10 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada
manfaat labu kuning
Sumber : brilio

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menjaga konsumsi makanan yang sehat. Labu kuning menjadi salah satu makanan dengan nutrisi yang baik bagi tibuh. Ada berbagai manfaat labu kuning yang bisa dijadikan sebagai asupan terbaik untuk tubuh. Selain itu, ada banyak jumlah labu kuning di Indonesia yang mudah untuk ditemukan, bahkan di pasar tradisional sekalipun.

Siapapun yang ingin mengonsumsi labu ini bisa membuatnya dengan berbagai cara. Mulai dari dibuat jus, dimakan langsung, hingga berbagai olahan labu kuning lain khas Indonesia. Pastinya, selain enak labu ini juga sangat baik menyehatkan tubuh Anda. Berikut manfaat-manfaat yang bisa sahabat tani dapatkan ketika mengonsumsi labu kuning.

Baca Juga :

Ragam Manfaat Labu Kuning

  • Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang tidak sehat, bisa menjadi hambatan bagi siapapun untuk beraktivitas. Terutama ketika sahabat tani ketergantungan untuk menggunakan kacamata yang terkadang cukup mengganggu. Perlu diketahui bahwa labu kuning memiliki kandungan karotenoid, sehingga efeknya sangat bagus bagi mata. Kandungan yang sama juga bisa Anda temukan pada wortel yang sangat baik bagi mata.

Meskipun kandungannya sama, namun komposisi zat ini memiliki sedikit perbedaan. Tentu, sebuah wortel ketika dikonsumsi sekitar 1,5 cangkir akan menurunkan risiko makula. Resiko ini bisa dikurangi hingga 25-30 persen. Untuk labu siam, sahabat tani hanya perlu mengonsumsinya secara rutin, dengan jumlah sedang untuk membantu menyehatkan mata dan mencegah penyakitnya.

  • Menurunkan Lemak

Banyak orang yang bersusah payah untuk menurunkan berat badan karena berbagai alasan. Mulai dari kesehatan, hingga kebutuhan lainnya dan semuanya berhubungan dengan pengurangan lemak. Labu kuning memang memiliki kandungan karotenoid yang tinggi. Bahkan, hasil penelitian mengatakan jika sahabat tani mengonsumsinya secara rutin, maka bisa mencegah penyimpanan lemak pada tubuh.

Khususnya bagi sahabat tani yang saat ini mengalami keluhan lemak di perut. Rasa yang diberikan oleh labu siam ketika dimakan juga tidak seburuk yang dibayangkan. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi labu ini ketika sedang melakukan diet. Makanan yang betul-betul rendah akan kalori dan karbohidrat, cocok bagi siapapun yang saat ini sedang berdiet.

  • Meremajakan Kulit

Semua orang ingin kulit yang nampak mulus dan sehat. Meskipun, tidak semua orang mengetahui bagaimana rahasia untuk melakukannya. Sahabat tani bisa mencoba untuk mengonsumsi labu siam untuk dijadikan solusi terbaik. Tentu, labu ini bisa dijadikan sebagai masker ketika ingin menenangkan dan meredakan iritasi pada kulit. Cara pengolahannya juga terbilang cukup mudah untuk Anda.

Sahabat tani yang ingin menemukan manfaat labu kuning bagi peremajaan kulit, maka cukup menjadikannya sebagai masker, karena hal tersebut dapat melawan infeksi serta jamur. Uniknya, makanan yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang hampir 20 persen. Hal ini yang membuat labu kuning menjadi sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh siapapun.

  • Mencegah Kanker

Sampai saat ini, banyak orang yang ketakutan jika radikal bebas bisa saja membunuhnya secara perlahan. Ilmu kesehatan saat ini berlomba untuk menemukan obat kanker yang sangat sulit dicapai. Sahabat tani bisa mencoba untuk mencegah serangan kanker dengan mengonsumsi labu kuning. Berbagai kandungan dan manfaatnya telah dipercaya mampu mencegah kanker.

Kandungan utama yang jumlahnya banyak dalam labu kuning, seperti karotenoid atau bisa dibilang sebagai beta karoten sangat bermanfaat. Kedua zat tersebut bisa membantu tubuh Anda untuk menolak masuknya radikal bebas. Seperti memberikan peningkatan pada tubuh ketika menghancurkan sel kanker. Semua cara ini mudah, karena ada banyak pengolahan untuk dilakukan.

  • Mencerahkan dan Menyegarkan wajar

Wajah yang segar akan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari sahabat tani. Ketika sahabat tani bisa dengan mudah menyegarkan wajah, aktivitas akan terasa berbeda. Cara alami menyegarkan wajah adalah dengan mengonsumsi labu siam atau labu kuning yang menjadi rahasia terbesar. Sahabat tani bisa menjadikannya sebagai bahan konsumsi atau sekedar membuat masker dari bahan ini.

Terdapat kandungan atau zat penting seperti alpha-hydroxy yang penting bagi penyegaran kulit. Asam ini tumbuh alami pada labu kuning dan penting untuk dipergunakan dengan baik. Kulit wajah sahabat tani akan tampak lebih segar, kemudian lebih cerah dari biasanya. Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan labu kuning sebagai bahan untuk kecantikan, terutama menghilangkan sel kulit mati.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Ketika seseorang membicarakan keluhan pada tubuh, seperti penyakit darah tinggi memang terdengar menakutkan. Saat ini, banyak orang yang sudah mengalami kematian karena penyakit yang sering dianggap sepele ini. Salah satu solusinya adalah menemukan obat atau bahan alami yang dapat menyembuhkan. Semua itu bisa dilakukan dengan mengonsumsi labu kuning secara rutin.

Tentu, kandungan karotenoid yang bisa Anda temukan pada labu ini juga sangat penting untuk tubuh. Terdapat juga kalium yang bisa menyehatkan bagian tulang pada tubuh. Penderita darah tinggi bisa memanfaatkan labu kuning yang kurang mengandung natrium, membuat tekanan darah Anda semakin stabil dan menghilangkan risiko dari penyakit stroke dan batu ginjal.

  • Melancarkan Pencernaan

Siapapun ingin mendapatkan pencernaan yang lancar demi hidup yang lebih sehat. Bahaya pencernaan tidak lancar menjadi hal yang paling ditakuti bagi banyak orang. Solusi terbaiknya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Salah satu makanan yang memiliki serat tinggi adalah labu kuning yang selama ini belum banyak diketahui oleh berbagai kalangan.

Baca Juga :

Siapapun yang mengonsumsi labu kuning ini dengan rutin dan teratur, maka masalah pencernaan akan mudah diatasi. Sistem pencernaan yang baik ini akan dengan mudah mencegah berbagai keluhan. Mulai dari sembelit, hingga kasus sulit buang air besar yang sudah akut. Pengobatan tidak hanya selalu mengandalkan dokter saja dan masih ada cara lain yang dapat dilakukan.

  • Meningkatkan Imun Tubuh

Imun pada tubuh memiliki fungsi yang sangat penting, terutama untuk mencegah berbagai penyakit yang masuk. Saat ini, manfaat labu kuning ternyata bisa digunakan untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Siapapun yang mengonsumsinya secara rutin, akan memudahkan imun bekerja dengan mudah. Berbagai jenis penyakit akan diatasi dan dicegah dengan baik menggunakan labu ini.

  • Menjaga Kualitas Tidur

Meskipun jenis labu yang ada saat ini sangat beragam seperti labu paran, butternut squash, hingga kabocha, namun fungsi dan khasiatnya tetap sama. Mereka sama-sama memiliki kandungan asam amino yang bisa membantu memperbaiki kualitas tidur sahabat tani setiap hari. Tentu, fungsinya adalah membantu produksi dari hormone serotonin yang nantinya memberikan rasa tenang dan nyaman.

  • Membantu Tingkatkan Seksualitas Pria

biji labu kuning
Sumber : Zeste

Setiap pria tidak ingin mengalami penurunan seksualitas dini. Salah satu solusi yang terbaik adalah mengonsumsi beberapa bagian pada buah labu kuning. Seperti daging dan biji labu yang memang bisa diolah dan dikonsumsi. Kandungan zat zinc yang ada pada labu, dipercaya mampu untuk meningkatkan seksualitas pria, terutama ketika ingin mencegah prostat.

Sahabat tani bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan mengonsumsi labu siam. Tidak tanggung-tanggung, manfaat labu kuning ini bisa menyembuhkan penyakit mulai dari yang parah hingga ringan. Sahabat tani hanya perlu mengetahui bagaimana cara mengolahnya dengan baik, agar tidak memiliki rasa yang aneh. Jenis labu juga berbeda-beda Anda hanya perlu memilih labu kuning untuk mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *