8 Manfaat Ekosistem Terumbu Karang yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Berbicara mengenai ekosistem terumbu karang berarti erat kaitannya dengan lingkungan hidup terumbu karang tersebut. Terumbu karang yang merupakan tempat tinggal ikan di lautan ini memiliki peran yang sangat penting bagi ekosistem laut.

Maka dari itu, artikel ini hadir untuk memberikan Anda pemahaman seputar terumbu karang dan ekosistemnya. Tujuannya, selain untuk menambah informasi juga untuk memberikan Anda pengetahuan tentang pentingnya kehadiran terumbu karang di lautan, agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang hal yang satu ini.

Ekosistem Terumbu Karang
Sumber : twitter.com

Pengertian Ekosistem Terumbu Karang

Memahami sesuatu harus diawali dengan pemahaman dasar terlebih dahulu. Tahukah Anda tentang pengertian sub judul di atas? Untuk memahaminya, dapat Anda awali dengan mengetahui arti setiap kata, kemudian mengerti definisinya secara utuh. Pengertian setiap kata dan secara utuh dijelaskan sebagai berikut:

  1. Ekosistem

Menurut beberapa penjelasan para ahli, ekosistem dapat didefinisikan sebagai sistem ekologi. Sistem ekologi tersebut kemudian terbentuk, atas adanya hubungan saling simbiosis antara makhluk hidup tersebut dengan lingkungannya.

  1. Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan suatu kumpulan dari binatang karang. Binatang karang tersebut jumlahnya sangat banyak dan membentuk suatu struktur. Struktur yang dimaksud dalam hal ini adalah struktur kalsium dan karbonat. Hewan tersebut adalah polip yang dapat membentuk koloni dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan ribuan tahun.

  1. Ekosistem Terumbu Karang

Sebenarnya, kurang tepat jika terumbu karang didefinisikan sendiri karena pada dasarnya terumbu karang lah yang menjadi komponen ekosistem lingkungan di laut. Maka jika digabungkan dengan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa ekosistem terumbu karang sebagai habitat berbagai makhluk lautan serta menjaga keanekaragaman tanaman yang terdapat di laut.

Pada ekosistem ini, hidup berbagai macam makhluk laut. Berkat adanya ekosistem ini pula, rantai makanan yang terdapat di laut menjadi berjalan dengan sempurna, sehingga kehidupan lautan menjadi normal dan berjalan semestinya.

Habitat dari Terumbu Karang

Habitat secara sederhana dapat dikatakan sebagai tempat tinggal dari suatu ragam makhluk hidup, baik hayati maupun hewani. Dalam hal ini, terumbu karang biasanya ada dan berkembang di kawasan pantai. Selain di pinggir pantai,  umumnya ia juga tumbuh pada tempat yang masih mendapatkan asupan sinar matahari.

Perairan yang masih mendapatkan sinar matahari itu ukurannya adalah 50 m di bawah permukaan laut. Meskipun begitu, tetap ada saja terumbu karang yang hidup di perairan dalam. Hal ini dikarenakan jenis terumbu karang tersebut tidak membutuhkan cahaya matahari. Jenis terumbu karang inilah yang tidak menjalin hubungan dengan zooxanthellae.

Ada beberapa fakta dari habitat terumbu karang yang harus Anda ketahui, fakta tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Tumbuh Terumbu Karang

Terumbu karang umumnya dapat ditemukan di kawasan tropis hingga subtropis dan pada posisi sekitar 30 derajat arah utara serta bagian selatan dari khatulistiwa.

  1. Sebaran Terumbu Karang Sangat Luas dan Banyak

Tahukah Anda bahwa terumbu karang ini hanya dapat ditemukan, kurang lebih pada 100 negara di seluruh dunia. Serta, total dari luasnya adalah kurang lebih 600.000km2. Hal Itu merupakan data pada tahun 1990 dan jika dengan keadaan sekarang, maka setidaknya terjadi penurunan kualitas terumbu karang sekitar 10%.

  1. Populasi Terbesar dari Terumbu Karang

Di manakah letak populasi terumbu karang yang terbesar? Jawabannya adalah pada wilayah Atlantik dan juga Indo Pasifik. Indo Pasifik ini mencakup perairan Indonesia, Filipina, Perairan Laut Merah, timur dan barat Sumatera, Malaysia, dan juga lain sebagainya.

Nah, maka kini sahabat tani tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu habitat dari terumbu karang. Hal ini dapat menjadi keuntungan sendiri bagi mereka yang merupakan petani terumbu karang. Untuk di daerah atlantik sendiri, hanya ada sebesar 5% sebaran terumbu karangnya.

Bahkan di Indonesia dapat dilihat bahwa terumbu karang juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Destinasi tersebut mengandalkan keindahan terumbu karang bawah laut dengan cara snorkeling atau menyelam. Ini menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi orang di sekitar. Hal tersebut mengingat fakta bahwa Indonesia merupakan tempat ekosistem dari terumbu karang yang sangat besar.

Manfaat Terumbu Karang yang Harus Anda Ketahui

Adanya ekosistem terumbu karang bukannya tanpa manfaat tentunya. Manfaatnya pun tidak hanya kepada makhluk yang secara langsung bersimbiosis dengannya. Manfaat terumbu karang dapat dirangkum sebagai berikut:

Secara Ekologi, sebagai Penunjang Kehidupan

Terumbu karang sangat memiliki peran penting untuk menunjang kehidupan, utamanya kehidupan bawah laut. Mengapa demikian? karena terumbu karang menjadi tempat bersarangnya atau tempat tinggal dari berbagai ikan-ikan kecil. Bukan hanya itu, terumbu karang juga digunakan untuk tempat mencari makanan serta dalam perkembangbiakan ikan.

Sumber Keanekaragaman Hayati

Terumbu karang adalah tempat biodiversitas. Maksudnya adalah terumbu karang menjadi ekosistem bagi keanekaragaman hayati yang bahkan paling tinggi jika disandingkan dengan bagian ekosistem di perairan yang lain. Maka dari itu, terumbu karang dan ekosistemnya harus dijaga agar ekosistem laut tidak rusak.

Melindungi Pantai dan Pesisir

Dalam hal ini, terumbu karang bekerja sama dengan tumbuhan sekitar pesisir yakni hutan bakau untuk mengurangi adanya abrasi. Selain itu, otomatis pasir juga akan terlindungi sehingga eksostem yang ada di pesisir laut tidak rusak.

Menjaga Rantai Makanan Laut

Bagi manusia, adanya terumbu karang sangat penting . Dengan adanya terumbu karang, maka rantai makanan di laut menjadi seimbang. Jika sudah begini, Anda bisa memanfaatkan ikan-ikan yang ada sebagai sumber makanan tanpa khawatir ekosistem laut menjadi rusak.

Sebagai Bahan Dasar Membuat Kosmetik dan Obat

Tahukah Anda bahwa terumbu karang juga mampu membuat obat dan juga kosmetik. Biasanya, terumbu karang akan dijadikan sebagai pembungkus kapsul untuk obat. Terumbu karang dapat digunakan sebagai kosmetik dan juga obat karena kandungannya yang luar biasa.

Senyawa kimia yang ada pada terumbu karang antara lain adalah anti kanker, antibiotik, anti radang, dan lain sebagainya. Begitu pentingnya terumbu karang untuk kepentingan manusia.

Sebagai Destinasi Wisata

Terumbu karang mempunyai bentuk yang sangat indah dan cantik. Ini dimanfaatkan oleh orang sekitar sebagai objek wisata yang berpotensi. Adanya destinasi wisata terumbu karang juga nantinya akan melahirkan mata pencaharian lain yang menguntungkan seperti tempat makan, tempat penginapan, dan lain sebagainya.

Sebagai Bibit Budaya

Bagi Anda sahabat tani, terumbu karang bisa Anda jadikan untuk tempat pembudidayaan berbagai jenis ikan. Selain ikan, ada juga rumput laut dan juga teripang.

Sebagai Penunjang Penelitian

Terumbu karang memiliki dampak yang sangat besar bagi ekosistem laut dan dapat menjadi objek penelitian yang penting. Maka inilah mengapa adanya terumbu karang bisa menjadi penunjang penelitian dan hasil penelitian tersebut akan memberi manfaat untuk kehidupan manusia.

Kini pasti Anda paham bahwa terumbu karang sendiri merupakan ekosistem bagi hewan-hewan laut. Anda pun tahu bahwa ternyata terumbu karang bukanlah tumbuhan melainkan adalah hewan. Manfaat dari terumbu karang banyak sekali, bukan hanya untuk ekosistem laut tetapi juga untuk kebermanfaatan yang bisa dipetik oleh masyarakat di sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *