Mangga Manalagi Cara Menanam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Diposting pada

Masyarakat yang biasa tinggal di daerah perkotaan, pasti susah untuk membedakan berbagai jenis mangga yang dijual di supermarket atau pasar tradisional, tanpa melihat daftar namanya. Namun, semua orang pasti akan mengetahui dan pernah mendengar mangga manalagi karena rasanya yang manis. Sahabat tani yang suka bertanam buah bisa menanam buah mangga yang satu ini.

mangga manalagi
Sumber : Bukalapak

Menurut data dari USDA, setiap 100 gram Mangifera ini mengandung energi setara 70 Kcal, karbohidrat 17 gram, protein 0,5 gram, lemak 0,27 gram, dan serat 1,8 gram. Selain dari kandungan yang sudah disebutkan, masih ada banyak lagi, dan informasi itu dapat dipakai untuk edukasi konsumen. Sahabat tani yang berniat menanam buah ini bisa mengetahui serba-serbi informasinya sebagai berikut.

Cara Menanam Mangga Manalagi

bibit mangga manalagi
Sumber : Olx

Siapa orang Indonesia yang tidak mengenal mangga manalagi yang termasuk dalam varietas mangga unggulan dan primadona? Sekarang, permintaan buah yang satu ini tidak lagi hanya terbatas dalam skala nasional saja, melainkan skala internasional. Sahabat tani yang berniat menanam buah ini perlu untuk mengetahui cara yang tepat, guna menghasilkan panen buah yang maksimal.

  1. Sahabat tani bisa saja menggunakan bibit unggulan untuk bisa mendapatkan pohon dengan sifat yang unggul. Membeli bibit Mangifera ini bisa dilakukan di toko pertanian, maupun membeli secara online melalui marketplace.
  2. Persiapkan lahan yang nantinya akan dipakai untuk menanam bibit mangga ini, dengan pH 5 sampai 6. Lahan yang dipakai juga harus memiliki sitem pengairan baik dan punya masa kering 4 bulan.
  3. Tanah lahan yang dipakai untuk menanam buah Mangifera ini, nantinya harus berupa campuran tanah biasa dengan pupuk dengan rasio 1:1.
  4. Buat lubang pada tanah tersebut sedalam 15 sampai 20 cm.
  5. Keluarkan bibit yang akan ditanam dari polybag dan masukkan ke dalam lubang yang sudah dipersiapkan.
  6. Tutup lubang tersebut dan tekan-tekan tanah di sekitar bibit, untuk mencegah tanah roboh.
  7. Sisanya, sahabat tani hanya perlu untuk melakukan perawatan dengan jalan menyiangi gulma di sekitar bibit. Anda juga dianjurkan untuk memberikan pupuk kandang di awal musim penghujan sebanyak sekali saja. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkan pupuk di sekitar pohon.
  8. Apabila pohon sudah genap berumur 1 tahun atau ke atas, maka Anda perlu untuk memberikan pupuk kandang sampai dengan kadar 30 kg.
  9. Sahabat tani juga bisa menggunakan pupuk dengan brand Super Nasa, untuk bisa memacu pertumbuhan bunga dari pohon mangga yang ditanam. Dosis pupuk Super Nasa yang cukup untuk dipakai adalah 1 sendok dan dicampurkan dengan 10 liter air.
  10. Sisanya, siram saja pupuk yang sudah diencerkan tersebut untuk satu pohon mangga.
  11. Sahabat tani juga perlu untuk selalu mengawasi, adakah hama yang merusak pohon mangga Anda dan segera gunakan obat yang tepat saat ada hama yang menyerang.

Baca Juga :

Manfaat Mangga Manalagi bagi Kesehatan

Mangga jenis manalagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sehingga tidak hanya digemari berkat rasa manis dari buah ini. Salah satu manfaat yang terkenal dari mangga ini, yaitu kandungan vitamin C yang tinggi. Perlu diketahui bahwa untuk setiap 100 gram mangga mengandung 3.08 mg per gram berdasarkam penelitian yang dilakukan oleh Choriun Niswah di Journal Biota. Manfaat lainnya sebagai berikut.

Mangga Manalagi Mampu Cegah Kanker

Polusi udara dan lingkungan yang tercemar memang sudah tidak bisa dihindari lagi, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Itulah mengapa orang yang tinggal di perkotaan perlu mengonsumsi buah mangga jenis manalagi untuk bantu cegah kanker dan tangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang ada pada buah ini yaitu polifenol dan betakaroten.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sonia Machado dkk. (2007) menunjukkan bahwa Mangifera memang buah yang kaya akan antioksidan. Kandungan dari masing-masing antioksidan tersebut berbeda di setiap tempat pengembangbiakannya. Jadi, sahabat tani juga bisa sesekali mengonsumsi sendiri buah yang satu ini, selain untuk dijual kepada konsumen.

Mangga Manalagi Menjaga Kesehatan Mata

Manusia generasi milenial zaman sekarang, sangat susah dipisahkan dari penggunaan gadget maupun elektronik lain. Seluruh penggunaan eletronik tersebut sudah pasti akan memberikan dampak buruk pada mata dalam jangka panjang. Bahkan, sudah ada studi yang membuktikan bahwa bermain game atau menggunakan gadget terlalu lama bisa menyebabkan kebutaan.

Menurut data USDA, mangga ini membantu menjaga kesehatan mata, berkat senyawa vitamin A di dalamnya sebanyak 765 IU untuk setiap 100 gram mangga. Anda yang memang saat ini sedang bekerja Work from Home (WFH) perlu untuk mengonsumsi mangga ini secara rutin. Sahabat tani bisa menggunakan statement tersebut sebagai cara untuk membuat mangga Anda semakin laku.

Mangga Manalagi Baik untuk Cegah Kecacatan pada Janin

Sahabat tani juga harus mengetahui informasi akan mangga ini yang baik untuk ibu hamil, karena bisa mencegah cacat pada pertumbuhan janin dalam rahim. Kandungan asam folat dalam Mangifera yang banyak bisa membantu melindungi pertumbuhan janin dengan baik. Senyawa asam folat yang ada dalam buah mangga ini sekitar 14 mg untuk setiap 100 gram.

Mangga Manalagi Membantu Mencegah Anemia

Kekurangan darah memang paling banyak terjadi pada kaum perempuan, karena setiap sebulan sekali harus mengalami menstruasi. Anemia juga mudah terjadi pada ibu hamil, yang tidak menerapkan pola makan sehat kaya akan zat besi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya anemia, yakni dengan mengonsumsi mangga jenis manalagi secara rutin.

Kandungan zat besi dari Mangifera indica L. ini cukup tinggi yaitu 0,13 mg dalam setiap 100 gram mangga. Ini bisa menjadi cara mudah dan murah untuk membantu melawan anemia secara alami. Memakan manga, pasti bisa menjadi cara menyenangkan dalam mencegah anemia, karena tidak harus melulu makan suplemen yang terkadang berbau amis, akibat kapsul yang pecah di dalam mulut.

Cara Mengonsumsi Mangga Manalagi

Mangga manalagi tidak harus selalu dikonsumsi dalam bentuk buahnya secara langsung. Biar Anda tidak bosan, maka mangga ini bisa saja dibuat menjadi olahan produk lainnya yang tak lazim dan rasa tetap enak.

Beberapa olahan dari mangga ini yaitu mangga goreng manalagi, asinan mangga, nasi goreng mangga (biasa ada di Thailand), jus mangga, pudding mangga, dan lain sebagainya. Sahabat tani juga bisa saja mengolah mangga ini menjadi produk makanan modern.

Beberapa menu olahan mangga yang banyak digemari kalangan muda generasi milenial adalah, smoothies mangga, es krim mangga, sup buah mangga, es yogurt mangga, dan lain sebagainya. Anda bisa menjadi kreatif dengan berbagai ide olahan mangga dan menjualnya di supermarket, setelah mendapatkan PIRT maupun BPOM.

Baca Juga :

Harga Mangga Manalagi

Setiap kali sahabat tani dan tetangga panen mangga dalam satu waktu, maka hasil panen akan menjadi anjlok. Anda tidak harus menjual kepada tengkulak yang bisa mencekik kantong, karena saat ini sudah ada marketplace. Sahabat tani perlu untuk belajar membuat dan mengatur akun sebagai seller di marketplace tersebut. Anda akan bisa bertemu secara langsung dengan banyak calon konsumen tanpa pihak ketiga.

Harga jual dari mangga ini per kilonya adalah Rp 15.000–Rp 25.000. Apabila sahabat tani mengolah lagi menjadi makanan olahan lainnya, maka Anda akan bisa menjual dengan harga lebih tinggi lagi dan masa simpan dari olahan tersebut biasanya lebih lama dari buah segar. Jika sudah mendapatkan PIRT atau BPOM, maka sahabat tani juga bisa menjual melalui marketplace.

Sangat banyak bukan informasi yang sudah sahabat tani dapatkan dengan membaca artikel ini? Anda bisa saja membagikan informasi ini kepada petani lain untuk sama-sama saling memajukan kesejahteraan petani setempat yang sama-sama panen mangga manalagi. Selamat menanam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *