15 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Bagi Tubuh

Diposting pada

Tumbuhan rambat daun sirih, merupakan salah satu obat herbal yang paling populer. Tanaman ini, memiliki bentuk daun yang lebar dan mengandung beberapa zat seperti saponin, eugenol, tannin dan beberapa minyak esensial. Dengan adanya zat tersebut, daun sirih memiliki berbagai khasiat dan manfaat daun sirih yang bisa digunakan oleh manusia, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Sejak dulu daun sirih sudah dikenal dengan sifatnya sebagai antiseptic, antiinflamasi, dan penyejuk kulit. Ketika sahabat tani mengonsumsi air rebusannya, dapat dirasakan langsung oleh tubuh. Daun sirih ada dua jenis, daun sirih merah dan daun sirih hijau. Masing-masing jenisnya memiliki kegunaan untuk mengatasi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirih
Daun Sirih Hijau

Manfaat Daun Sirih Merah

Pada dasarnya, daun sirih merah dan daun sirih hijau memiliki kegunaan yang hampir mirip. Akan tetapi, daun sirih merah lebih kaya akan flavonoidnya. Kandungan tersebut membuat daun sirih merah memiliki banyak manfaat, dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh sahabat tani. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Dapat Menghentikan Hidung Berdarah

Daun sirih sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan untuk hidung berdarah atau mimisan. Hal tersebut memang tepat dilakukan, kandungan zat fenil poppies dan terpene dalam daun sirih merah, ternyata dapat membantu menghentikan pendarahan. Caranya sangat mudah, ketika hidung Anda mimisan cukup gulung daun sirih, kemudian masukan ke lubang hidungnya.

  1. Membantu Mengatasi Tukak Lambung

Kandungan vitamin C dan anti-septik yang terdapat dalam daun sirih, merupakan zat yang mampu membasmi bakteri-bakteri penyebab tukak lambung. Cara mengonsumsinya, yaitu dengan mengunyah 1 hingga 2 lembar daun sirih merah, kemudian diamkan di mulut selama sekitar 10 menit, setelah itu bekasnya langsung dibuang.

  1. Mengobati Luka Bakar

Manfaat lain dari daun sirih merah yaitu dapat membantu mengobati luka bakar ringan. Kandungan alkaloid, vitamin C, dan antioksidan dalam sirih merah dapat meredakan adanya peradangan di daerah kulit yang mengalami luka bakar. Caranya hancurkan sekitar 4 lembar daun, setelah itu campurkan dengan madu, kemudian tempelkan di area yang terkena luka bakar.

  1. Mengobati Gusi Berdarah

Daun sirih juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Salah satunya, dapat mengobati gusi yang berdarah. Sirih merah yang mengandung zat saponin, kalsium, mineral fosfor, dan tannin dapat membantu mengobati gusi yang mengalami peradangan. Cara penggunaannya, sahabat tani tinggal merebus sepuluh lembar daun sirih merah, kemudian airnya gunakan untuk berkumur-kumur.

  1. Membantu Pengobatan Bronchitis

Daun sirih merah dapat memberikan sensasi dingin dan sejuk bagi tubuh, ketika dikonsumsi atau digunakan untuk obat luar. Salah satu penyakit yang dapat diobati, yaitu bronchitis. Dengan meminum air rebusan daun sirih merah secara teratur sebanyak 3 kali sehari, sistem pernapasan akan kembali normal seiring dengan berjalannya pengobatan.

  1. Mengobati Payudara Bengkak

Biasanya ibu yang baru saja melahirkan dan baru menyusui, akan mengalami pembengkakan payudara. Daun sirih merah yang memiliki kandungan carvacrol dan allylprokatecol, dapat membantu meredakan pembengkakan pada payudara. Cara penggunaannya, sahabat tani hanya perlu membakar sirih merah hingga layu, kemudian tempelkan pada payudara yang bengkak.

  1. Membantu Pengobatan Tumor

Zat antioksidan, terpenid, dan flavonoid dalam daun sirih merah bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Saat sistem kekebalan tubuh meningkat, maka sel darah putih dalam tubuh akan bereaksi dengan cara menghancurkan zat-zat asing atau berupa zat karsiogenik yang menyebabkan tumor di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Bau Badan

Bau badan seringkali menjadi masalah yang sulit diatasi. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih merah secara rutin, masalah bau badan ini akan terselesaikan. Selain itu, sahabat tani juga bisa menumbuk daun hingga halus kemudian menempelkannya ke area badan yang bau. Hal ini bisa diandalkan, karena kandungan klavikula dan estradiol dapat mengontrol produksi hormon.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Kandungan senyawa capitol dan eugenol yang dimiliki daun sirih merah bisa membantu untuk menghilangkan bau mulut. Jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut, cukup dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan sirih merah maka bau mulut bisa teratasi. Tidak hanya itu, kesehatan mulut juga sekaligus terjaga dengan rutin berkumur-kumur.

Manfaat Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau juga memiliki manfaat yang banyak. Berbeda dengan daun sirih merah, daun sirih hijau tidak mengandung flavonoid. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi sirih hijau, untuk tetap berguna bagi kesehatan manusia. Selain kesehatan, daun sirih hijau juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan secara alami bagi kulit.

  1. Mengobati Luka Luar

Manfaat daun sirih hijau yaitu membantu dalam pengobatan luka luar. Dengan adanya antioksidan, daun sirih hijau mampu mempercepat pemulihan stress oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Caranya, sahabat tani hanya perlu mengompres bagian yang luka dengan daun sirih yang sudah dihancurkan, setelah itu balut menggunakan perban.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari bagi penderitanya. Tetapi dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih hijau, gangguan pencernaan dapat teratasi karena sirih hijau ini, dapat membantu penyerapan nutrisi dan mineral. Selain itu, sahabat tani juga bisa menggunakan minyak daun sirih dengan mengoleskannya pada perut agar pencernaan lancar.

  1. Membantu Menurunkan Bobot Tubuh

Bagi sahabat tani yang ingin melakukan diet demi menurunkan bobot tubuh, daun sirih hijau siap membantu. Karena sirih hijau ini mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan sistem metabolisme dan sekresi pencernaan. Selain itu, bisa juga mengeluarkan kelebihan air dalam tubuh.

  1. Mengatasi Penyakit Kanker

Tidak banyak orang yang mengetahui, bahwa daun sirih hijau bisa digunakan sebagai obat anti kanker. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal mengunyah daun sirih saja dengan rutin. Cara ini dipercaya mampu mencegah dan menyembuhkan kanker serta meningkatkan peluang sembuh bagi penderita leukimia yang sudah parah.

  1. Membantu Menghilangkan Rasa Gatal

Daun sirih hijau juga dapat membantu menghilangkan gatal-gatal di tubuh. Dengan mandi air rendaman sirih hijau secara rutin, berbagai masalah kulit dipercaya dapat diatasi dengan cepat. Caranya, Anda harus merebus daun sirih dengan air, kemudian tuangkan di bak mandi. Akan lebih baik juga jika airnya digunakan untuk berendam.

  1. Menghilangkan Jerawat Meradang

Daun sirih memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu meredakan dan menyembuhkan jerawat meradang pada wajah. Jika sahabat tani mengalami hal tersebut, Anda bisa menggunakan sirih hijau untuk mengatasinya. Caranya daun sirih dihancurkan dan dihaluskan, kemudian oleskan pada jerawatnya.

Banyak manfaat daun sirih yang nyatanya belum diketahui oleh banyak orang. Dengan membaca berbagai manfaat ini, sahabat tani dapat memaksimalkan penggunaan daun sirih baik yang merah ataupun hijau. Selain untuk kesehatan, fungsi untuk kecantikan pun dapat terjaga dengan melakukan pengobatan secara rutin oleh diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *