Mangga Madu Begini Cara Menanam dan Manfaatnya

Diposting pada

Buah mangga sendiri di Indonesia ada banyak jenisnya dan salah satu yang paling diminati adalah mangga madu. Varietas Mangifera yang satu ini memiliki pohon yang tingginya bisa mencapai 10 meter dan memiliki daging buah warna kuning tua. Bahkan, saat benar-benar matang mangga yang satu ini kerap mengeluarkan bau yang harum dan manis.

mangga madu
Sumber : Bukalapak

Sahabat tani pasti sudah mengerti bahwa ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai buah-buahan dengan rasa manis. Mangga ini bisa menjadi primadona bagi kebanyakan pelanggan Anda, sehingga menanamnya bisa mendatangkan keuntungan, terutama saat terjadi pandemik COVID-19 di tahun 2020 ini. Simak juga informasi lain yang berkaitan dengan Mangifera yang satu ini berikut.

Cara Menanam Mangga Madu

Buah dengan nama latin Mangifera indica ini berasal dari perbatasan negara India dan Burma. Pohon ini memiliki struktur yang tinggi dan masuk dalam tumbuhan berkayu yang bisa tinggi sampai dengan 40 m. Anda bisa menanam Mangifera ini dengan berbagai teknik dan yang paling umum adalah dengan menanam biji buah tersebut. Beberapa langkah untuk menanamnya bisa dilihat di bawah ini.

bibit mangga madu
Sumber : Olx
  • Saat sahabat tani membeli mangga dengan jenis yang rasanya manis ini, maka mangga yang dimakan tersebut memiliki gen yang bagus. Anda bisa menggunakan bijinya untuk menumbuhkan pohon mangga dengan hasil panen yang berkualitas unggul.
  • Jemur bijinya sampai benar-benar kering untuk memudahkan pertumbuhan tunas mangga.
  • Buang kulit dari biji yang sudah dikeringkan tersebut.
  • Siapkan media tanah berupa campuran tanah biasa, pasir, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1 dalam sebuah polybag.
  • Buat lubang sedalam 20 cm untuk memasukkan biji yang sudah dikeringkan dan tutup lubang dengan menggunakan media tanah campuran juga.
  • Sahabat Tani perlu untuk meletakkan polybag tersebut di tempat teduh dahulu untuk membuat tunas lebih mudah untuk tumbuh.
  • Patsikan untuk selalu melakukan perawatan dengan menyiram dan memupuk secara rutin.
  • Sahabat Tani akan melihat adanya tunas yang tumbuh mulai dari minggu ke-4 sampai dengan minggu ke-6.
  • Saat tunas sudah tumbuh, maka Anda bisa memindahkan ke polybag lain yang lebih besar atau memindahkannya di tanah pekarangan rumah dengan menggunakan media tanah yang sama saat menanam benihnya.

Baca Juga :

Manfaat Mangga Madu Bagi Kesehatan

Anda yang hidup di Indonesia perlu untuk bersyukur, karena tanah air tercinta ini memiliki banyak sekali jenis mangga dan bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang beredar di luar negeri. Sudah pasti berkat iklim tropis sepanjang tahun di Indonesia, memungkinkan petani untuk bisa menanam dan panen buah dengan mudah.

Sahabat tani bisa jual hasil panen dengan jalan edukasi kepada para konsumen dengan menjelaskan manfaat dari Mangifera yang satu ini. Seluruh manfaat dari buah yang satu ini bisa sahabat tani dengan menyimak penjelasan berikut ini.

Mangga Madu Atasi Gusi Berdarah

Semua jenis mangga sudah pasti mengandung vitamin C, termasuk mangga yang satu ini. Kemampuan vitamin C ini bisa membantu cegah dan menyembuhkan terjadinya defisiensi vitamin C yang bisa berakhir pada pendarahan gusi. Setidaknya dalam 100 gram mangga mengandung vitamin C sebanyak 36,4 mg. Kandungannya cukup tinggi, sehingga bisa menjadi suplai vitamin C pada orang kekurangan.

Mangga Madu Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat sedang terjadi pandemik seperti ini, masyarakat akan mengalami kesulitan dalam mencari berbagai sumber vitamin, terutama vitamin C. Sahabat tani bisa menonjolkan keunggulan dari buah mangga ini sebagai salah satu makanan dengan sumber vitamin C yang tinggi. Sudah pasti banyak calon konsumen yang akan tertarik untuk membeli hasil panen mangga sahabat tani.

Mangga Madu Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Sahabat tani juga perlu untuk mengetahui kandungann lain yang melimpah ada di mangga yang satu ini juga, seperti vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jadi pembeli akan bisa mendapatkan manfaat yang satu ini tidak hanya melulu dari makan wortel saja. Kandungan vitamin A dari mangga ini sekitar 54 μg untuk setiap 100 gram dari daging buahnya.

Mangga Madu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat Mangifera yang satu ini juga bisa membantu mencegah sembelit, karena bisa melancarkan sistem pencernaan siapa pun yang mengkonsumsinya. Sahabat Tani bisa menggunakan sisi informasi ini untuk mendekati calon pelanggan yang memang sering alami sembelit saat BAB. Kandungan serat dari Mangifera yang satu ini adalah sekitar 1,6 gram dari setiap 100 gram daging buahnya.

Mangga Madu Membantu Atasi Peradangan pada Tenggorokan

Serangan bakteri dan virus bisa terjadi kapan saja dan salah satu cara Anda untuk mempertahankan kesehatan tubuh adalah dengan konsumsi mangga madu secara rutin. Mangga ini mengandung senyawa anti-peradangan polifenol maupun beta karotene. Konsumsi makanan yang mengandung kedua senyawa tersebut secara rutin akan bantu untuk tubuh dalam menyiapkan amunisi untuk melawan patogen.

Mangga Madu Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh manusia memerlukan multivitamin untuk bisa menjaga kesehatan kulit yang masuk dalam organ terbesar manusia. Kandungan vitamin utama untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari terjadinya penuaan dini adalah vitamin A, C, dan E. Mangga ini memiliki semua kandungan vitamin tersebut yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin E dari mangga ini sekitar 0,9 mg untuk setiap 100 gram daging buahnya. Bahkan, kandungan vitamin B kompleks yang ada pada mangga juga bisa berguna untuk mencegah terjadinya jerawat secara alami. Kandungan vitamin B yang ada pada Mangifera ini yaitu Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9/

Cara Mengkonsumsi Mangga Madu

Sahabat tani bisa menjual mangga madu ini kepada masyarakat perkotaan dengan mengolahnya terlebih dahulu. Bisa juga memasukkan produk olahan mangga ini ke supermarket setelah memiliki ijin BPOM maupun PIRT. Olahan modern untuk mangga dengan rasa manis ini yaitu smoothies mangga, jus mangga, dan es krim mangga.

Cara konsumsi yang modern tersebut akan bisa membidik konsumen dengan kalangan generasi muda juga. Olahan lain dari mangga madu ini adalah pudding mangga, asinan mangga, rujak mangga, dan sambal mangga. Intinya, mangga ini bisa diolah menjadi banyak produk untuk konsumsi yang lebih menarik bagi diri sendiri maupun konsumen.

Baca Juga :

Harga Mangga Madu

Masa panen mangga madu sudah tiba, maka Sahabat Tani perlu untuk mengetahui berapa harga jualnya. Tentunya, bukan harga jual mangga ini yang ada di domisili Anda. Perlu untuk mengetahui informasi mengenai harga jual dari buah mangga ini di luar wilayah domisili Anda juga, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Harga jual setiap kilo dari buah mangga ini mulai dari Rp 15.000 dan Sahabat Tani bisa saja mencoba untuk menjual melalui marketplace yang ada di Indonesia. Perlu juga untuk membuat aku toko, sehingga Anda tidak perlu untuk menjual melalui perantaran ketiga.

Cara ini bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi Anda sebagai petani buah juga. Anda bisa saja menyebarkan informasi ini kepada sesama petani lainnya dan turut membantu memakmurkan petani lainnya. Selamat menanam mangga madu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *