Simak Begini Cara Budidaya Vanili Yang Menguntungkan

Diposting pada

Cara Budidaya Vanili Yang Menguntungkan

Peluang Usaha – Menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk pengharum dalam pembuatan kue, ternyata vanili merupakan salah satu jenis tanaman loh. Tidak hanya digunakan sebagai pengharum pada makanan, vanili ini sendiri ternyata juga bisa digunakan sebagai minyak  esensial. Karena banyaknya permintaan vanili ini, maka sudah banyak orang yang melakukan budidaya vanili ini.

Perlu anda ketahui apabila membudidayakan tanaman ini akan memberikan keuntungan yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena tingginya permintaan akan tanaman yang satu ini. terlebih lagi, cara untuk menanam tanaman ini pun cukup mudah dengan iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia.

Budidaya vanili

Mengenal Lebih Dekat  Tanaman Vanili 

Jika selama ini anda hanya mengenal vanili yang sudah diproses untuk dijadikan sebagai bahan makanan, sudahkah  anda mengetahui bagaimana bentuk dari tanaman ini. Tanaman vanili atau dalam bahasa latin adalah vanilia planifolia ini adalah salah satu tanaman yang mampu menghasilkan bubuk vanili dimana mempunyai aroma yang harum dan khas.

Bentuk dari tanaman ini sendiri menyerupai  seperti kacang polong dimana mempunyai kandungan yang sangat penting seperti serat, mineral, serta vitamin A, B, dan E. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuat jenis tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai pencegah kanker.

Di Indonesia sendiri, budidaya vanili  ini memang mengalami kenaikan yang cukup  tinggi karena permintaannya di pasaran yang cukup tinggi. Buat anda yang tertarik untuk membudidaya tanaman yang satu ini, ada baiknya anda mengetahui tips dan triknya terlebih dahulu. Hal ini bukan tanpa alasan karena untuk menanam vanili ini gampang-gampang susah.

Untuk hasil dari tanaman ini, biasanya bisa anda lihat setelah vanili sudah memasuki usia 1,5 hingga 3 tahun. Walaupun hasilnya cukup lama, tetapi itu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Berikut ini tips dan trik dalam membudidayakan tanaman vanili ini.

Baca Juga : Cara Budidaya Melon Lengkap

Cara Budidaya Vanili Yang Benar 

Untuk anda yang ingin melakukan budidaya tanaman yang satu ini, ada beberapa persiapan yang harus anda siapkan dengan baik mulai dari lahan hingga media yang digunakan. Agar anda tidak salah dalam budidaya vanili ini, berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

  1. Siapkan Media Tanam Terlebih Dahulu

Media Tanam Budidaya Vanilli

Persiapan pertama yang wajib untuk anda perhatikan adalah media tanam yang akan digunakan. Baik anda menggunakan lahan yang luas maupun sempit, pot ataupun polybag, anda memang harus menyediakan media tanam yang tepat. Adapun media tanam yang biasanya digunakan  adalah tanah yang gembur dan agak lembab.

Jika perlu anda menyediakan tanah dengan tipe ringan seperti tanah lempung berpasir. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk akar vanili dalam tumbuh. Jika sudah, pastikan jika lahan, pot maupun polybag yang digunakan berada di dalam kondisi yang teduh. Untuk menciptakan kondisi yang teduh, cobalah untuk menaruh di bawah pohon besar tetapi tetap masih terjangkau oleh sinar matahari.

  1. Pilihlah Bibit Vanili Yang Unggul dan Terbaik 

Apabila media untuk budidaya vanili sudah anda siapkan dengan baik, maka langkah berikutnya adalah anda bisa memilih bibit vanili yang unggul dan terbaik. Untuk bibit vanili ini biasanya dibagi menjadi dua yakni dalam bentuk biji ataupun stek. Karena disini anda seorang pemula, maka anda wajib untuk memilih bibit stek.

Tidak hanya itu saja, pastikan  apabila usia dari bibit tersebut sudah berusia  1 tahun. Dengan usia itulah, maka akan memberikan kualitas yang terbaik. Jika sudah mendapatkan bibit, sebaiknya anda merendamnya terlebih dahulu sebelum disemai. Untuk proses perendaman ini mempunyai tujuan untuk membuat akar tumbuh cepat. gunakan larutan hormonik untuk melakukan perendaman.

  1. Lakukan Proses Penyemaian dan Penanaman

Tahap budidaya vanili yang berikutnya adalah proses penyemaian. Untuk proses ini sendiri wajib dilakukan di tanah berpasir. Mulai dari 1 hingga 2 bulan. Jangan lupa untuk memberikan perawatan rutin dengan cara menyiraminya setiap hari. Pastikan anda tidak membuat tanah menjadi terlalu lembab.

Jika sudah, maka dilakukan proses  penanaman. Untuk proses ini, anda harus memastikan untuk melakukan penggemburan tanah dengan menggunakan pupuk kandang. Dan buat lubang untuk menanamnya. Jika anda menanamnya di tanah, maka pastikan  anda membuat bedengan dan saluran air sesuai dengan ukuran lahan.

Sedangkan jika anda menanamnya di pot, maka anda harus menyiapkan pot dengan ukuran besar. Mengingat tanaman ini bisa tumbuh hingga 4 meter. Tanah yang digunakan untuk penanaman di pot ini harus dicampurkan dengan sekam dan pupuk kandang.

Jangan lupa untuk memberikan  tiang penyangga sebagai tempat untuk tanaman vanili menjalar.

Tips untuk melakukan penanaman ini adalah, anda bisa langsung menanamnya sebelum pukul 10 dan jika perlu dilakukan di awal musim penghujan.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Budidaya Timun

Bagaimana Proses Perawatan Tanaman Vanili

Peluang Usaha Budidaya Vanili

Proses perawatan budidaya vanili juga wajib untuk anda ketahui dengan baik. Hal ini berguna agar tanaman tersebut bisa menghasilkan bibit yang terbaik.

  1. Penyiraman 

Untuk proses penyiraman ini bisa disesuaikan dengan musim. Untuk musim penghujan, anda tidak perlu menyirami tanaman ini terlalu rutin. Hal ini tidak lain karena tanah sudah terlalu lembab karena siraman air hujan. Ada baiknya, anda melakukan penyiraman ketika kondisi tanah masih dalam keadaan kering.

  1. Proses pemangkasan

Karena tanaman vanili yang semakin tumbuh tinggi, maka perlu dilakukan proses pemangkasan juga. Untuk proses pemangkasan  ini sendiri dibedakan menjadi tiga yakni.

  • Pemangkasan bentuk dimana mempunyai fungsi untuk membentuk tanaman vanili agar bisa menjadi tanaman yang lebih kuat dan seimbang.
  • Pemangkasan produksi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga maupun buah ketika menjelang musim berbunga.
  • Terakhir adalah pemangkasan peremajaan dimana bisa dilakukan sebelum masa berbuah. Caranya cukup mudah anda bisa memangkas bagian cabang yang sudah pernah berbuah maupun cabang yang mengalami sakit.

Untuk proses pemupukan, anda tidak perlu khawatir karena tanaman yang satu ini tidak membutuhkan proses pemupukan yang terlalu rutin. Anda bisa melakukannya sekali dalam setahun. Yakni pada awal maupun akhir musim penghujan.

Baca Juga : Usaha Budidaya Seledri yang Menjanjikan

  1. Proses penyerbukan

Proses budidaya vanili yang terakhir adalah proses penyerbukan. Proses ini sendiri bisa dibilang proses yang paling sulit dan harus dilakukan dengan hati-hati. Yakni anda bisa mengangkat rostellum dengan menggunakan lidi dan mengarahkan kepala sari pada arah kepala putih. Untuk proses ini bisa dilakukan ketika bunga masih mekar.

Untuk proses panen sendiri bisa dilakukan ketika tanaman sudah berusia 2 hingga tahun. Masa  panennya sendiri bisa berlangsung selama 2 hingga 3 bulan penuh. Untuk masa panen ini biasanya ditandai dengan adanya buah yang berwarna hijau dengan pucuk berwarna kuning. Caranya cukup mudah, anda bisa  langsung memetik buahnya satu per satu dan tampung pada sebuah wadah.

Mudah bukan bagaimana budidaya vanili ini? walaupun mempunyai masa panen yang terbilang lama tetapi hasil dari panen tersebut dijamin tidak akan mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *