Mengenal Bayam Merah yang Kaya Manfaat

Diposting pada

Mengenal Bayam Merah yang Kaya Manfaat

 Tahukah Anda tentang Amaranthus gangeticus? Itu adalah nama latin dari sayuran langka yang kaya akan manfaat yaitu Bayam Merah. Sayuran jenis ini memiliki ciri khas yang berbeda dari bayam pada umumnya karena warna daun dan batangnya tidak berwarna hijau melainkan berwarna ungu gelap. Jika Anda melihatnya langsung pasti akan merasa bahwa sayuran ini berwarna indah.bayam merah

Menurut sebuah penelitian, warna yang terdapat dalam bayam jenis ini dikarenakan adanya kandungan pigmen betasianin dan juga antosianin yang jauh lebih tinggi dibandingkan bayam hijau. Lalu, benarkah sayuran langka ini memiliki manfaat yang sangat banyak seperti pembahasan di atas? Sahabat tani akan mengetahuinya dengan membaca informasi berikut ini.

Manfaat Bayam Merah

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar gembira untuk sahabat tani yang sedang melakukan diet atau kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena bayam merah dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Mengapa bisa begitu? Karena di dalam sayuran berwarna indah ini terdapat kandungan kalori yang rendah. Bahkan dalam 250 gram bayam mentah hanya mengandung kurang lebih 7 kalori saja.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Jenis bayam satu ini juga dikenal sebagai sayuran langka dengan kandungan mineral yang banyak sehingga dapat meningkatkan kesehatan otak. Kandungan mineral yang terdapat dalam sayuran ini adalah asal folat, vitamin A, vitamin B6, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut sudah terbukti ampuh untuk mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif pada otak.

  1. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan otak saja, karena kekayaan akan vitamin dan mineral menjadikan sayuran ini dapat memenuhi gizi harian pada tubuh Anda. Bahkan dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin dapat melindungi tubuh dari beragam penyakit serius seperti, serangan jantung, stroke, batu ginjal, diabetes dan kanker.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Bayam jenis ini juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena kandungan beta karoten, xanthene dan lutein yang cukup tinggi. Kandungan tersebut sudah terbukti dapat menjaga kesehatan mata sahabat tani semua. Jika Anda mengonsumsi bayam jenis ini, dijamin Anda akan terhindar dari iritasi mata dan dapat mencegah peradangan.

  1. Melawan Osteoporosis

Siapa sangka bayam berwarna indah ini juga dapat melawan osteoporosis? Hal ini dikarenakan dalam sayuran bayam terdapat sumber vitamin K yang jumlahnya sangat tinggi. Vitamin inilah yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Tidak hanya itu saja, vitamin K juga dipercaya dapat mengobati osteoporosis.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Jika sahabat tani memiliki keluhun dengan sistem metabolism, coba saja untuk mengonsumsi bayam jenis ini. Karena bayam yang memiliki warna indah ini memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Sedangkan protein bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Sederhana Menanam Bayam Merah di Rumah

 

  1. Menyiapkan Lahan Tanam

    • Sahabat tani, sebelum budidaya bayam merah jenis ini Anda harus memperhatikan kriteria tempat tumbuh terbaik bagi sayuran ini. Jika ditanam di daerah yang memiliki suhu kurang lebih 16-20 derajat celcius, tanaman ini akan tumbuh subur.
    • Selain itu, tingkat keasaman tanah juga harus Anda perhatikan karena bayam ini dapat tumbuh dengan baik di tingkat keasaman 6 sampai 7.
    • Saat menyiapkan lahan tanam, usahakan calon lahan tanam merupakan tanah humus dan terhindar dari angin kencang. Selanjutnya gemburkan tanah menggunakan alat yang Anda miliki dan campurkan pupuk organik dengan tanah yang digemburkan. Setelah itu buatlah bedengan yang berukuran sekitar 100 cm hingga 200 cm dan lakukanlah penyiraman secara rutin.
  1. Memilih Benih Bayam Merah

    • Untuk menghasilkan bayam yang berkualitas, tentu saja sahabat tani harus memilih benih yang berkualitas pula. Tidak hanya menghasilkan bayam yang berkualitas saja, dengan benih terbaik sahabat tani juga akan mendapatkan hasil panen yang melimpah. Maka dari itu Anda harus memilih benih dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.
    • Jika sahabat tani tidak ingin menggunakan cara yang rumit, sahabat tani bisa langsung membeli benih di toko benih ataupun toko pertanian. Saat membeli benih Anda harus memastikan bahwa benih pilihan Anda dalam keadaan kering dan masih terbungkus dengan rapi tanpa adanya kecacatan.
    • Tetapi jika Anda ingin mendapatkan benih secara langsung maka Anda harus memilih bayam merah yang telah berusia senja lalu petiklah bunganya. Pilihlah bayam tua dalam keadaan bagus dan tidak sedang memiliki penyakit atau diserang serangga.
    • Setelah itu, jemurlah bunga bayam di bawah sinar matahari terik agar kering dengan cepat. Apabila sudah kering pisahkanlah biji-bijinya. Untuk memilih biji bayam yang baik, Anda perlu merendamnya dengan air dan gunakan biji yang tenggelam saja.
  1. Penyemaian

    • Siapkan media semai dari wadah-wadah bekas atau polybag. Untuk menghemat biaya penanaman Anda bisa menggunakan botol bekas minuman untuk media semai. Tentu saja botol bekas minuman yang sudah dibersihkan.
    • Siapkan tanah, pupuk organik dan sekam kemudian campurkan hingga merata dengan perbandingan 2:1:1. Kemudian masukan bahan yang telah tercampur rata ke dalam media semai.
    • Sebarkan bibit di atas media semai kemudian tutup kembali dengan sisa campuran tanah. Letakkan di tempat yang sejuk dan siramilah setiap hari.
  1. Penanaman

    • Cara menanam bayam merah selanjutnya adalah proses penanaman. Setelah bibit telah bertunas dan memiliki ukuran kurang lebih 3 cm pindahkan bibit ke media tanam. Jangan lupa untuk menggunakan bibit yang terbaik saja ya sahabat tani. Saat memindahkan bibit ke media tanam berilah jarak 10 cm hingga 15 cm setiap tanaman agar mereka tidak berebut makanan
    • Agar tanaman tumbuh dengan subur, Anda dapat melapisi tanah dengan dengan mulsa organik atau mulsa plastik. Hal tersebut dapat membantu mencegah datangnya gulma sehingga Anda tidak perlu melakukan penyiangan yang berlebihan. Siramlah tanaman bayam Anda setiap hari dan jangan lupa untuk memberikannya pupuk.

 Cara Memasak Bayam Merah

 Sahabat tani jika Anda ingin memasak sayur bayam, di bawah ini terdapat resep istimewa untuk membuat tumis bayam enak yang bisa dicoba di rumah masing-masing.

  1. Siapkan bahan-bahan berikut
    • 200 gram bayam merah
    • 1 butir telur (putihnya saja)
    • ¼ cangkir jagung putren
    • 3 siung bawang putih digeprek
    • 3 buah cabe merah keriting dicincang
    • ¼ sdt lada bubuk
    • ½ sdt kecap asin
    • ½ sdt gula pasir
    • ½ sdt garam
    • ½ sdt minyak wijen
    • 2 sdm minyak goreng
    • 1 gelas air putih
  1. Panaskan minyak goreng. Kemudian tumis bawang putih dan cabe terlebih dahulu hingga berbau harum kemudian pinggirkan. Masukkan putih telur dan aduklah hingga berubah bentuk menjadi butiran.
  2. Masukkan jagung putren kemudian taburkan garam dan merica bubuk. Aduk-aduk secara perlahan hingga merata. Setelah itu masukkan bayamnya dan jangan lupa masukkan minyak wijen untuk menambah kenikmatannya. Biarkan bayam hingga layu terlebih dahulu kemudian aduk hingga matang.

Sekarang sahabat tani sudah tahu, kan, manfaat bayam merah? Bayam ini banyak manfaatnya, sahabat tani perlu mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah karena saat ini sayuran tersebut termasuk sayuran langka. Jika sudah panen, Anda bisa langsung memasaknya dengan resep di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *