Mengenal Pertanian Modern: Masa Depan Produksi Bahan Pangan di Dunia

Diposting pada
pertanian modern
Sumber : Kompasiana

Sahabat tani pasti tahu bahwa semakin hari, lahan pertanian di indonesia mulai menyempit karena kebutuhan manusia akan tempat tinggal dan bangunan lainnya. Alih fungsi lahan pertanian terjadi terus menerus. Selain itu, lahan yang semakin sempit ini juga menghadapi masalah degradasi kualitas. Lahan digunakan terus menerus dan berhadapan langsung dengan sumber pencemaran lingkungan.

Selain itu, dunia pertanian juga masih harus dihadapkan dengan masalah pemanasan global. Masalah ini membuat iklim jadi tak menentu. Apalagi di Indonesia, musim hujan dan kemarau tidak lagi bisa dipastikan kapan datangnya. Karena itulah, demi menjaga keberlangsungan sumber pangan manusia, para peneliti mulai mengembangkan sistem pertanian modern yang serba canggih.

Pengertian Pertanian Modern

Anda bisa bayangkan jika generasi saat ini cenderung enggan terjun dalam dunia pertanian. Apalagi kaum milenial yang serba modern dan instan. Mereka tidak mau susah payah berkubang di lumpur atau berada di bawah terik matahari hanya untuk menanam padi. Tapi bayangkan jika ternyata pertanian bisa dimodernisasi dan berubah bukan lagi di sawah, tapi dalam gedung yang sejuk.

Pertanian yang modern bisa diartikan sebagai proses pertanian yang memanfaatkan peralatan atau teknologi canggih. Tujuan penggunaan teknologi dan peralatan modern ini untuk memudahkan proses produksi pertanian. Teknologi juga digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian dalam waktu yang lebih efisien dan efektif.

Keberhasilan pertanian canggih ini diukur dari seberapa banyak suatu metode bisa menghasilkan panen. Semakin banyak jumlah panen yang bisa dihasilkan, maka sistem pertanian canggih itu bisa dikatakan berhasil. Tapi ukuran keberhasilan ini masih jadi perdebatan dengan ahli lingkungan. Karena pertanian canggih dianggap kurang bersahabat dengan lingkungan.

Baca Juga :

Tujuan Pertanian Modern

Modernisasi dalam dunia pertanian diciptakan sebagai inovasi untuk menghadapi degradasi lahan dan juga perubahan iklim. Modernisasi pertanian punya beberapa tujuan yang harus sahabat tani pahami yaitu:

Mengoptimalkan Hasil Pertanian

Salah satu masalah yang dialami oleh dunia adalah kekurangan suplai bahan makanan jika terjadi perubahan iklim dan degradasi lahan pertanian. Nah, karena itulah semua ahli mulai berinovasi bagaimana caranya memenuhi kebutuhan pangan dan pemuliaan spesies tanaman pertanian. Jalannya dengan menggunakan sistem pertanian canggih.

 Salah satu tujuan utama dari inovasi pertanian adalah menghasilkan bahan pangan yang optimal. Mengapa harus optimal? Maksudnya adalah hasil panen dari pertanian sistem modern ini harus bisa unggul dari segi kuantitas dan juga kualitasnya.

Jalan Modernitas Dunia Pertanian

Apakah sahabat tani sudah tau tentang gerakan Revolusi Hijau? Ya, gerakan penggunaan pupuk kimia dan pestisida secara besar-besaran demi meningkatkan kuantitas panen ini digerakkan pada masa Orde Baru. Ternyata program ini justru menimbulkan kerugian dari sisi lingkungan. Tanah jadi rusak dan banyak hasil panen yang tercemar zat-zat berbahaya.

Hingga kini, tanah masih butuh pemulihan dari segala jenis zat kimia tersebut. Masyarakat tidak bisa lagi hanya mengandalkan bahan kimia untuk mendapatkan panen melimpah. Semua masyarakat harus sadar untuk beralih menggunakan sistem yang lebih modern dalam dunia pertanian yang juga bisa menjaga kelestarian ekosistem.

Manfaat Pertanian dengan Sistem Modern

Mengembangkan Sistem Agribisnis

Pertanian dengan sistem yang modern bukan hanya fokus pada hasil dan kualitas pertanian. Tapi Anda juga akan diajak untuk mempelajari segi ekonomi dari dunia pertanian. Anda akan diajak untuk mengembangkan pertanian yang punya keuntungan ekonomi. Anda juga harus paham tentang bisnis pertanian.

Pengembangan Sistem Pertanian Terpadu

Pertanian di Indonesia memang rasanya tidak mungkin jika semuanya menggunakan sistem modern. Karena itulah sistem yang paling tepat adalah sistem terpadu. Selain itu, sistem pertanian terpadu ini bukan hanya berada pada rantai produksi pertanian, tapi juga distribusi, penjualan, hingga pengolahan bahan baku.

Mencukupi Kebutuhan dalam Negeri

Tujuan modernisasi dalam bidang pertanian adalah kecukupan bahan pangan di dalam negeri. Terutama kebutuhan pokok seperti padi, jagung, sayuran, palawija, dan lain sebagainya. Jika pertanian modern mampu diterapkan dan menghasilkan surplus, maka Indonesia tidak butuh impor bahan pangan lagi dari luar negeri. Kesejahteraan petani pun bisa meningkat.

Meningkatkan Ekspor

Jika kebutuhan domestik sudah terpenuhi, maka negara bisa memikirkan meningkatkan perekonomian. Indonesia bisa mengambil peluang sebagai negara agraris yang bisa mengekspor berbagai bahan pangan ke negara lain.

Contoh-contoh Pertanian Modern

Hidroponik

Tanaman HidroponikContoh yang paling sederhana dari pertanian bersistem modern adalah hidroponik. Sistem hidroponik adalah pertanian yang menggunakan media tanam berupa air yang berperan mengalirkan nutrisi pada tanaman. Hidroponik hadir untuk menjawab tantangan keterbatasan lahan tanah pertanian.

Hidroponik bisa Anda praktekkan bahkan dari pekarangan rumah yang sempit. Negara-negara maju seperti Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat bahkan sudah lama menerapkan indoor farming atau pertanian dalam gedung. Indoor farming ini menggunakan sistem hidroponik vertikal untuk menanam sayuran dan tanaman lainnya.

Minapadi

minapadi
Sumber : Paktanidigital

Apakah Anda pernah dengan istilah minapadi? Sistem pertanian ini adalah inovasi semi modern dimana padi ditanam bersamaan dengan budidaya ikan nila, ikan mas dan jenis air tawar lainnya. Minapadi banyak dilakukan di Jawa Barat. Jadi saat Anda panen padi, Anda juga bisa sekalian panen ikan yang dibudidayakan di tanah yang sama.

Minapadi dinilai lebih menguntungkan dibandingkan sistem pertanian tradisional. Karena dalam 1 luasan sawah, Anda bisa membudidayakan padi yang cukup untuk kebutuhan pribadi dan juga dijual. Di lain sisi, Anda bisa membudidayakan ikan sebagai sumber protein dan bernilai ekonomi tinggi.

Pertanian Sistem Organik

Peluang Usaha sayur organikKesadaran masyarakat akan bahaya zat kimia dalam pestisida dan pupuk menjadi salah satu penyebab munculnya gerakan tanaman organik. Para petani organik lebih suka menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat tanaman mereka. Biasanya produk pertanian organik dijual dengan harga lebih mahal, tapi dari sisi kesehatan jauh lebih baik untuk tubuh Anda.

Petani yang bergerak dalam bidang pertanian organik biasa menggunakan pupuk kompos dan pupuk kandang untuk memupuk tanah. Ada juga inovasi teknologi yang khusus menciptakan pupuk organik baik dalam bentuk serbuk atau cair. Tentunya pertanian modern nantinya juga diharapkan bisa membuat petani 100% menggunakan bahan alami untuk merawat tanamannya.

Baca Juga :

Bioteknologi

bioteknologi
Sumber : Lancangkuning

Salah satu bentuk kemajuan ilmu pengetahuan di bidang pertanian adalah bioteknologi. Teknologi ini memungkinkan para ahli untuk melakukan rekayasa genetika pada tanaman. Tujuannya untuk mendapatkan tanaman varietas unggul yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, hama, dan punya kapasitas panen melimpah.

Salah satu bentuk bioteknologi yang ada di Indonesia adalah ditemukannya varietas padi tahan wereng. Sejak kemunculan bibit padi ini, maka produksi pertanian di Indonesia bisa dikatakan meningkat. Contoh lainnya adalah bermunculannya buah-buahan atau sayuran yang berkualitas, berukuran besar, dan lebih nikmat.

Bioteknologi juga punya tujuan lain untuk mempertahankan spesies tanaman yang terancam punah. Dengan adanya teknologi pemuliaan tanaman, diharapkan spesies yang hampir punah bisa diselamatkan demi keberlangsungan hidup umat manusia dan keseimbangan ekosistem.

Sistem pertanian modern memang masih belum bisa diterapkan secara luas di Indonesia. Selain karena terbatasnya penguasaan teknologi oleh masyarakat, sistem ini dinilai juga syarat akan modal. Petani dituntut untuk memiliki modal lebih besar agar mampu membangun instalasi pertanian yang modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *