuk dijual dengan keuntungan menggiurkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *