Cara Menanam dan Manfaat Mangga Gedong Gincu

Diposting pada

Mangga juga ada spesies yang disebut dengan Mangifera indica dan biasa disebut dengan mangga gedong gincu. Mangga ini memiliki pohon dengan tinggi yang bisa mencapai 10 sampai dengan 40 m. Warna dari mangga matang yang satu ini cenderung kuning dan ada bintik-bintik kemerahan, sehingga bisa dibedakan dengan mangga spesies lainnya.

mangga gedong gincu
Sumber : Tokopedia

Sahabat tani juga bisa mencoba untuk menanam dan menjual hasil buah maupun bibit dari Mangifera indica ini. Berbagai macam produk olahan mangga bisa dijual dengan harga lebih tinggi di masyarakat. Cara menjual yang lebih modern saat ini melalui marketplace dan Anda perlu untuk memahami manfaat dari Mangifera indica ini untuk bisa mengedukasi calon pembeli. Informasi tersebut bisa simak berikut.

Baca Juga : Cara Menanam Mangga Apel

Cara Menanam Mangga Gedong Gincu

Sahabat tani tidak perlu untuk memiliki lahan luas untuk bisa menanam bibit dari Mangifera indica yang satu ini. Pastikan rumah Anda memiliki pekarangan tanah dan mendapatkan paparan matahari yang cukup sepanjang tahun, serta tidak perlu udara sejuk untuk bisa mengembangkan pohon dari Mangifera indica ini. Langkah untuk menanam mangga yang satu ini bisa sahabat tani simak berikut.

bibit mangga gedong gincu
Sumber : Bukalapak
  • Persiapkan benih dengan menggunakan metode kering dengan menjemur biji di atas kertas sampai dengan waktu 3 minggu.
  • Cobalah untuk sedikit membuka bagian benih, tetapi jangan benar-benar patah menjadi dua bagian.
  • Keringkan kembali sampai dengan satu minggu dan bisa menyiapkan tanah yang gembur selama waktu menunggu biji Mangifera indica ini siap untuk ditanam.
  • Buat lubang dengan kedalaman 8 inci di pekarangan tanah.
  • Jika biji sudah dikeringkan selama seminggu, maka sahabat tani bisa mulai meletakkan biji tersebut masuk ke dalam lubang.
  • Tutup lubang dengan menggunakan tanah dan siram secara rutin dengan kondisi tidak terlalu basah dan tidak kering.
  • Sahabat tani akan bisa melihat ada tunas Mangifera indica ini yang tumbuh dalam waktu sekitar 4 sampai dengan 6 minggu. Tinggi dari tunas tersebut antara 10 sampai dengan 20 cm.
  • Warna dari tunas mangga bisa bermacam-macam tergantung pada varietas yang Anda beli.
  • Rawat pohon mangga tersebut setiap hari dengan menyiram, memupuk, dan menyiangi gulma di sekitarnya secara rutin.
  • Sahabat Tani juga perlu untuk menyemprot pestisida alami pada pon mangga gedong gincu tersebut untuk memusnahkan hama dan penyakit yang bisa merusak pohon.
  • Sisanya Anda hanya tinggal merawat dan menunggu sampai pohon berbuah.

Manfaat Mangga Gedong Gincu Bagi Kesehatan

Mangga gedong gincu ini mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi metabolisme manusia dan menurut database dari USDA, setiap 100 mg dari mangga ini mengandung karbohidrat 15 gram, protein nabati 0,82 gram, serat 1,6 gram, dan berbagai vitamin, mineral, serta antioksidan. Sudah pasti setiap kandungan tersebut akan berguna bagi tubuh dan bagi sahabat tani juga.

Kandungan antioksidan yang ada dalam Mangifera indica ini adalah beta karoten. Sedangkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya yaitu vitamin C, K, E, B1, B2, B3, B5, B9, dan B6. Sedangkan mineral yang ada dalam buah mangga ini yaitu zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, zink, dan natrium. Macam-macam manfaat yang diberikan oleh mangga ini bisa sahabat tani simak berikut ini.

Baca Juga : Mangga Manalagi Cara Menanam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

  • Mangga Gedong Gincu Bantu Atasi Anemia

Sahabat tani, selain menjual hasil panen buah Mangifera indica ini, maka bisa dikonsumsi sendiri dan bantu cegah anemia pada diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya. Setiap 100 gram dari daging buah Mangifera indica ini mengandung zat besi sebanyak 0,13 mg. Padahal biasanya satu orang memakan lebih dari 100 gram daging buahnya.

Kandungan zat besi dari Mangifera indica ini juga baik untuk ibu hamil untuk mencegah anemia. Data kandungan dari buah Mangifera indica ini berasal dari website Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Jadi, Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai saran untuk promosi secara lisan maupun bagian deskripsi pada akun toko di marketplace Anda untuk membujuk pelanggan mau membeli.

  • Mangga Gedong Gincu Bantu Cegah Osteoporosis

Seiring dengan berjalannya waktu, setiap manusia pasti akan bertambah tua dan harus merawat tulang dengan konsumsi kalsium secara cukup. salah satu buah dengan kandungan kalsium yang bisa bantu cegah osteoporosis lansia adalah mangga gedong gincu. Kandungan kalsium dari 100 gram buah ini adalah 100 mg juga masih berdasarkan data di website Badan Penelitian dan Pengambangan Pertanian.

  • Mangga Gedong Gincu Bantu Menjaga Kesehatan Kulit

Mangifera indica yang satu ini juga sangat berpotensi diolah menjadi produk perawatan kecantikan berkat kandungan vitamin yang lengkap, termasuk vitamin A yang populer berfungsi sebagai pencegah penuaan dini. Kandungan vitamin A yang tinggi juga bisa membantu memperbaiki sel mata, sehingga penglihatan menjadi lebih baik dengan konsumsi mangga ini secara rutin.

  • Bantu Mengurangi Stress

Saat ini sebagian besar orang yang tinggal di daerah perkotaan memiliki tingkat stress tinggi. Padahal stress tidak baik untuk kesehatan, sehingga perlu untuk bisa dikelola. Cara pengelolaan selain olahraga dan tidur cukup, maka bisa dilakukan dengan konsumsi buah Mangifera indica yang satu ini. Kandungan vitamin B kompleks dari buah mangga ini membantu tubuh untuk bisa mengurangi stress.

  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Guna Cegah Terjangkitnya COVID-19

Anda pasti sudah memahami bahwa virus bisa dilawan dengan menerapkan pola hidup bersih dan juga konsumsi berbagai vitamin. Terutama vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dari buah mangga yang satu ini mencapai 41 mg untuk setiap 100 gram konsumsi daging buahnya.

Cara Mengonsumsi Mangga Gedong Gincu

Mencari resep yang digunakan sebagai bahan utama mangga gedong gincu sudah sangat lazim. Sahabat tani bisa menjual dalam bentuk olahan juga, jadi tidak melulu hanya jual buah hasil panen langsung. Pengolahan menjadi suatu produk jadi lain juga bisa membantu masa simpan, sehingga bisa dipajang dalam etalase toko dalam waktu yang lebih lama.

Macam-macam olahan dari Mangifera indica yang satu ini adalah puding mangga, minuman mangga kemasan botol ala supermarket, rujak mangga, es krim mangga, dan lain sebagainya. Setiap olahan tersebut sudah pasti akan sangat menggiurkan untuk dicoba oleh para pelanggan karena mereka penasaran. Setiap resep pembuatan juga akan bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Baca Juga : Mangga Madu Begini Cara Menanam dan Manfaatnya

Harga Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu ini bisa sahabat tani dengan harga yang variatif di Indonesia. Pastinya saat masa panen tiba, harga dari buah ini bisa hancur dan perlu mencari koneksi untuk bisa menjual keluar daerah dari domisili Anda. Caranya bisa dengan menggunakan marketplace dan buat akun toko khusus hasil pertanian. Harga dari mangga ini pada kondisi normal adalah Rp 15.000,- – Rp 30.000,- per kilo.

Namun, permintaan pasar saat ini akan seluruh jenis buah dengan kandungan vitamin c tinggi sedang meningkat, termasuk mangga gedong gincu, sehingga ini merupakan kesempatan para petani untuk bisa raup untung sedikit lebih tinggi dari harga seharusnya. Sahabat tani bisa menerapkan seluruh informasi yang sudah diberikan di artikel ini untuk bisa memajukan usaha pertanian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *