Yuk Simak Manfaat Daur Ulang Sampah

Diposting pada

Daur ulang sampah bukan merupakan suatu hal baru lagi, mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan sudah digeluti oleh banyak pihak. Di Indonesia sendiri, meskipun kurang populer, tapi faktanya ada beberapa orang yang mencoba terus berkarya dengan sampah. Uniknya, selain diubah menjadi barang bermanfaat, benda hasil daur ulang juga jadi karya seni yang indah.

Bukan rahasia lagi jika sampah adalah salah satu penyebab terbesar munculnya beragam masalah lingkungan. Penumpukan sampah bukan hanya bisa menyebabkan bau, dan jadi sumber penyakit, tapi juga bencana alam. Oleh sebab itu, selain membutuhkan kesadaran individu untuk tidak buang sampah sembarangan. Langkah lanjutan seperti daur ulang memang harus ditempuh.

Daur ulang sampah plastik

Apa itu Daur Ulang?

Secara umum, daur ulang dipahami sebagai upaya menggunakan barang tidak terpakai agar dapat digunakan lagi. Bukan hanya untuk pemakaian pribadi, beberapa barang hasil pendauran juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Aktivitas ini juga memiliki tujuan tertentu, salah satunya mengurangi pencemaran lingkungan karena sampah tidak terurai yang dibuang secara asal.

Fenomena buang sampah sembarang memang seperti belum ada obatnya di tanah air. Anda pribadi mungkin sudah sering melihat sampah plastik dimana-mana. Sampah kotor juga bisa menyumbat saluran air. Kalau dibiarkan menumpuk tanpa dicari solusinya, maka bisa mendatangkan malapetaka seperti banjir, polusi, dan lain sebagainya.

Langkah pencegahan mungkin sudah sangat terlambat, namun bukan berarti tidak bisa diminimalisasi dampak akibat buang sampah sembarangan tersebut. Salah satunya adalah dengan daur ulang yang perlu dilakukan, guna mengatasi pencemaran di lingkungan. Selain itu, hal ini sebenarnya juga bisa membuka peluang lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

Baca Juga : Teknik Membuat Arang Sekam yang Mudah dan Praktis

Manfaat Daur Ulang pada Sampah

Daur ulang memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pihak bersangkutan. Di bawah ini adalah manfaat mengolah barang bekas yang harus diketahui:

  1. Mencegah Timbulnya Penyakit

Tidak banyak yang menyadari bahwa tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting bagi pihak yang memiliki otoritas untuk menyediakan 2 tong berbeda untuk memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Jadi, proses memilah sampah bisa lebih mudah dan cepat.

  1. Mengatasi Kerusakan Lingkungan

Salah satu faktor penyebab rusaknya lingkungan adalah karena sampah. Daur ulang merupakan solusi cerdas untuk mengatasi pencemaran lingkungan dengan cara mengurangi sampah tidak terurai, misalnya saja bungkus makanan ringan, dan botol plastik.

  1. Menciptakan Lingkungan Bersih

Selain nyaman dipandang, lingkungan yang bersih juga akan meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitarnya. Selain daur ulang, upaya menciptakan lingkungan bersih juga membutuhkan kesadaran dari publik, yaitu dengan membuang sampah ke tempat semestinya.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Ketika melakukan proses daur ulang, sudah pasti kreativitas dan keterampilan Anda dibutuhkan. Meskipun pada awalnya terasa sulit, seiring berjalannya waktu pasti jiwa terampil akan semakin terasah. Apalagi, saat ini pasar menuntut produk yang memiliki visual menarik dan bernilai seni.

  1. Membuka Lapangan Kerja

Dewasa ini, mencari pekerjaan bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika tidak memiliki keahlian spesifik dan ijazah dari perguruan tinggi bergengsi. Oleh karenanya, dengan membuka UKM yang fokus pada daur ulang produk, maka bisa membuka peluang bekerja untuk penduduk di sekitar lokasi. Jadi, bisa mengurangi tingkat pengangguran juga.

  1. Meningkatkan Ekonomi

Memberikan pekerjaan sama artinya mengangkat ekonomi masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari produk hasil daur ulang yang mempunyai nilai, sehingga bisa diperjualbelikan. Semakin tinggi kualitas, maka semakin besar pula peluang laku. Dengan begitu, maka gaji yang diberikan juga semakin banyak.

  1. Bisnis Modal Kecil Untung Menjanjikan

Daur ulang sampah termasuk salah satu jenis bisnis dengan modal kecil, namun peluangnya menjanjikan, apalagi kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Selain bahan baku yang murah karena bisa dibeli di beberapa tempat penampungan barang bekas, usaha ini juga tidak menuntut tempat kelola yang luas, jadi bisa dikerjakan secara rumahan.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Bokashi

Cara Mendaur Ulang Barang Bekas

Ada beberapa metode yang bisa diaplikasikan dalam mendaur barang tidak terpakai maupun sampah. Namun, langkah pertama yang harus diambil adalah memisahkan benda tersebut berdasarkan jenisnya. Contoh mudahnya adalah botol plastik, kemasan plastik, kardus, kertas, tutup botol, dan sebagainya. Setelah itu, baru pikirkan akan diapakan barang tersebut.

  1. Daur Ulang Plastik

Sampah plastik mungkin adalah yang paling dominan. Hal ini disebabkan kebebasan penggunaan bahan plastik, sehingga akibatnya pembungkus belanjaan didominasi oleh plastik. Material ini sendiri mengandung zat sintetis dan polimer yang tidak bisa diurai. Jadi, cara mengatasi sampah jenis ini adalah dengan mendaur ulangnya.

Untuk daur ulang plastik, maka langkah pertama yang diambil adalah dengan mencucinya terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan sisa zat kimianya. Setelah itu, potong plastik dengan mengikuti garis lipatannya.

Beberapa contoh kerajinan tangan dari plastik antara lain: Tempat charger smartphone, boneka, pot bunga, pembungkus kado, tempat pensil dan peralatan belajar, tempat lampu, mainan anak, rangkaian bunga, dompet, dan lainnya.

  1. Daur Ulang Kertas

Daur Ulang sampah Kertas

Untuk daur ulang sampah kertas, maka perlu menyiapkan bahan-bahan dasar terlebih dahulu, di antaranya adalah panci, handuk, kasa, blender, spons, koran bekas, dan sprei. Setelah itu, mulai dengan membuat kertas menjadi bubur. Caranya sangat mudah, kertas bekas tinggal disobek kecil-kecil, kemudian rendam dalam air panas, lalu blender sampai halus.

Selanjutnya, saring bubur kertas dan tambahkan air sebanyak maksimal 10 cm. Setelahnya, bahan tersebut dipress. Melakukan daur ulang pada kertas bisa meminimalisasi tingkat penebangan pohon yang merupakan bahan bakunya.

Selain itu, ada juga beberapa contoh kerajinan dari kertas daur ulang antara lain: Pot bunga, tempat sampah, sandal jepit, mainan seperti bola, celengan, tempat pensil, tempat tisu, rak buku minimalis, dan sebagainya.

  1. Mendaur Ulang Sampah

Sampah terbagi atas 2 macam, yaitu organik serta anorganik. Untuk daur ulang pada sampah, maka bisa dikelompokkan berdasarkan pada jenisnya. Sampah organik misalnya, bisa diubah menjadi pupuk kompos, sedangkan anorganik dapat dibuat jadi kerajinan tangan. Contoh sederhananya adalah pot bunga.

Baca Juga : Apa itu Cocopeat? Manfaat dan Kegunaannya

  1. Daur Ulang Barang Bekas

Barang bekas yang sudah tidak dipakai lagi juga bisa dimanfaatkan dengan mengolahnya sesuai kebutuhan. Misalnya saja kaleng bekas roti, masih bisa dijadikan sebagai wadah makanan, atau bumbu. Daripada dibuang dan mencemari lingkungan, sebaiknya difungsikan atau di daur ulang sampah lagi untuk keperluan lain. Terutama untuk jenis barang yang tidak bisa terurai.

Contoh lainnya adalah kardus, Anda bisa memanfaatkan sebagai kotak mainan dengan cara dilapisi kertas warna-warni supaya tampak menarik. Jika cukup kreatif, maka dapat mencoba ide membuat rak buku dari kardus. Meskipun butuh proses, namun hasilnya tetap worth it.

Daur ulang sampah merupakan langkah bijaksana untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan. Sampah anorganik yang dibuat sembarangan, bukan hanya akan mencemari lingkungan, dan menimbulkan bau serta pemandangan tidak sedap saja. Namun, akan mengancam kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *