Coba 6 Pakan Lele Alternatif untuk Budidaya Lele Lebih Baik

Diposting pada

Budidaya lele di Indonesia sudah menjadi hal yang umum dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya upaya jual pakan lele khusus. Namun, kualitas pakan lele yang biasanya dijual di pasaran tidak bisa menjamin kualitas percepatan pertumbuhan ikan lele tersebut. Hal ini biasanya diimbangi pembudidaya lele dengan menggunakan pakan lele alternatif.

Ada beberapa jenis pakan lele yang keberadaannya bisa dicari sendiri atau disediakan oleh penjual pakan lele dengan harga yang relatif lebih murah. Lantas tahukah Anda apa saja pakan lele alternatif yang dimaksudkan tersebut? Mengapa pembudidaya ikan lele lebih banyak yang memilih menggunakan jenis pakan lele yang alternatif ini?

Aneka Ragam Pakan Lele Alternatif

Secara sekilas di atas telah dijelaskan bahwa saat ini tidak sedikit pembudidaya ikan lele yang lebih memilih untuk menggunakan pakan lele secara alternatif, dibandingkan membeli pakan lele instan yang dijual di pasaran? Tentunya, para pembudidaya ikan lele ini memiliki alasan khusus mengapa mereka lebih suka menggunakan pakan lele jenis alternatif tersebut.

Lalu, seperti apakah alternatif pakan lele yang dimaksud tersebut? Di bawah ini bisa Anda simak beberapa jenis alternatif pakan lele yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda yang baru memulai usaha budidaya lele. Di antaranya adalah :

Maggot dari Lalat

Pakan Lele Alternatif
google.com

Pernahkah Anda mendengar mengenai maggot lalat? Maggot lalat ini merupakan maggot atau telur yang diproduksi oleh lalat. Maggot ini menjadi salah satu makanan atau pakan yang disukai oleh ikan lele. Sekilas mungkin bahan pakan ini terdengar sangat menjijikkan, karena berasal dari lalat yang notabenenya merupakan serangga kotor.

Namun, ternyata maggot ini memiliki khasiat untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele karena merupakan makanan kesukaan lele itu sendiri. Selain itu, ternyata maggot juga memiliki manfaat dalam melakukan peningkatan metabolisme pada ikan. Hal ini memberikan efek positif  pada ikan untuk terhindar dari beragam jenis penyakit ikan.

Jenis Cacing-Cacingan

Seperti yang Anda tahu bahwa cacing memiliki beberapa ragam jenis. Cacing pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai pakan lele alternatif adalah cacing lumbricus. Jenis cacing yang satu ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni sekitar 76%.

Kandungan protein yang tinggi ini menunjukkan bahwa kadar protein pada cacing lebih baik dan lebih banyak, dibandingkan kadar protein yang dikandung oleh hewan mamalia. Jenis cacing selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai alternatif pakan lele tak lain adalah cacing sutera.

Cacing jenis ini memiliki gizi yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ikan lele itu sendiri. Teksturnya yang halus, membuat cacing ini bisa dicerna dengan mudah oleh lele. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakan cacing sebagai pakan lele adalah cara Anda membersihkan cacing itu sendiri.

Seperti yang Anda tahu bahwa cacing memiliki bakteri patogen dalam tubuhnya yang dipercaya akan mengganggu laju pertumbuhan ikan. Hal itu karena sebelum menggunakan cacing sebagai pakan, Anda harus membersihkannya lebih dulu dengan baik dan benar.

Rucah

Bagi Anda yang paham dunia ikan, tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya rucah ini. Rucah sendiri merupakan salah satu nama ikan. Gizi dan protein yang ada di dalam tubuh ikan rucah ini sangatlah tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pembudidaya ikan lele menyukai ikan rucah sebagai menu alternatif pakan lele.

Selain itu, di dalam tubuh ikan rucah ini juga memiliki banyak sekali komponen penunjang yang dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele. Ikan lele sendiri juga sangat menyukai ikan rucah karena rasanya yang enak. Ikan rucah bisa menjadi pilihan menu alternatif pakan ikan lele Anda sehari-hari.

Daun azolla

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama azolla. Azolla sendiri merupakan salah satu nama dedaunan paku-pakuan. Daun azolla ini sudah sejak lama dikenal kaya akan kandungan protein yang kadarnya mencapai 35%. Kandungan protein yang cukup tinggi inilah yang menjadikan para petani lele memilih jenis daun ini sebagai menu pakan lele nya.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali jenis dedaunan yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif pakan ikan lele. Namun, daun azolla menjadi salah satu jenis daun dengan nutrisi dan protein yang cukup untuk asupan ikan lele sehari-hari.

Bekicot

Selama ini kita mengenal bekicot sebagai salah satu hama di persawahan. Namun, tahukah Anda bahwa di dalam tubuh bekicot sendiri memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat bagus untuk beberapa jenis ikan termasuk ikan lele? Apalagi lele memang sangat menyukai bekicot yang berbau amis ini. Tidak heran jika banyak dari petani lele kini banyak mengoleksi bekicot untuk dijadikan pakan harian ikan lelenya.

Limbah Unggas

Salah satu pakan alternatif yang bisa Anda berikan pada ikan lele Anda adalah limbah unggas. Limbah unggas yang dimaksud di sini adalah seperti bangkai ayam. Hal ini mengingat lele merupakan jenis ikan karnivora, sehingga bisa memakan daging unggas juga.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa bangkai unggas tidak bisa serta merta Anda berikan secara langsung tanpa membersihkan dan merebusnya terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan agar ikan lele bisa terhindar dari bakteri yang ada dalam tubuh bangkai tersebut dan terhindar dari penyakit yang disebabkannya.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele yang Mudah dan Praktis

Apa Untungnya Menggunakan Pakan Alternatif Untuk Lele?

Sebagai petani lele tentunya Anda tahu bahwa tidak sedikit saat ini orang yang menjual pakan ikan lele karena sudah semakin banyaknya para pembudidaya ikan lele di zaman sekarang. Beberapa jenis pakan lele yang dijual di pasaran tersebut memang tepat untuk diberikan pada ikan lele, guna mempercepat pertumbuhannya.

Namun, sebagian petani lele yang merasa tidak mampu untuk membeli pakan lele tersebut. Bahkan, alasan lainnya juga menunjukkan bahwa tidak semua pakan lele yang dijual di pasaran tersebut mengandung protein dan gizi yang cukup untuk ikan lele. Hal itu karenanya tidak semua petani lele memilih untuk membeli pakan lele umum di pasaran tersebut. Lantas memilih pakan lele jenis alternatif.

Lalu, apakah ada keuntungannya menggunakan alternatif pakan lele ini? Jawabannya tentu saja ada. Beberapa di bawah ini bisa Anda simak dengan baik beberapa keuntungan menggunakan pakan lele alternatif. Di antaranya adalah:

Harga Murah

Salah satu alasan mengapa dinamakan sebagai pakan alternatif ikan lele adalah karena memudahkan petani lele yang mungkin tidak mampu membeli atau mendapatkan pakan lele khusus yang dijual di pasaran secara umum. Sedangkan, pakan alternatif memiliki harga yang relatif lebih murah, karena jenisnya yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita dan merupakan bahan pakan yang murni dari alam.

Mudah Dicari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pakan alternatif lele ini merupakan bahan pakan yang murni dari alam dan sangat mudah ditemukan. Salah satu contohnya adalah seperti cacing dan bekicot yang relatif mudah sekali untuk ditemukan.

Kaya Gizi

Sebagian besar pakan alternatif kaya akan protein dan gizi yang tidak kalah dari pakan lele yang lebih mahal harganya.

Beberapa penjelasan mengenai pakan lele alternatif yang telah disebutkan di atas bisa menjadi referensi dan wawasan bagi sahabat tani yang mungkin saat ini sedang menjalankan bisnis tani lele. Jika ingin berhasil, lakukan kegiatan pakan dengan total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *