Yuk Simak 14 Manfaat Pisang Cavendish

Diposting pada

Sahabat tani pasti mengetahui pisang ambon putih yang sering dijual di pasaran. Pisang ambon putih disebut juga sebagai pisang cavendish. Pisang tersebut mempunyai kulit yang tergolong cukup mulus dibandingkan pisang barangan yang lainnya, mempunyai warna kuning yang sangat cerah, dan dari segi rasa buah satu ini mempunyai rasa yang manis.

Dari begitu banyak jenis pisang yang beredar di dunia, jenis cavendish selalu menjadi pisang yang cukup diminati oleh semua orang. Pisang ini sangat nikmat jika dimakan langsung, tanpa harus digoreng maupun dijus. Terkait dengan pisang, manfaat apa ya yang bisa didapat dari pisang jenis cavendish ini? Mari kita simak penjelasannya!

Pisang Cavendish
Pisang Cavendish

Pisang Cavendish

Pisang cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang cukup terkenal di Indonesia. Pisang yang sering dijuluki dengan pisang ambon putih ini, hanya bisa bertumbuh di iklim tropis. Mungkin sahabat tani mengira bahwa pisang tersebut berasal dari Indonesia. Hanya karena tumbuh di iklim tropis, bukan berarti pisang ini berasal dari Indonesia. Amerika lah yang merupakan asal dari pisang tersebut.

Pisang jenis cavendish ini tidak akan bisa bertumbuh, apabila berada di ketinggian mencapai lebih dari 1.600m di atas permukaan laut. Suhu yang diperlukan dalam menanam pisang ini sebesar 270 C hingga 380 C, dengan tingkat asam tanah sebesar 4.,5 – 7,5. Pisang cavendish akan bertumbuh secara optimal apabila sahabat tani menanam pisang tersebut di tempat yang tersinar matahari dengan stabil.

Manfaat Pisang Cavendish

Manfaat buah pisang ini sangat banyak di antaranya adalah:

Meningkatkan Kalium

Terdapat lebih dari 400 mg kalium yang ada di dalam buah pisang cavendish. Bagi sahabat tani yang kekurangan kalium, sahabat tani dapat mengonsumsi pisang ini. Kalium sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin otot, saraf dan jantung tetap terkendali dengan baik.

Kaya Vitamin C

Pisang ini juga mengandung banyak vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan segala sistem kekebalan fisik Anda. Vitamin C juga berfungsi untuk mengobati infeksi pernapasan sahabat tani yang menderita penyakit tersebut.

Suplemen Vitamin B6

Sahabat tani yang selalu terkena gejala 5L (lesu, lemah, letih, lelah, lalai), maka Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi pisang tersebut. Bagi yang menderita TBC atau tuberkulosis juga bisa mengonsumsi pisang ini, karena kandungan B6nya cukup tinggi, sehingga mampu untuk mencegah timbulnya efek samping obat TBC sejenis isoniazid.

Mengandung Asam Amino

Tubuh sahabat tani sudah pasti harus mempunyai kandungan asam amino untuk proses pertumbuhan, keseimbangan cairan dalam tubuh, dan banyak fungsi lainnya yang terkandung di dalam asam amino. Kandungan asam amino di dalam buah ini tergolong cukup tinggi.

Menyehatkan Ginjal

Potasium dan magnesium merupakan kandungan dari pisang tersebut. Kandungan yang berupa mineral ini akan menjadi filter yang dapat menghambat terjadinya pembentukan batu ginjal. Jika sahabat tani cukup teratur dalam mengonsumsi buah ini, maka Anda akan tetap terjaga dari penyakit berbahaya seperti batu ginjal.

Mencegah Kambuhnya Asma

Beberapa peneliti di Inggris melakukan penelitian terhadap anak-anak yang menderita penyakit asma. Para peneliti memberikan anak-anak yang mempunyai asma tersebut pisang cavendish setiap hari. Setelah diteliti, ternyata anak-anak tersebut jarang kambuh.

Orang yang sama sekali tidak mengonsumsi pisang tersebut, justru akan cukup sering mengalami serangan asma. Kandungan seratnya cukup tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan asma pada penderitanya.

Menetralkan Tekanan Darah

Bagi sahabat tani yang sering mengalami tekanan darah tinggi, sangat wajib untuk mengonsumsi buah pisang. Kandungan potasium yang terdapat di dalam pisang sebesar 422 mg. Kandungan tersebut mampu untuk mengontrol darah tinggi sahabat tani.

Kesehatan Kulit

Sahabat tani yang sangat memedulikan kecantikan kulit, Anda tidak perlu lagi membayar mahal hanya untuk sebuah produk maupun perawatan kecantikan. Sahabat tani hanya perlu memakan pisang secara rutin, maka kulit Anda akan menjadi cerah dan tidak kering. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pisang tersebut sebagai masker.

Cara membuat masker sangatlah mudah. Sahabat tani hanya perlu menumbuk buah pisang tersebut dan mencampurkannya dengan air biasa, atau lebih bagus lagi dengan madu. Setelah sahabat tani menumbuk dan mencampurkannya, Anda hanya perlu mengoles masker pisang ke kulit wajah Anda maupun kulit tubuh Anda.

Dengan begitu, perawatan sahabat tani tidak hanya dari dalam saja, seperti mengonsumsi pisang, tetapi dari luar juga, dengan perawatan menggunakan masker pisang. Akan lebih baik lagi hasilnya, jika sahabat tani rutin melakukan perawatan masker pisang tersebut.

Memelihara Kesehatan Mata

Sahabat tani pasti menginginkan mata yang selalu sehat. Buah pisang jenis cavendish mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Jika sahabat tani memakan pisang setiap hari, maka kesehatan mata Anda akan semakin meningkat. Penyakit mata juga bisa dicegah dengan baik, apabila sahabat tani benar-benar mengonsumsi buah pisang ini dengan baik.

Penyakit seperti katarak atau yang berkaitan dengan penglihatan lainnya, dapat disembuhkan dengan buah pisang jenis cavendish ini, tentunya dengan campuran herbal lainnya. Buah ini juga dapat menyingkirkan terjadi kebutaan terhadap seseorang.

Mencegah Hilangnya Kalsium

Kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang Anda. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam buah pisang cukup tinggi, sehingga dapat membuat tulang Anda menjadi lebih kuat dan sehat. Pisang jenis cavendish ini sangat disarankan untuk orang dewasa, supaya saat tua nanti kemungkinan terkena penyakit osteoporosis kecil.

Kandungan Magnesium

Di dalam pisang jenis cavendish terdapat juga kandungan magnesium yang tinggi. Kandungan tersebut dapat memutihkan gigi, mengurangi risiko terkena kanker usus, meredakan penyakit seperti maag, atau sembelit, menghindari risiko penyakit diabetes, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi.

Menetralkan Tingkat Stres dan Depresi

Bagi sahabat tani yang sering mengalami stres atau depresi, sahabat tani perlu mengonsumsi pisang jenis cavendish. Kandungan asam tryptophan yang terdapat di dalam pisang dapat berubah menjadi zat serotonin, yaitu zat yang bisa mengubah suasana hati seseorang. Aliran oksigen dan darah yang tinggi dan cepat saat sedang stres atau depresi, bisa berubah menjadi normal kembali setelah memakannya

Meningkatkan Sistem Imun

Jika sahabat tani mengonsumsi buah pisang jenis cavendish sebanyak 2 buah, maka sistem imun yang terdapat di dalam tubuh Anda akan meningkat, dan energi sahabat tani akan semakin bertambah pastinya.

Membantu untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi sahabat tani yang bermasalah dengan berat badan, ada baiknya jika Anda rutin mengonsumsi buah pisang. Buah ini bisa menjadi salah satu dari bagian program Anda.

Harga dari pisang cavendish juga tidak tergolong mahal, harganya hanya berkisar Rp 24.000. Dengan harga yang tidak tergolong mahal tersebut, sahabat tani dapat benar-benar merasakan manfaatnya. Memakan satu pisang per hari, dapat membuat tubuh Anda semakin sehat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *