Cara Menanam Mangga Apel

Diposting pada

Buah mangga memiliki banyak penggemarnya. Buah ini sendiri memiliki banyak jenis, seperti mangga apel. Alasan dinamai mangga apel karena bentuknya yang memang mirip dengan apel dan ada yang berwarna hijau atau merah. Sahabat tani yang memiliki sebidang tanah pekarangan rumah maupun sawah yang luas bisa mencoba untuk menanam buah genus Mangifera ini.

mangga apel
Sumber : Rakyatku

Saat masa panen tiba, sahabat tani bisa saja menjual mangga ini dalam bentuk buahnya langsung atau mengolahnya menjadi berbagai produk lainnya, seperti masker kecantikan, sirup, kue pie mangga, selai mangga, dan lain sebagainya. Sebelum panen, sahabat tani sudah pasti harus menanamnya dan terdapat banyak informasi lain juga yang bisa dilihat berikut ini.

Baca Juga :

Cara Menanam Mangga Apel

Anda akan bisa menanam buah mangga dengan genus yang satu ini di dalam pot bila tidak memiliki pekarangan rumah yang luas. Penasaran dengan bagaimana cara menanam dari buah mangga jenis apel ini? Maka perlu simak artikel ini sampai selesai.

  • Mempersiapkan pot yang kuat dan tidak gampang pecah untuk mendukung penyokongan pertumbuhan dari buah mangga yang satu ini. Pastikan pot sudah memiliki lubang yang cukup untuk mencegah terjadinya genangan air di dalam pot.
  • Anda perlu untuk menyiapkan tanah dengan tekstur yang remah, subur, dan gembur. Pastikan tanah tersebut memungkinkan untuk terjadinya drainase dengan baik.
  • Perlu untuk mencampur media tanah yang dipakai, baik berupa pupuk organik, pupuk kandang, dan sekam yang dibuat menjadi arang dengan perbandingan 2:1:1.
  • Pilih bibit yang berkualitas untuk bisa mendapatkan hasil panen buah mangga jenis ini yang baik dan laku dijual.
  • Keringkan biji mangga ini di atas kertas selama 3 minggu dan coba buka biji dan belah menjadi dua bagian biji untuk dilakukan pengeringan lanjutan sekitar seminggu.
  • Buat lubang pada media tanah sedalam 20 cm yang ada di pot dan masukkan biji mangga jenis ini ke dalam lubang tanah tersebut.
  • Letakkan di tempat yang teduh dahulu selama sekitar hari dan baru pindahkan ke tempat dengan intensitas cahaya matahari yang sedang.
  • Anda perlu untuk menyirami setiap hari dan awasi kondisi tanah dalam pot yang ada.
  • Sekitar lama waktu 4 sampai dengan 6 minggu, maka tanaman sudah mulai tumbuh tunas dengan tinggi sekitar 100 – 200 mm.
  • Rawat dan beri pupuk sesekali tanaman mangga yang ada dalam pot.

Manfaat Mangga Apel Bagi Kesehatan

manfaat mangga aple
Sumber : Bukalapak

Setiap jenis buah mangga sudah pasti memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda dan bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Sahabat tani yang hendak menanam dan memperoleh keuntungan dari hasil panennya perlu untuk mengetahui manfaat mangga apel bagi kesehatan, sehingga bisa memberikan edukasi kepada calon pembeli. Simak manfaat dari mangga jenis ini bisa.

  • Mangga Apel Menurunkan Kolesterol

Mangga dengan varietas apel ini memiliki manfaat bagi kesehatan untuk bisa menurunkan kolesterol. Ini berkat kandungan HDL yang berlimpah dan bisa membantu menghilangkan kolesterol berlebih yang banyak menempel pada pembuluh darah. Dengan kata lain, mangga jenis ini bisa dipakai untuk mencegah penyakit jantung maupun stroke akibat penumpukan kolesterol pada pembuluh darah.

  • Mangga Apel Sebagai Salah Satu Anti-Inflamasi Alami

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Dr. Gabino Garrido dkk. (2001) juga menunjukkan bahwa Mangifera indica memiliki sifat anti-peradangan terhadap edema telinga. Studi tersebut menggunakan dosis terbaik dalam variabel studi sebanyak 1.1 mg per ear pada seekor tikus percobaan. Anti-peradangan ini berasal dari senyawa polifenol di dalamnya.

  • Mangga Apel Dapat Melancarkan Pencernaan

Semua jenis mangga memang dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi, termasuk mangga dengan bentuk mirip apel ini. Konsumsi dari mangga ini bisa dilakukan secara bergantian dengan konsumsi jenis buah-buahan lainnya. Sahabat Tani akan bisa menggunakan informasi ini untuk menjual pada konsumen yang menderita sembelit maupun wasir.

  • Meningkatkan Produksi Insulin

Insulin memang sangat dikenal untuk mengatur kadar gula atau glikemik dalam darah. Penderita diabetes akan sangat memerlukan insulin ini untuk menekan kadar gula dalam darah ke tingkat yang normal. Gunakan informasi yang satu ini untuk bisa mendapatkan pelanggan yang menderita gula tinggi atau penderita diabetes. Senyawa pencegah diabetes yang ada di mangga ini yaitu mangiferin.

Informasi ini sudah berdasarkan studi yang dirilis dalam jurnal di National Center for Biotechnology Information disingkat NCBI. Itulah mengapa tepung dari Mangifera indica bisa digunakan untuk treatment pasien diabetes. Tak hanya sampai di situ, penggunaan dari daun Mangifera indica juga bisa dipakai untuk membuat kadar glukosa dalam darah menjadi normal dalam percobaan tikus yang dibuat diabetes.

  • Mencegah Keriput dan Memberikan Efek Pencerahan pada Kulit

Mangga sudah lama dikenal memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, baik vitamin C, A, maupun B komplek. Ada juga beberapa zat mikro mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh, seperti fosfor, kalsium, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, buah mangga dengan bentuk mirip apel ini juga punya antioksidan yang membantu untuk cegah penuaan dini, keriput, dan kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga bisa membantu kulit untuk mengalami pencerahan alami. Itulah mengapa sahabat tani juga bisa mengolah sebagian mangga ini untuk membuat produk kecantikan maupun sabun mandi. Ini bisa meningkatkan nilai jual, sehingga keuntungan yang bisa sahabat tani dapatkan menjadi lebih besar.

Baca Juga :

Cara Mengkonsumsi Mangga Apel

Mangga apel ini tidak harus selalu dikonsumsi dalam bentuk buah matangnya saja dan Anda akan bisa mengolah lagi menjadi beberapa jenis makanan lainnya. Apabila sahabat tani searching di internet, maka sebagian besar resep untuk mangga dengan jenis ini adalah manisan atau asinan. Padahal, ada banyak cara untuk mengolahnya lagi menjadi jenis makanan olahan lainnya, seperti pie dan juga pudding.

Sahabat tani perlu sesekali mencoba untuk membuat es serut mangga dengan nama latin Mangifera indica ini. Pembuatan yang dicampur dengan susu kental manis ini membuat rasanya mirip dengan minuman nanas. Olahan makanan modern juga bisa Anda buat dari buah Mangifera indica ini yaitu salad buah. Sudah pasti nilai jualnya juga bisa menjadi tinggi dan bisa jadi ide bisnis yang menarik bukan.

Harga Mangga Apel

Setiap tempat sudah pasti menawarkan harga jual dari mangga apel yang berbeda, sehingga sahabat tani perlu untuk mempelajari cara menjual buah-buahan melalui marketplace saat harga anjlok di wilayah domisili. Harga yang dijual di marketplace tersebut berkisar Rp 30.000 – Rp 40.000 per kg. Sahabat tani juga bisa mencoba untuk belajar cara mengolah buah Mangifera indica ini jadi produk lain.

Sahabat tani bisa mencoba untuk menanam mangga apel ini di pekarangan rumah atau pot. Tak hanya belajar untuk menanamnya, Anda juga harus memahami informasi seputar manfaat untuk kesehatan untuk menciptakan image bagus dari buah Mangifera indica  ini kepada calon pembeli. Hal terakhir yang harus diketahui adalah harga jual dari buah marketplace yang bisa senantiasa berubah-ubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *