9 Manfaat Matahari bagi Manusia

Diposting pada

Matahari menjadi sumber energi yang paling dibutuhkan bumi. Tanpa adanya matahari, diyakini bahwa manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat bertahan hidup. Manfaat matahari ini memiliki banyak efek baik bagi tubuh, meskipun ketika berjemur lama rasanya cukup panas. Bumi hanya memiliki satu pencahayaan untuk memunculkan siang dan malam, yakni matahari sebagai bagian tata surya.

Manusia ternyata bisa mengambil manfaat dari energi yang dimiliki oleh matahari. Terutama untuk berbagai jenis kebutuhan bagi kesehatan dan telah terbukti dengan baik oleh medis. Sahabat tani bisa menemukan sumber vitamin dan kehidupan dari sinar matahari yang dipancarkan. Selain untuk kesehatan matahari, juga baik untuk mendukung berbagai kegiatan hidup manusia.

Manfaat Matahari
Manfaat Matahari

Manfaat Matahari untuk Manusia

  • Menjadi Sumber Vitamin D Terbaik

Kesehatan tubuh manusia bisa dilihat dari sumber vitamin atau kandungan mineral pada tubuhnya. Saat ini, matahari memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Terutama dalam memberikan sumber vitamin D yang cukup baik dan menjadikannya sebagai sumber nutrisi terbaik. Vitamin ini sangat baik untuk meremajakan kulit seperti dengan produksi kolesterol.

Senyawa dalam tubuh manusia saat terkena sinar matahari, nantinya akan memunculkan berbagai reaksi. Salah satunya adalah radiasi UV-B yang didapatkan dari matahari. Mengubahnya menjadi sumber vitamin D yang penting bagi tubuh. Sahabat tani bisa mendapatkan suplemen vitamin D terbesar dari sinar matahari ini, meskipun masih banyak orang yang belum menyadarinya.

  • Memperbaiki Mood Setiap Hari

Banyak gangguan yang mungkin saja terjadi setiap hari kepada manusia dan sahabat tani bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Meningkatkan mood sangat penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Sinar matahari bisa membantu untuk meningkatkan mood, ketika melepaskan zat serotonin dan endorphin. Hormon ini adalah salah satu bagian yang membantu tubuh untuk merasa bahagia.

Anda yang bisa merasa lebih bahagia daripada sebelumnya, maka resiko terkena depresi pun bisa diturunkan. Sahabat tani bisa merasakan perasaan lebih tenang dengan lebih lama ketika berjemur. Khusus pada bagian retina matahari akan memicu pelepasan serotonin. Siapapun yang mengalami penurunan nutrisi sinar matahari, bisa saja mengalami stres yang berat hingga depresi.

  • Menguatkan Tulang

Kemampuan otak menjadi dasar bagi siapapun dalam melakukan berbagai aktivitasnya. Sahabat tani bisa mencoba untuk menggunakan energi alami dari matahari, untuk menguatkan kinerja otak. Tentu vitamin D yang ada pada otak bisa memperkuat produksi vitamin lain yang dibutuhkan. Salah satunya akan memberikan efek pada kesehatan tulang dengan kandungan kalsium dan fosfornya.

Tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan vitamin ini dengan jumlah yang banyak. Tanpa disadari, saat ini banyak orang yang meremehkan kekuatan dari energi matahari ini. Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk lebih sering terkena paparan matahari pagi. Tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa merasakan manfaat paparan sinarnya.

  • Bantu Cegah Kanker

Penyakit kanker yang menakutkan ini menjadi sumber kepanikan bagi siapapun. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan berjemur di bawah matahari pagi. Anda bisa dengan mudah mengurangi resiko terkenanya penyakit kanker kulit. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dan menunjukan hasil yang baik untuk terutama pencegahan kanker.

Beberapa jenis kanker yang bisa diatasi dengan cahaya matahari adalah kanker kulit, kolorektal, payudara, hingga prostat dan penyakit limfoma non-Hodgkin yang masih rendah.

Cobalah untuk membuat kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari kurang lebih selama 10-15 menit dalam sehari. Untuk membantu Anda dalam meningkatkan jumlah vitamin D bagi tubuh. Nantinya, resiko kanker hingga tumor bisa dicegah dengan baik. Siapapun bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan kelangsungan hidup yang sehat dengan energi matahari.

  • Mencegah Hipertensi

Salah satu keluhan yang sering ditemukan pada beberapa kalangan saat ini adalah penyakit hipertensi. Ternyata, hipertensi tidak hanya terjadi akibat stres atau depresi saja. Semua orang bisa memiliki kemungkinan hipertensi karena mengonsumsi makanan yang tidak baik. Bahkan, sahabat tani juga bisa terkena hipertensi, karena kurang asupan cahaya sinar matahari dan membuat beberapa reaksi terjadi.

Senyawa dengan nama nitric oxide akan dilepaskan oleh kulit ke pembuluh darah, ketika tersentuh sinar matahari. Tentunya, zat ini cukup penting untuk mengurangi tekanan darah bagi tubuh dan mencegah penyakit jantung dan stroke. Cara kerja yang sangat terlihat jelas dengan signifikan adalah menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh semakin melebar.

  • Mengatasi Insomnia

Kesulitan tidur menjadi hambatan bagi siapapun untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik. Ketika sahabat tani kurang tidur, maka tubuh akan terasa lemas dan tidak karuan. Tentunya, cahaya di malam hari bisa saja mengganggu sahabat tani untuk tidur dan mencegah produksi hormon melanin. Di siang hari, matahari bisa memastikan jika tubuh memproduksi melanin yang cukup pada waktu malam.

Sinar matahari yang mengenai retina, nantinya akan memproduksi zat serotonin yang baik bagi tubuh, yang sebelumnya sudah pernah dilakukan penelitian kecil mengenai hal ini di tahun 2014. Penelitian tersebut menyatakan, jika semakin banyak pencahayaan matahari yang memasuki tubuh, maka orang tersebut bisa mendapatkan kualitas waktu tidur yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.

  • Mengatasi Penyakit Kulit

Ketakutan seseorang ketika mengalami berbagai penyakit kulit adalah waktu kesembuhan yang sangat tidak menentu. Ada berbagai penyakit kulit yang terbilang sulit untuk disembuhkan. Sahabat tani bisa membantu pengobatan yang sedang dilakukan dengan mendapatkan paparan sinar UV atau radiasi matahari. Nantinya, bisa mengobati berbagai keluhan pada kulit yang sulit disembuhkan.

Contohnya adalah penyakit eksim, psoriasis, dan penyakit kuning yang sering terjadi di masyarakat. Nantinya, sinar matahari senantiasa menarik sel kekebalan tubuh ke bagian permukaan kulit. Produksi vitamin D yang cukup juga sangat baik bagi perlindungan kulit. Vitamin D memberikan perbaikan dan pertumbuhan, termasuk metabolisme dari kulit yang sudah mati atau mengalami penuaan.

  • Cara Terapi Kesehatan

Sinar matahari telah lama dipercaya sebagai salah satu pengobatan yang paling alami. Salah satu jenis terapi yang banyak dipercaya oleh berbagai kalangan adalah sunbath therapy. Jenis terapi ini telah lama digunakan untuk melawan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Nantinya, kekebalan tubuh seseorang akan semakin meningkat dengan efek sinar matahari.

  • Mengurangi Risiko Prematur

Jumlah bayi prematur memang masih banyak sampai saat ini. Biasanya, bayi yang mengalami penyakit prematur disebabkan karena kekurangan vitamin D dalam tubuhnya. Membuat persalinan menjadi sulit, karena kesehatan bayi yang kurang. American Academy of Dermatology mengatakan bahwa untuk tidak menggunakan paparan sinar, sebagai solusi utama untuk mendapat vitamin D.

Hal ini dibuktikan, jika sahabat tani berjemur terlalu lama, maka bisa meningkatkan risiko penyakit, salah satunya penyakit kulit dengan timbulnya ruam dan kanker. Solusinya adalah berjemur dengan kurun waktu sekitar 10 sampai 15 menit per harinya.

Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan manfaat matahari. Sahabat tani hanya perlu memastikan waktu yang tepat untuk berjemur atau merasakan manfaat dari matahari ini. Salah satunya adalah pada waktu pagi hari atau dimulai jam 6 pagi hingga jam 10 pagi. Selebihnya, jika sahabat tani terkena paparan sinar matahari yang berlebih, maka akan membuat tubuh mengalami kondisi yang buruk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *