10 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Buah durian memiliki ciri khas, yaitu aromanya yang sangat kuat. Buah tropis yang satu ini, sangat populer di kalangan masyarakat dan menjadi favorit kebanyakan orang. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang membenci durian karena aromanya. Namun, ternyata banyak manfaat durian yang belum diketahui banyak orang. Berikut akan dijelaskan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Durian
Buah Durian

Manfaat Durian bagi Kesehatan

Rasanya yang sangat enak, ditambah dengan daging buah durian yang sangat creamy dan lembut membuat sebagian besar orang tidak bisa berhenti memakannya. Namun, beberapa orang beranggapan bahwa durian ini bisa meningkatkan kolesterol, jika terlalu banyak dikonsumsi. Terlepas dari itu, ternyata buah durian ini menyimpan sejuta nutrisi yang dapat memberi kesehatan bagi tubuh.

  1. Dapat Meningkatkan Kesuburan

Bagi sahabat tani yang memiliki masalah mengenai kesuburan, kini tidak perlu khawatir lagi. Karena buah durian dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut, hal ini sudah terbukti dalam sebuah penelitian. Hasilnya menyatakan bahwa durian memiliki kandungan hormon yang dapat membantu meningkatkan mortilitas sperma secara alami.

  1. Dapat Mengatasi Insomnia dan Depresi

Insomnia menjadi gangguan yang sangat menghambat aktifitas orang yang mengalaminya. Gangguan yang menyebabkan seseorang susah tidur ini, ternyata dapat diatasi dengan buah durian. Kandungan asam amino yang ada dalam buah durian atau yang disebut juga senyawa tripofan, menjadikan buah durian dapat membantu menghilangkan kecemasan, depresi, dan insomnia.

Biasanya orang yang mengalami kesulitan tidur, disebabkan karena banyak pikiran, sehingga menyebabkan depresi. Dalam tinjauan medis, depresi disebabkan kurangnya vitamin B6. Vitamin ini merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan seotonin dan neorotransmitter yang dapat mempengaruhi suasana hati. Durian memiliki kandungan vitamin B6 sekitar 38%.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Buah durian memiliki kandungan zat logam kalium dan kalsium, tetapi kandungan kalium lebih besar dari pada kalsiumnya. Sehingga, durian dapat membantu dalam proses perkembangan tulang, serta menjaga kesehatan dan kekuatannya. Zat kalium akan mengatur distribusi dan endapan kalsium, agar tidak ikut larut ke dalam darah. Kalium yang terkandung dalam durian yaitu sekitar 30%.

  1. Mengatasi Kanker

Kandungan antioksidan dalam buah durian sangat tinggi. Tidak hanya itu, ada juga nutrisi, vitamin, dan bahan kimia organik lainnya yang terkandung dalam buah durian. Kandungan-kandungan tersebut, sangat berguna bagi tubuh untuk melawan radikal bebas yang menjadi bibit dari tumbuhnya sel kanker. Selain itu, kekebalan tubuh pun akan ikut meningkat dengan mengonsumsi buah durian.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi sahabat tani yang mengalami kekurangan sel darah merah, buah durian dapat menjadi solusi yang tepat. Rendahnya kadar hemoglobin bisa menyebabkan insomnia, mudah lelah, dan sakit kepala. Buah durian yang memiliki kandungan asam folat, bisa membantu dalam meningkatkan produksi hemoglobin di dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga menurunkan risiko kembalinya anemia.

  1. Membantu Menjaga Sitem Perncernaan

Sama seperti buah-buahan yang lainnya, buah durian juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat dapat membantu dalam menjaga sistem pencernaan, sehingga akan tetap lancar dan membantu pembuangan sisa-sisa makanan. Dengan mengonsumsi buah durian, Anda dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau perut kembung.

Serat yang terkandung dalam durian, yaitu sekitar 37%. Kandungan karbohidrat kompleksnya mampu menyerap air, dan dapat memudahkan proses yang terjadi dalam sistem pencernaan. Selain itu, durian juga memiliki thiamin atau vitamin B tinggi, yang dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan menghasilkan asam dalam lambung, sehingga pencernaan menjadi lancar.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Migrain atau sakit kepala, merupakan gangguan yang sangat tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Dengan mengonsumsi durian, sakit kepala yang sahabat tani alami akan teratasi. Kandungan riboflavin atau vitamin B yang ada dalam buah durian, dapat membantu mengobatinya. Riboflavin yang ada dalam durian yaitu sekitar 29%.

  1. Menjaga Kesehatan Kandungan

Salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil adalah folat. Folat ini dapat Anda temukan dalam buah durian, zat ini sangat penting untuk pertumbuhan janin yang normal. Juga  Sebagai perlindungan dari berbagai masalah otak dan gangguan tulang belakang, ketika bayi mulai berkembang dalam kandungan. Folat yang terkandung dalam buah durian yaitu sekitar 22%.

  1. Mencegah Tegang Otot dan Saraf

Manfaat lain dari buah durian, yaitu mencegah terjadinya kram atau tegang pada otot dan saraf. Zat magnesium dapat membantu untuk menghalangi dampak dari zat-zat kimia dalam sel saraf dan otot. Kandungan magnesium dalam buah durian sekitar 18%. Dengan mengonsumsinya, Anda dapat terbantu menjaga saraf dan otot.

  1. Manfaat Durian bagi Kecantikan

  • Menghaluskan Tekstur Kulit

Manfaat yang pertama dari buah durian bagi kecantikan, yaitu dapat membantu menghaluskan kulit. Kulit menjadi hal sensitif, apalagi bagi perempuan dalam hal kecantikan. Salah satu cara untuk menjaganya yaitu bisa menggunakan buah durian. Mengingat kandungan vitamin dalam buah ini sangat tinggi, sehingga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin E dan vitamin C yang ada dalam durian, dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kesehatan kulit Anda akan ikut terjaga. Vitamin C merupakan senyawa utama dalam produksi kolagen dan protein yang dapat ditemukan di bagian tulang, tendon, kulit, dan ligament. Kandungan vitamin C dalam buah durian cukup tinggi, yaitu sebanyak 80%.

  • Membuat Kulit Lebih Cerah

Selanjutnya, sahabat tani dapat menggunakan durian untuk membuat kulit menjadi cerah. Buah ini menjadi bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Selain menghaluskan kulit, vitamin C yang ada dalam buah durian dapat membantu mencerahkan kulit. Sahabat tani bisa mencoba untuk mengonsumsinya demi kecantikan.

  • Membantu Proses Regenerasi Kulit

Manfaat buah durian untuk kecantikan yang terakhir, yaitu dapat membantu regenerasi kulit. Kandungan flavonoid yang ada di dalam durian, dapat membantu menjaga meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Di antara berbagai kandungan dan vitamin, flavonoid memiliki fungsi untuk megencangkan dan menjaga kelembapan kulit.

Cara memakainya, sahabat tani perlu megambil daging dari buah durian yang sudah matang. Kemudian sahabat tani dapat menggunakan daging buah tersebut seperti masker. Sebaiknya, penggunaan masker durian dilakukan di malam hari sebelum tidur. Penyerapan skincare sangat efektif di malam hari, lakukan dengan rutin seminggu dua kali untuk mendapat hasil maksimal.

Banyak manfaat dan kegunaan yang terkandung dalam buah durian, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Meskipun sangat banyak manfaat durian bagi kesehatan, ada hal yang perlu diingat. sahabat tani harus tetap menjaga batas kewajaran mengonsumsi durian, karena tetap saja segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Vitamin yang seharusnya jadi manfaat malah jadi penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *