Memulai Ternak Bebek dari Nol Akan Menghasilkan Keuntungan

Diposting pada

Ternak Bebek – Memiliki hewan peliharaan memang menjadi hal menarik dan menantang bagi setiap orang. Kita diharuskan untuk menjaga dan merawat peliharaan agar tetap dalam keadaan sehat dan terpelihara. Kucing dan anjing biasa menjadi alternatif bagi para pecinta hewan. Lantas bagaimana jika hewan yang menarik untuk kita pelihara merupakan seekor unggas yang tentunya memiliki penanganan yang berbeda dengan hewan peliharaan lain?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa memelihara seekor unggas dapat dikatakan sebagai hobi yang tak biasa. Jika dibandingkan dengan memelihara kucing, kelinci, atau anjing yang cukup satu atau dua ekor, memelihara unggas tentu tidak mungkin hanya satu atau dua ekor. Terlebih bagi Anda yang juga memanfaatkannya sebagai sebuah peluang usaha. Jika berbicara mengenai peliharaan unggas, mungkin bebek bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Selain mampu menyalurkan minat dan ketertarikan Anda terhadap satwa unggas, bebek juga akan menjadi sumber keuangan bagi Anda jika mampu merawatnya dengan baik.

Ternak bebek memang dianggap sulit bagi sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang tidak    tahan dengan bau kotoran dari hewan yang satu ini. Namun jangan berkecil hati, Anda tetap bisa memeliharanya sebagai hewan peliharaan kesayangan.

Berbicara mengenai ternak bebek, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai memeliharanya. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara bebek? Ini dia ulasannya untuk Anda.

Ternak Bebek

Persiapan Untuk Memuali Ternak Bebek

  • Persiapan kandang. Mempersiapkan kandang yang baik untuk tempat tinggal bebek tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Kapasitas kandang harus dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menampung bebek dalam jumlah yang besar. Anda bisa memperkirakan ukuran kandang dengan mengingat ukuran satu meter persegi menjadi ukuran yang ideal untuk dua ekor bebek. Kandang juga harus dibuat senyaman mungkin dalam kondisi yang nyaman dengan adanya bukaan sebagai sirkulasi udara dengan ketinggian yang sesuai. Jangan lupa untuk memastikan suhu yang berada di kandang berkisar antara 27°C hingga 30°C.
  • Pemilihan bibit unggul dari bebek. Jika Anda memelihara bebek dari kecil, tentu Anda harus bersabar menunggunya besar dan dapat menghasilkan. Proses ini memang cukup lama. Namun jika Anda menjalaninya dengan senang hati, tentu hasil yang akan didapat juga maksimal. Untuk mendapatkan bibit unggul dari bebek, tentunya Anda harus membelinya dari peternak yang sudah terjamin kualitasnya. Anda bisa bertanya kepada kerabat atau tetangga yang telah terlebih dahulu melakukan kegiatan ternak bebek. Jangan sampai kualitas bibit bebek yang rendah mempengaruhi keberhasilan usaha peternakan bebek Anda.
  • Mempersiapkan pakan bebek. Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum memelihara unggas yang satu ini adalah kebutuhan makanan dan vitamin dari bebek. Anda tentunya harus memperkirakan biaya dan kemudahan pencarian pakan untuk bebek. Jangan sampai hewan mati kelaparan karena kita tak sanggup mencari atau membeli makanan untuknya. Namun tenang, hewan yang satu ini tak perlu repot dalam urusan makan. Bebek yang Anda pelihara dapat diberi pakan seperti keong, jagung, kedelai (bungkil kedelai atau kedelai tidak layak jual), atau mungkin makanan lain yang mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin. Sangat mudah bukan?

Bagaimana, mulai tertarik untuk memelihara bebek? Jika sudah tertarik, mari kita bahas lebih dalam mengenai ternak yang satu ini.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa beternak menjadi salah satu hobi sekaligus mata pencaharian bagi sebagian orang di Indonesia karena dianggap menguntungkan. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk ternak bebek, terutama bebek petelur.

Untuk memulai usaha yang satu ini, tentu saja Anda harus mempersiapkan modal yang cukup. Lalu berapa modal yang harus dipersiapkan? Untuk beternak bebek, tentu Anda harus memiliki modal awal sebagai biaya investasi dan biaya operasional.

  • Biaya investasi ini terdiri dari biaya pembuatan kandang dan pengadaan barang.

Biaya perkiraan yang harus disediakan dalam pembuatan kandang bebek sekitar Rp5.000.000,00. Sedangkan untuk biaya pengadaan barang, Anda bisa menganggarkan Rp2.000.000,00. Biaya ini berlaku sebagai biaya investasi selama 5 tahun atau 60 bulan. Jadi jika dihitung tiap bulannya, sekitar Rp 117.000,00.

  • Tak hanya itu, Anda tentunya harus menyediakan biaya operasional. Dalam kategori ini terdapat beberapa poin penting, yaitu biaya pembibitan, biaya pakan, biaya obat dan vitamin, biaya air dan listrik, dan upah untuk pegawai.
    • Untuk seekor bibit bebek, memiliki harga kurang lebih Rp9.000,00 hingga Rp15.000,00. Jadi, jika Anda ingin memelihara 100 ekor bebek, biaya yang perlu dipersiapkan berkisar antara Rp900.000,00 hingga Rp1.500.000,00. Namun harga akan jauh berbeda jika Anda membeli bebek yang telah berusia di atas 2 bulan. Harga akan menjadi 10x lipat lebih besar dari sebelumnya.
    • Biaya pakan bebek. Anda tentunya akan memberikan makanan terbaik untuk peliharaan bukan? Ya, tentunya hal itu harus didukung dengan biaya yang sesuai untuk membeli pakan bebek. Untuk tiap sak pakan bebek (50 kg), Anda harus mempersiapkan Rp300.000,00 hingga Rp400.000,00. Jika dihitung, 100 ekor bebek akan mengonsumsi kurang lebih 15 kg pakan per hari atau 50 kg pakan untuk 3 hari. Maka kurang lebih Anda harus menyediakan biaya untuk pakan Rp3.000.000,00 hingga Rp4.000.000,00 tiap bulannya. Jika Anda mampu membuatnya sendiri, biaya pakan akan jauh lebih murah, yaitu berkisar Rp3.250,00 untuk tiap kilonya.
    • Biaya obat dan vitamin juga diperlukan agar hasil lebih maksimal. Untuk biaya yang satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar karena satu saset vitamin bebek hanya dihargai Rp1.500,00 hingga Rp4.000,00.
    • Biaya air dan listrik. Layaknya menghitung biaya air dan listrik di rumah, Anda bisa mengira-ngira uang yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Karena kebutuhannya yang tidak terlalu banyak, Anda bisa menganggarkan Rp120.000,00 tiap bulannya.
    • Upah pegawai ini tentunya tergantung pada jam kerja dan jumlah pegawai yang dipekerjakan. Namun Anda bisa mengira-ngira untuk memberikan gaji seorang pegawai sebesar Rp700.000,00.

Maka biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal awal kurang lebih Rp2.600.000 tiap bulannya. Lalu bagaimana keuntungan yang akan didapatkan setelah melakukan pemeliharaan bebek? Ini dia keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Saat ini, harga telur bebek di pasar sekitar Rp1.600,00. Maka untuk satu ekor bebek akan menghasilkan keuntungan Rp48.000,00 tiap bulannya. Jika dikalikan dengan 100 ekor bebek, maka Anda akan mendapatkan Rp4.800.000,00 tiap bulan. Namun Anda juga harus ingat dengan tanggungan biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya. Maka dari itu, keuntungan bersih yang akan Anda dapatkan tiap bulannya sekitar Rp2.200.000,00.  Bagaimana, menarik bukan memulai ternak bebek? Itu dia informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum memulai untuk merambah bisnis ternak. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *