5 Bagian Pohon Mangga yang Memiliki Sejuta Khasiat

Diposting pada

Siapa yang tak mengenal buah mangga? Buah mangga tidak hanya enak untuk cemilan sehat, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Buah tropis ini merupakan sumber  vitamin A, C dan E, serta memiliki kandungan folat, B6, zat besi, hingga kalsium yang berfungsi untuk tulang.

Namun berbicara mengenai buah mangga, kerap kali masyarakat kurang memperdulikan tentang bagian-bagian dari pohon mangga yang menghasilkan buah yang sebegitu menarik di lidah para penikmat buah mangga. Bagian dari pohon buah mangga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Pohon Manggga
Pohon Manggga

 

5 Bagian Pohon Mangga yang Memiliki Sejuta Khasiat

  1. Daun Pohon Mangga

Daun Pohon mangga
www.jawapos.com

Daun pohon mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin. Zat tersebut mampu mengobati diabetes. Selain untuk diabetes, daun pohon mangga juga dapat mencegah dari gangguan kognitif dan meminimalisir risiko penyakit Alzheimer. Daun pohon mangga juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises.

Daun pohon mangga juga dapat membantu masalah pernapasan termasuk asma dan masalah pernapasan lainnya seperti pilek, batuk, bronkitis.

Selain untuk pernapasan, daun pohon mangga juga dapat meningkatkan kesehatan perut, melindungi perut dari penyakit lambung.

Bahan membuat ramuan daun pohon mangga :

  •  2-3 Lembar daun pohon mangga yang masih muda atau setengah tua
  • 1 gelas air
  • 1 sendok teh madu

 Cara membuat ramuan daun pohon mangga :

  •  Rebus air terlebih dahulu
  • Masukan lembaran daun pohon mangga kedalam panci air rebusan
  • Tunggu 5 menit setelah itu saring air rebusan
  • Tambahkan madu, aduk rata.
  • Air rebusan siap disajikan

 

  1. Bunga Pohon Mangga

Bunga Pohon Mangga
www.jurukebun.com

Sebelum buah mangga dapat tumbuh berbuah dan dapat kita nikmati kenikmatannya. Terlebih dahulu pohon mangga mengeluarkan bunga diujung rantingnya yang barulah setelah itu muncul buah mangga. Ada mangga yang sudah matang yang dapat dikonsumsi langsung bahkan bisa dijadikan salad buah, ada juga mangga muda yang biasa dijadikan rujak atau jadi santapan favorit ibu-ibu hamil yang sedang ngidam.

Bunga pohon mangga termasuk dalam klasifikasi tanaman berbentuk majemuk. Bunga pohon mangga terangkai dalam tandan yang nantinya akan muncul satu persatu pucuk bunga dan berbuah menjadi buah mangga. Dalam keadaan normal, bunga tumbuh dari tunas ujung.

Bunga majemuk pohon mangga memiliki cabang-cabang yang disetiap cabangnya dapat tumbuh tiga bunga terdiri atas tiga kuntum bunga. Kuntum bunga tersebut bertangkai pendek, berdaun kecil, dan memiliki bau yang harum ciri khas buah mangga.

  1. Akar Pohon Mangga

Akar pohon mangga memiliki peranan penting dalam keberhasilan bertumbuhnya sebuah tanaman termasuk pohon mangga. Karena akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Akar memiliki struktur luar yang terdiri dari daerah perumbuhan akar, tudung akar dan bulu akar.

Untuk akar pohon mangga sendiri termasuk tanaman berkeping dua (dikotil). Untuk mendapatkan hasil buah mangga yang tumbuh bagus, biasanya akar yang memiliki serabut banyak  dapat membuat pohon mangga tumbuh subur dan menghasilkan buah mangga yang bagus dan enak.

Selain akar pohon mangga memiliki fungsi penting sebagai penopang dan penyerap air, akar pohon mangga juga memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan manusia.

  • Sebagai obat masuk angin dan demam

Bagi yang sedang demam, akar pohon mangga dapat membantu mengurangi demam. Dengan menggunakan akar pohon mangga yang alami langsung dari alam, akan lebih baik untuk kesehatan tubuh manusia karena tidak terkontaminasi dengan bahan kimia dan tentunya tidak menimbulkan efek samping.

Bahan membuat ramuan akar pohon mangga :

  •  Siapkan akar pohon mangga yang sudah dibersihkan
  •  Siapkan air secukupnya

Cara membuat ramuan akar pohon mangga :

  • Tumbuk akar pohon mangga hingga halus.
  • Setelah halus, beri air sedikit agar menyerupai seperti pasta
  • Setelah ramuan akar pohon mangga jadi, dapat dioles-oles dan digosok ke dahi, punggung.

 

  • Untuk vitalitas pria

Masalah vitalitas cukup banyak dikhawatirkan oleh pria, khususnya yang sudah berusia lanjut. Dari pada mengkonsumsi obat-obat yang menggunakan bahan kimia, lebih baik disarankan mengkonsumi akar pohon mangga yang langsung dari alam.

Bahan membuat ramuan akar pohon mangga :

  •  Siapkan akar pohon mangga yang sudah dibersihkan
  • 1 gelas air

Cara membuat ramuan akar pohon mangga:

  1.  Rebus air di panci
  2. Masukkan akar pohon mangga ke dalam panci air yang sudah mendidih
  3. Tunggu hingga air agak sedikit surut
  4. Setelah itu saring sisa ampas akar pohon mangga
  5. Dan ramuan pohon mangga siap untuk dikonsumsi

 

  1. Batang Pohon Mangga

Batang pohon mangga ibarat sebagai penyangga, jika batang pohon mangga tidak sehat, maka pohon mangga tidak akan mengeluarkan buah mangga yang bagus dan enak. Ciri dari batang pohon mangga yang sehat adalah batang yang tidak bengkok.

Selain itu batang pohon mangga memiliki karakteristik yang cenderung lunak. Batang tanaman pohon mangga memiliki ciri-ciri yang tegak, besar, keras dan kuat. Hal ini karena batang pohon mangga memiliki cambium yang merupakan lapisan jaringan yang selnya aktif membelah.

Selain berfungsi untuk kelangsungan pertumbuhan buah mangga, kulit batang pohon mangga berfungsi untuk meredakan sakit gigi.

Bahan  membuat ramuan kulit batang pohon mangga :

  • Kerok kulit batang pohon mangga secukupnya
  •  ½ sendok teh garam
  • 1 gelas air hangat

Cara membuat ramuan kulit batang pohon mangga :

  1. Kulit batang mangga dikupas. Kerok bagian dalam kulit pohon mangga yang berwarna putih. Kira-kira 10 x 10 cm yang berwarna putih sampai keluar seratnya. Usahakan yang sudah retak-retak dan memiliki getah.
  2. Masukan serat yang dikerok tadi kedalam gelas.
  3. Masukkan garam
  4. Masukkan air setelah itu aduk-aduk hingga rata.
  5. Setelah tercampur semua, ramuan kulit batang pohon mangga bisa dikumur-kumur dan usahakan jangan sampai tertelan.

Berikut ramuan-ramuan yang terkandung dari pohon mangga yang bisa dijadikan sebagai obat.  

  1. Biji Buah Pohon Mangga

Biji Pohon mangga
google.com

 

Biji buah pohon mangga ternyata memiliki banyak manfaat khususnya untuk kecantikan kulit. Biji buah mangga yang memiliki kandungan kaya akan antioksidan dapat membantu melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi bersinar.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam biji buah pohon mangga juga dapat membantu meredakan peradangan karena jerawat yang terjadi di kulit wajah. Biji buah pohon mangga juga dapat berguna untuk kulit inflasmasi.

 Bahan  membuat masker biji buah pohon mangga :

  • 1 buah biji buah pohon mangga yang telah dibersihkan
  • 2-3 buah tomat

Cara membuat masker biji buah pohon mangga :

  1.   Hancurkan biji buah pohon mangga
  2.  Campurkan dengan tomat yang sudah dihancurkan
  3.  Diaduk supaya tercampur rata
  4. Setelah itu, masker wajah biji buah pohon mangga siap dioleskan ke wajah cantik anda

 Berikut manfaat yang terkandung dari bagian-bagian pohon buah mangga. Selain buahnya yang enak untuk cemilan sehat, bagian-bagian pohon buah mangga juga memiliki khasiatnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *