Mau Bercocok Tanam Anggrek Bulan? Begini Caranya

Diposting pada

Mau Bercocok Tanam Anggrek Bulan? Begini Caranya

Anggrek Bulan

Pernahkan Anda melihat bunga anggrek bulan? Pesonanya yang luar biasa membuat banyak pecinta bunga hias kepincut. Sebagai salah satu tanaman asli Indonesia, bunga yang bernama latin Phalaenopsis amabilis ini tergolong mudah untuk dibudidayakan.

Tapi kalau salah cara sedikit saja, maka sahabat tani tak akan melihat keindahannya dengan sempurna. Lantas bagaimana cara menanam anggrek bulan?

Pilih Bibit Yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menanam bunga yang juga dikenal dengan nama puspa pesona ini, adalah memilih bibit yang akan dikembang biakkan. Hal yang perlu dipastikan adalah bibit sudah berusia minimal satu tahun dengan daun dan akar sempurna. Kemudian tanam dalam media plastik selama tiga bulan.

Bibit Anggrek Bulan

Selanjutnya sahabat tani bisa memindahkan bibit ke dalam pot berdiameter 6-12 cm untuk tiga bulan berikutnya. Barulah setelah itu bibit bisa dipindahkan ke media tanam permanen yang diinginkan, tapi Anda harus memperhatikan pencahayaan dan perawatan bibit yang tepat, agar saat ditanam bisa menghasilkan bunga yang menawan.

Persiapan Sebelum Tanam

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membudidayakan anggrek bulan adalah sebagai berikut.

  1. Jenis Tanaman

Pastikan sahabat tani mengetahui jenis bunga puspa pesonanya Indonesia yang akan dibudidayakan. Apakah Vanda, Ancedium, Arachnis, Cattleya atau Dendrobium, karena masing-masing punya karakter berbeda.

  1. Lokasi Tanam

Pada umumnya tanaman ini bertumbuh secara epifit atau menempel pada batang tumbuhan lain, yang biasanya tumbuh pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Jadi Anda harus memastikan lokasi tanam berada pada kawasan yang disukai oleh bunga dengan warna bervariasi ini.

  1. Pola Tanam

Ada dua jenis pola menanam Phalaenopsis amabilis ini, ada yang ditanam menempel pada tanaman lain yang lebih kokoh, ada juga yang menggunakan pot. Sahabat tani harus menentukan dulu pola tanam mana yang akan dipakai, sehingga persiapannya jadi lebih fokus dan tepat.

  1. Suhu yang Cocok

Bunga yang satu ini dapat tumbuh pada suhu tropis siang hari berkisar 30 derajat celcius dan malam pada suhu 23 derajat celcius. Anda harus memastikan suhu di area tanam masuk kriteria tersebut, agar pertumbuhannya maksimal. Kalau  tidak maka akan berimbas pada tumbuh kembangnya nanti. Bisa saja mudah layu atau rusak akibat curah hujan berlebihan.

Cara Tanam Menempel

Untuk menanam dengan cara menempel, tak perlu persiapan yang sulit, cukup memastikan bibit sudah siap untuk ditanam pada media pohon saja.

  1. Pertama pilih bibit yang dengan akar yang bagus berwarna kehijauan
  1. Ambil beberapa bibit beserta media tanamnya, kemudian ikat berdekatan dan tempelkan pada pohon yang akan jadi tempatnya bertumbuh. Proses pengikatan bisa menggunakan tali rafia, tali plastik atau tali ijuk. Tapi jangan diikat terlalu erat, biarkan bagian akar dan batangnya sedikit bernafas agar dapat merambat dengan sempurna.
  1. Jangan lupa memberikan pupuk secara kontinu dua kali sehari, pagi dan sore untuk menunjang perkembangannya. cara pemberian pupuk yaitu disemprotkan pada bagian daun dan akarnya. Sebaiknya lebih banyak disemprotkan pada daun karena asupan nutrisi terserap maksimal hingga 90 persen, sedangkan pada bagian akar hanya menyerap sekitar 10 persen nutrisi saja.
  1. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk NPK dan Dekastar yang akan mempercepat tunas tumbuh, serta merangsang cabang berkembang lebih baik. Anda juga bisa mengganti NPK dengan pupuk khusus untuk anggrek bulan seperti Namira.
  1. Lakukan penyiraman dengan air pH netral dan menggunakan alat sprayer, sebab tanaman ini tak suka pasokan air berlebih. Sebab bisa mengakibatkan tunas mudah busuk dan rontok. Jadwal penyiraman dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. tapi kalau sedang musim panas atau kemarau sahabat tani bisa menyiram tiga kali termasuk malam sebelum Anda istirahat.
  1. Pastikan cahaya yang didapatkan tanaman ini tidak terlalu maksimal, cukup 30 persen cahaya matahari pagi.

Cara Tanam dalam Pot

Kalau Anda ingin mencoba menanam bunga ini pada pot bisa pakai cara tanam yaitu sebagai berikut.

  1. Memilih pot yang sesuai dengan jenis anggrek ini, biasanya menggunakan pot berukuran kecil dari bahan tanah, kayu atau plastik pada awal penanaman. Tapi disarankan untuk memakai pot transparan agar mudah dilakukan pengawasan tumbuh kembang tanaman, terutama bagian akarnya.
  1. Kemudian sahabat tani bisa pilih media tanam yang akan dipakai, bisa berupa pecahan dari genteng, arang, potongan batang pakis, hingga sabut kelapa.
  1. Pindahkan bibit anggrek bulan dari media awalnya ke pot yang sudah diisi media tanam baru. Pastikan bagian akar tidak rusak, biasanya diambil menggunakan kawat lengkung untuk mempermudah mengangkat akar.
  1. Tanam selama tiga bulan pada pot ukuran kecil tersebut, dimana dalam satu pot bisa diisi tiga hingga lima tanaman anggrek.
  1. Setelah tiga bulan, Anda bisa memindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar. Perhitungannya adalah satu pot diisi dengan satu tanaman utuh.

Cara Merawat Anggrek Bulan

Untuk mendapatkan tanaman anggrek yang mempesona dan memberikan keindahan terbaiknya, Anda harus melakukan perawatan yang maksimal selama proses budidayanya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Nutrisi

Pupuk utama yang dibutuhkan anggrek ini adalah yang memiliki kandungan Kalium, Phospor, dan Kalsium. Bisa diberikan sekali dua minggu dengan dosis yang tepat sesuai jenis anggrek yang Anda budidayakan. Untuk mendapatkan daun yang indah, sahabat tani juga bisa menambahkan pupuk daun yang bisa dibeli di toko pertanian.

 

  1. Sirkulasi Udara

Pastikan sirkulasi udara pada lokasi tanam memenuhi kriteria tumbuh kembang anggrek. Biasanya tanaman ini akan mekar maksimal dengan hembusan angin sepoi-sepoi, dan tidak terlalu kencang. Jika hembusan angin tak memenuhi standar maka Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu perkembangannya agar lebih cepat.

 

  1. Cek Akar

Ketika anggrek bulan sudah berusia tiga bulan, akarnya akan terlihat menjalar. Kalau menggunakan pot, bisa jadi akar akan keluar dari pot melalui bagian bawah. Anda tak boleh memperbaiki letaknya, biarkan saja dia bertumbuh seperti itu hingga didapat kondisi tanaman sempurna.

  1. Cek Batang

Pada beberapa jenis tanaman anggrek ini batangnya akan tumbuh tinggi, Anda harus memberi penyangga pada batang tersebut agar tidak mudah roboh. Bisa dengan menggunakan kayu, besi atau rotan, agar batangnya tetap kokoh dan menopang bunga dengan maksimal.

  1. Cek Bunga

Bunga tanaman ini akan muncul pada umur di atas tiga bulan, warnanya sangat bervariasi tergantung jenis anggrek. Anda harus melakukan pengecekan kondisi bunga, jangan sampai ada hama yang merusaknya. Jika ada tanda-tanda seperti bunga menguning, atau bagian pinggirnya rusak segeralah beri obat pembasmi hama untuk tanaman anggrek.

Menambah wawasan tentang tanaman anggrek bulan sangat menyenangkan, terutama bagi sahabat tani yang menyukai dunia tanaman hias atau berkebun. Pastikan bunga ini jadi salah satu tumbuhan yang menghiasi rumah Anda, selain indah juga menandakan bahwa sahabat tani mencintai tanaman asli Indonesia yang sudah mendunia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *