Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Daisy Serta Cara Merawatnya

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Daisy Serta Cara Merawatnya

Saat menghadiri wisuda teman kita, pasti pertama kali yang terbesit dibenak kita adalah hand bouquet. Dalam hand bouqet biasanya kita melihat berwarna warni variasi bunga diantaranya ada bunga daisy.

Makna Bunga Daisy

Bunga Daisy
Sumber : Bibitbunga.com

Selain bunganya yang indah, ternyata bunga daisy memiliki arti dan makna yang cukup mendalam. Bunga daisy memiliki makna kemurnian, bunga ini biasanya dikaitkan dengan anak bayi yang baru lahir karena masih murni. Bunga daisy juga memiliki makna sebagai awal yang baru, karena bunga daisy membuka kelopaknya saat fajar tiba dan menutup kelopaknya ketika sudah malam.

Makanya banyak kita jumpai saat sesi photoshot anak bayi, pasti sang fotografer akan menyelipkan setangkai bunga daisy sebagai pelengkap foto. Karena bunga daisy yang memiliki makna kepolosan sesuai dengan anak bayi yang baru terlahir ke dunia sebagai makhluk yang polos dan sebagai awal yang baru.

Selain memiliki warna putih, bunga daisy juga memiliki warna lain salah satunya berwarna merah. Daisy berwarna merah memiliki makna yang cukup mendalam yakni melambangkan cinta sejati. Dalam momen valentine biasanya kebanyakan orang akan memberi bunga mawar sebagai simbol dari cinta sejati mereka kepada pasangannya, namun, bunga daisy juga dapat dijadikan hadiah valentine untuk menunjukkan ke pasangan betapa kuat cinta sejati mereka.

Bunga daisy juga memiliki makna yakni kesederhanaan. Secara kasat mata bunga daisy hanyalah bunga sederhana yang memiliki bundaran yang lebar di tengahnya dan dikelilingi oleh petal-petal. Namun dalam kesederhanaannya, bunga ini memiliki kelopak bunga yang cantik dan indah yang cocok untuk dijadikan sebagai hadiah oleh pria yang ingin memuji kekasihnya yang cantik dan indah.

Sejarah Bunga Daisy

Sejarah Bunga Daisy
Sumber : Detik.com

Nama daisy sendiri berasal dari bahasa inggris kuno yaitu ‘Daes Eag’ yang artinya mata sebuah hari. Dalam terjemahan, daisy berarti ‘mata hari’ karena bunga ini mekar saat fajar yakni saat matahari mulai terbit. Bunga daisy akan membuka kelopaknya saat cerah.

Bunga daisy pertama kali dikenalkan oleh ahli botani yang berasal dari Jerman yaitu Paul Dietrich Giseke dan Carl Linnaeus. Paul Dietrich Giseke selain ahli botani ia juga seorang dokter, guru, pustakawan. Giseke memulai studinya di Academic Gymnasium, Hamburg. 

Sedangkan Carl Linnaeus yang berasa dari Swedia dan juga dikenal sebagai ‘Bapak Taksonomi Modern’. Linnnaeus merupakan ahli botani dan juga ahli dalam zoologi. Ia juga merupakan seorang dokter. Linnaeus juga terkenal dengan kemampuan bahasanya.

Fakta Bunga Daisy

Bunga daisy masih satu keluarga dengan bunga aster dan bunga matahari, karena bunga ini merupakan bagian dari famili asteraceae. Asteraceae adalah tumbuhan berbunga kedua terbesar dalam banyaknya species.

Bunga daisy tidak dapat tumbuh di Antartika karena suhunya yang sangat dingin sehingga sulit untuk bunga daisy tumbuh dan berkembang di sana. Namun di seluruh dunia, khususnya Indonesia, bunga daisy dapat tumbuh dengan baik karena suhunya yang pas dan dukungan dari paparan sinar matahari yang sehat, dapat membuat bunga daisy tumbuh dengan sempurna.

Lebah sangat suka hinggap di bunga daisy karena bunga ini merupakan bahan bagi lebah sebagai penghasil madu. Maka oleh sebab itu, penyerbukan bunga daisy dibantu oleh lebah madu.

Teh Bunga Daisy

teh Bunga Daisy
Sumber : Outerbloom.com

Di negara China, orang-orang memakai bunga daisy sebagai ramuan kesehatan yang dijadikan dalam bentuk minuman. Bunga daisy yang dijadikan ramuan teh biasanya bunga yang memiliki kelopak berwarna putih dan kuning. Teh bunga daisy berguna sebagai relaksasi serta untuk kesehatan tubuh.

Teh bunga daisy berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah agar sirkulasi darah tetap lancar sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Teh bunga daisy juga dapat dipercaya membuat kulit menjadi awet muda. Karena pada bunga daisy ada kandungan vitamin E yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu teh bunga daisy juga dapat mencerahkan kulit secara alami.

Teh bunga daisy juga digunakan sebagai alternatif obat panas dalam, karena bunga daisy memiliki kandungan vitamin C. Selain itu, teh bunga daisy juga dapat dikonsumsi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit. 

Selain itu, orang-orang mengkonsumsi teh bunga daisy untuk meredakan batuk, bronkitis, ginjal, kelainan pada hati serta pembengkakan.

Cara Menanam Bunga Daisy

Karena manfaat dan khasiat yang terkandung dalam bunga daisy yang dapat dijadikan sebagai minuman kesehatan dalam bentuk teh, dan dapat juga dijadikan sebagai perawatan kecantikan, banyak orang yang ingin menanam bunga daisy di halaman rumahnya. Selain untuk digunakan sebagai minuman kesehatan, bunga daisy yang bentuknya sederhana dan dan indah juga dapat mempercantik halaman rumah agar terhindar lebih indah dan memberikan efek untuk menenangkan batin dan jiwa supaya pikiran menjadi lebih jernih.

  • Biji Bunga Daisy

Sebelum biji bunga daisy ditanam agar hasil bunga daisy menjadi bagus dan tumbuh dengan sehat, keringkan biji bunga daisy di bawah terik sinar matahari selama dua hari sampai benih bunga daisy menjadi kering.

Setelah itu, simpan biji bunga daisy dalam beberapa minggu sebelum ditanam.

Setelah biji bunga daisy sudah disimpan alangkah lebih baiknya biji bunga daisy direndam didalam air bersih selama dua hingga tiga jam setelah itu, barulah biji bunga daisy siap ditanam.

  • Penanaman Bunga Daisy

Sebelum menanam biji bunga daisy, terlebih dahulu memilih media tanam yang sesuai keinginan. Media tanam biji bunga daisy dapat diletakan di pot, maupun langsung pada halaman rumah.

Jika menanam biji bunga daisy di halaman rumah, terlebih dahulu dilakukan penggemburan tanah, pemupukan serta membuat lubang tanam. Setelah itu, barulah biji bunga daisy ditanam kedalam lubang tanam.

Jika menanam biji bunga daisy di media tanam menggunakan pot,terlebih dahulu memilih jenis pot sesuai keinginan. Setelah itu siapkan tanah, pasir dan pupuk kandang maupun kompos. Campurkan tanah, pupuk dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 dan masukkan kedalam pot. Setelah itu lubangi media tanam menggunakan jari sedalam satu ruas jari. Isi lubang dengan biji bunga daisy. Kubur biji bunga daisy dengan media tanam yang sudah dicampurkan, namun jangan terlalu padat agar bunga daisy dapat cepat tumbuh. 

  •  Perawatan Bunga Daisy

Perawatannya sendiri cukup mudah, dengan menyiram dengan air secukupnya terutama saat musim kemarau akan tiba supaya tetap terjaga kelembapan tanahnya.

Pemupukan lanjutan dapat diberikan secara berkala setiap tiga minggu sekali.

Penyemaian bunga daisy membutuhkan 10 sampai 21 hari tergantung dengan jenis biji bunga daisy yang ditanam.

Berikut tata cara menanam bunga daisy, bagi para kolektor tanaman atau pecinta tanaman, pasti akan sangat mudah dan menyukai pengalaman dalam menanam bunga daisy, karena selain banyak khasiat yang terkandung, bunga daisy juga memiliki unsur estetika tersendiri bagi pandangan mata. Namun, bagi orang yang hanya ingin menjadikan bunga daisy sebagai hadiah, bunga ini dapat diperoleh di toko bunga bahkan beberapa toko bunga juga bisa merangkaikan bunga daisy agar terlihat lebih bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *