8 Manfaat Kapulaga dan Cara Pengolahannya

Diposting pada

Sahabat tani mungkin sudah tidak asing lagi dengan kapulaga, yaitu sejenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Biasanya, orang menambahkan kapulaga dalam masakan, agar rasanya menjadi lebih nikmat. Selain menambah cita rasa masakan, rempah yang satu ini juga punya segudang khasiat bagi tubuh, simak beberapa manfaat kapulaga berikut ini.

Manfaat Kapulaga
Buah Kapulaga

Apa Itu Kapulaga?

Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah, yang dihasilkan oleh beberapa tanaman tertentu. Tanaman yang menghasilkan kapulaga, termasuk famili Zingiberaceae atau kelompok jahe-jahean. Kapulaga dihasilkan dari tanaman sejenis Elettaria dan Amomun, sahabat tani harus mengetahui bahwa  kapulaga ini bisa didapat dari biji buah tanaman tersebut.

Jenis kapulaga yang mudah dijumpai di Indonesia, yaitu kapulaga India atau sabrang (Elettaria cardamomum) yang memiliki warna hijau dengan tektur berserat dan lonjong. Selain itu juga ada kapulaga jawa (Amomum compactum) berbentuknya bulat dan berwarna merah. Selain itu, ada juga kapulaga lokal yang bentuknya mirip kapulaga jawa, namun berwarna kuning kelabu.

Selain terdapat perbedaan pada bentuk dan warnanya, biji kapulaga tersebut memiliki perbedaan pada ukurannya. Biji yang berasal dari tanaman jenis amomum, memiliki ukuran lebih besar dan warnanya coklat gelap. Sedangkan, biji yang berasal dari Elettaria memiliki warna yang lebih terang dan tidak pekat seperti biji amomum.

Manfaat Kapulaga bagi Tubuh

Rempah yang biasa dijadikan bumbu masakan ini, juga memiliki manfaat banyak bagi tubuh dan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kapulaga yang bisa Anda dapatkan:

  1. Meredakan Stres

Jika sahabat tani sedang mengalami stres karena tekanan pekerjaan atau yang lainnya, cobalah menggunakan kapulaga sebagai peredanya. Rempah ini memiliki kandungan antidepresan, yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Menghirup atau meminum air rebusan kapulaga, akan memberikan efek sedatif yang dapat menenangkan diri.

Jika sahabat tani Mengonsumsi kapulaga secara rutin, minimal sehari sekali, maka Anda akan langsung merasakan manfaatnya. Beberapa di antaranya yaitu terhindar dari stres berlebih dan mood akan semakin membaik.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dalam setiap satu sendok kapulaga, terdapat 2 gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Jika sahabat tani mengalami sembelit atau diare, mengonsumsi air rebusan kapulaga akan membantu meredakan masalah pencernaan tersebut. Memiliki kapulaga sebagai obat dari masalah pencernaan, menjadi pilihan yang tepat karena rempah ini sangat mampu mengatasinya.

Selain itu, sahabat tani juga bisa mengonsumsinya untuk sekedar memelihara kesehatan pencernaan. Kapulaga dapat mengontrol asam lambung dan empedu, meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah usus, mengatasi inflamasi pada saluran pencernaan, mengobati nyeri pada perut, dan lain-lain.

  1. Mencegah Infeksi pada Tubuh

Manfaat kapulaga selanjutnya, yaitu mampu menjaga imun tubuh agar terhindar dari infeksi yang mengakibatkan berbagai penyakit. Senyawa antimikroba yang di kandung, mampu melawan berbagai jenis virus, bakteri, dan jamur yang akan membahayakan tubuh. Sahabat tani bisa mengonsumsi kapulaga, sebagai suplemen yang meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Pereda Nyeri

Kapulaga juga dikenal sebagai antinyeri, yang dapat meredakan berbagai macam nyeri di bagian tubuh mana pun. Hal itu karena kandungan senyawa analgesik, yang dapat mengobati rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, senyawa antiinflamasi juga terkandung dalam kapulaga, sehingga dapat menyembuhkan peradangan.

Sahabat tani bisa mengonsumsi kapulaga ketika mengalami berbegai nyeri seperti nyeri persendian, nyeri otot, gusi bengkak, sakit gigi, sariawan, sakit kepala, bekas luka, memar, lebam, dan masalah nyeri pada tubuh lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Jika sahabat tani memiliki permasalahan pada tulang, maka kapulaga menjadi obat alternatif yang tepat untuk digunakan, karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan tulang. Zat seperti vitamin C, kalsium, dan mangan sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tulang. Terutama, untuk penderita osteoporosis karena kapulaga ini akan memperkuat kepadatan tulang.

  1. Memelihara Kesehatan Ginjal dan Saluran Kencing

Sebelumnya, sahabat tani sudah mendapat penjelasan bahwa kapulaga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada pencernaan. Ternyata selain pada pencernaan, rempah tersebut juga berkhasiat menyembuhkan masalah buang air kecil. Terdapat senyawa bersifat diuretik yang mampu menjaga kesehatan ginjal.

Penyakit pada saluran kemih (sistisis) dan radang gijal (nefritis), dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kapulaga. Pemeliharaan ginjal dan saluran kemih, akan memperlancar sistem eksresi tubuh, sehingga akan terhindar dari penyakit serius lainnya.

  1. Meredakan Gejala Batuk dan Pilek

Kapulaga dapat memberikan efek tenang dan mengencerkan dahak, sehingga gejala batuk dan pilek yang sahabat tani alami dapat reda dengan mengonsumsi air rebusan kapulaga. Pernapasan akan lebih lancar karena dahak berhasil diencerkan, Anda juga akan terhindar dari kedinginan yang biasanya akan memperparah gejala batuk.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Sahabat tani mungkin menganggap kesehatan mulut dan tenggorokan merupakan hal yang terpenting, maka dari itu kapulaga bisa menjadi jawabannya. Anda dapat menggunakan air rebusan kapulaga untuk mengobati sariawan, gusi bengkak, dan nafas tidak sedap. Dengan meminum atau berkumur-kumur, mulut Anda akan lebih sehat dan nafas menjadi lebih segar.

Cara Mengolah Kapulaga

Sahabat tani mungkin penasaran, tentang bagaimana cara menggunakan kapulaga yang tepat, sehingga dapat berkhasiat bagi tubuh. Anda bisa mendapatkan kapulaga di pasar dalam bentuk biji yang sudah dikeringkan, bubuk, obat suplemen, teh, minyak, jamu, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa Anda konsumsi secara instan, karena sudah diolah dan dibersihkan terlebih dahulu.

Sahabat tani dapat menyesuaikan penggunaanya, tergantung pada kebutuhan dan penyakit yang sedang dialami. Seperti untuk meredakan stres, Anda bisa memilih teh kapulaga. Sedangkan untuk meredakan nyeri dan bengkak, Anda bisa memilih minyak atau suplemen kapulaga agar lebih cepat menyembuhkan bagian tubuh yang sakit.

Tidak ada dosis medis yang menjelaskan mengenai penggunaan kapulaga, maka dari itu sahabat tani harus lebih berhati-hati dan bijak dalam mengonsumsinya. Perlu diketahui bahwa penggunaan kapulaga secara terus menerus dan berlebihan bisa menyebabkan efek samping, seperti komplikasi empedu yang memicu penyakit serius lain. Berikut ini bebapa hal penting uang perlu Anda perhatikan:

  1. Saat sahabat tani memilih kapulaga dalam bentuk obat suplemen, cermatilah komposisinya karena suplemen biasanya tidak mengandung kapulaga murni.
  2. Sebaiknya, pengobatan penyakit serius dengan kapulaga tidak dilakukan dalam jangka waktu panjang. Sahabat tani harus memeriksa diri Anda ke dokter, jika penyakit tidak kunjung mereda dalam tiga hari.
  3. Jika Anda sedang melakukan pengobatan dengan resep lain, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk penggunaan kapulaga sebagai pendamping.
  4. Jika sahabat tani ingin mendapat hasil maksimal, barengi penggunaan kapulaga dengan pola hidup sehat. Hindari begadang berlebih, alkohol, rokok, dan lebih cermat dalam memilih makanan.

Manfaat kapulaga memang sangat banyak, namun sahabat ani juga harus tetap memerhatikan beberapa hal, sebelum menggunakan kapulaga sebagai obat. Lebih baik kapulaga digunakan untuk penyakit ringan saja dan dikonsumsi secukupnya, agar tidak menimbulkan efek samping buruk bagi kesehatan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *