Anda Ingin jadi Barista? Mari Kita Kupas Tuntas Disini

Diposting pada
Barista adalah
Barista (Sumber : instagram.com )

Mengupas Tuntas Semua Tentang Barista

Pernahkah Anda mendengar tentang barista? Pasti sebagian besar dari Anda sudah sangat familiar dengan pekerjaan yang cukup terkenal ini. Lalu, pekerjaan seperti apa barista ini? Barista adalah sebuah sebutan yang diperuntukan bagi orang-orang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi sesuai pesanan pelanggan.

Bagi Anda yang kerap ngopi di berbagai cafe atau coffee shop pasti sudah familiar dengan pekerjaan ini. Sebenarnya, istilah ini berasal dari mana sih? Tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang asal usul barista yang hingga kini telah menjadi pekerjaan populer di kalangan pecinta kopi. Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang barista sebenarnya, simak saja informasi yang ada di bawah ini!

Sejarah Barista

Istilah Barista ternyata berasal dari bahasa Italia yang berarti pelayan bar. Pekerjaan yang populer di negara yang berbatasan langsung dengan Swiss ini merupakan sebutan untuk pelayan bar berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan, untuk para pelayan bar yang berjenis kelamin perempuan akan disebut dengan Bariste.

Di negara asalnya, para barista dan bariste tidak hanya meracik minuman yang terbuat dari kopi saja, tapi berbagai jenis minuman termasuk minuman yang mengandung alkohol. Pekerjaan peracik kopi ini diyakini telah ada dari abad ke-15 di Arab Saudi.

Kedai kopi pertama tersebut kerap digunakan sebagai tempat bersantai oleh warga sekitar. Seiring dengan berjalannya, waktu banyak bermunculan kedai kopi baru di Arab dan semakin hari semakin meluas. Sedangkan di Eropa, kedai kopi muncul pertama kali di Venesia, Italia diperkirakan pada tahun 1629. Lambat laun, bisnis kopi ini tidak hanya berkembang di Italia saja, tetapi di berbagai negara Eropa.

Panggilan barista yang digunakan untuk menyebut para peracik kopi ini, terus digunakan hingga teknologi modern muncul. Bahkan, keberadaanya di tiap negara dibekali dengan pelatihan dan kompetensi serta sertifikasi. Apalagi, di era modern ini sudah banyak kedai-kedai kopi Franchise yang melakukan ekspansi di berbagai negara di seluruh dunia.

Hingga kini, barista tetap digunakan untuk menyebut para peracik kopi, bahkan kini pekerjaan ini tidak hanya menjadi pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji barista cukup besar saja, tetapi juga merupakan salah satu pekerjaan yang bergengsi.

Baca Juga : Mengenal Buah Kopi Cara Menanam dan Manfaatnya

Cara Menjadi Barista Keren

Banyak pertanyaan seputar syarat-syarat menjadi barista, pasti Anda juga penasaran. Sebenarnya, untuk menjadi barista tidak membutuhkan syarat yang ribet. Hanya saja, Anda harus mengikuti pelatihan dan juga sertifikasi. Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk menjadi barista, tapi belum tahu bagaimana caranya, cek informasi di bawah ini!

  1. Mengenal Kopi dan Seluk-beluknya

Agar bisa menjadi barista yang keren dan profesional, hal pertama yang perlu Anda dikuasai adalah mengenal kopi dan seluk beluknya. Ini merupakan hal yang sangat penting, karena nantinya pekerjaan Anda akan berkaitan dengan kopi. Maka dari itu, Anda harus mempelajari segala hal tentang kopi mulai dari jenis kopi, proses pembuatan kopi, hingga aneka menu kopi.

  1. Latihan Sendiri Sebelum Ikut Kelas

Perlu Anda ketahui sebelum ikut kelas barista, hal yang perlu Anda lakukan adalah berlatih secara otodidak dengan kemampuan sendiri. Hal ini dapat menghantarkan Anda menuju kesuksesan di kelas barista.

Anda yang telah memiliki bekal sebelum terjun ke sana. Tidak perlu khawatir harus berlatih seperti apa, karena Anda bisa menggunakan internet untuk mengakses segala macam ilmu tentang barista. Selain itu, Anda dapat ikut serta dalam diskusi bersama dengan para pecinta kopi. Lakukan hal tersebut berkali-kali agar menambah kesiapan Anda untuk ikut kelas barista.

  1. Kelas Barista

Cara menjadi barista keren berikutnya adalah dengan mengikuti kelas barista berskala nasional maupun internasional. Cara ini benar-benar menjadi cara yang jitu untuk menjadikan Anda barista profesional yang keren. Di kelas barista ini, Anda akan mendapatkan pelajaran berharga dari hal yang sepele hingga hal terpenting dalam meracik kopi.

  1. Magang di Kedai Kopi

Untuk menambah pengalaman yang memberikan pelajaran yang banyak tentang barista, Anda bisa mencoba untuk magang di kedai kopi. Dengan praktik secara langsung, tentu akan membuat Anda semakin handal. Selain itu, akan banyak hal-hal baru yang akan Anda temui dan menjadikan hal tersebut pengalaman berharga.

Tugas dan Tanggung Jawab Barista

  1. Membuat Kopi

Tugas yang harus dilaksanakan oleh seorang barista adalah membuat kopi. Membuat kopi di sini tentu saja adalah kopi yang nikmat, karena pada dasarnya itulah tugas utama seorang barista. Seorang barista yang baik dan bertanggung jawab tidak hanya bisa menyeduh kopi dengan mesin saja, melainkan harus bisa menggunakan metode manual.

  1. Mengoperasikan dan Merawat Alat

Selain membuat kopi, seorang barista juga bertanggung jawab dalam mengoperasikan alat-alat yang digunakan dalam membuat kopi. Tidak hanya itu saja, mereka juga harus merawatnya. Tentunya alat-alat yang maksud bukan hanya mesin espresso saja, melainkan juga printilan kecil seperti gelas, sendok dan alat-alat lainnya.

  1. Menjaga Bar Tetap Bersih

Seorang barista memiliki tanggung jawab yang besar, yakni menjaga meja bar agar tetap bersih. Karena bar bukan hanya tempat untuk membuat kopi atau memproses pesanan saja, tetapi juga menjadi pusat transaksi dan perhatian ruangan. Sehingga barista harus menjaga kebersihannya.

  1. Membuat Minuman Sesuai Pesanan

Seperti yang telah dibahas di awal, tugas barista tidak hanya terfokus pada meracik kopi saja. Karena di setiap kedai kopi, tidak hanya menyediakan menu kopi saja, tetapi juga ada menu lainnya yang tidak termasuk jenis kopi. Oleh sebab itu, barista juga dituntut untuk bisa membuat minuman-minuman yang tersedia di daftar menu dan sesuai dengan pesanan pelanggan.

  1. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Jangan kira pekerjaan ini hanya seputar kopi saja, karena barista juga dituntut untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya. Tidak hanya itu, barista juga harus memberikan rasa nyaman kepada pelanggan.

Perbedaan Barista dan Bartender

Perlu Anda ketahui bahwa barista dan bartender adalah dua pekerjaan yang berbeda. Lalu, apakah perbedaan dari keduanya? Perbedaan pertama adalah tempat kerja, barista pada umumnya bekerja di sebuah cafe atau coffee shop, sedangkan bartender bekerja di restoran yang memiliki bar.

Perbedaan kedua terletak pada minuman yang mereka racik. Barista lebih banyak meracik minuman yang terbuat dari bahan dasar kopi, meskipun pada suatu kesempatan barista juga meracik jenis minuman lain. Sedangkan bartender bekerja untuk meracik minuman yang mengandung alkohol dan menyajikannya pada konter bar.

Selain itu, terdapat satu hal yang sangat membedakan antara barista dan bartender. Hal inilah yang membedakan keduanya karena sangat bertolak belakang satu sama lain. Jika barista akan membuat pesanan pelanggan sebanyak apapun, maka bartender tidak melakukan hal tersebut. Karena bartender dituntut untuk menolak para pelanggan yang sudah mabuk berat dan pelanggan yang belum cukup umur.

Setelah membaca informasi di atas, sudahkah Anda memahami tentang pekerjaan yang dilakukan barista? Barista adalah salah satu pekerjaan yang bergengsi dengan gaji yang tinggi. Jika Anda berminat untuk menjadi barista, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang telah di ulas sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *