Manfaat dan Cara Menanam Bunga Dahlia

Epetani.net -Ketika melihat bunga dahlia, pasti kita akan kagum akan keindahannya. Kelopaknya yang berkumpul menjadi satu dari mulai yang terkecil hingga menjalar kebelakang dengan kelopak yang semakin melebar membuat pesona bunga dahlia ini membuat decak kagum.

bunga dahlia dalam pot
Sumber : Pertanianku

Selain itu, bunganya yang memiliki beragam warna warni membuat pandang mata seakan terus ingin melihatnya dan terkagum-kagum.

Bunga yang hanya mampu berbunga pada saat musim panas sampai dengan musim gugur memiliki sifat perennial, yakni tanaman yang mampu tumbuh bertahan lebih lama. Tanaman perennial biasanya dapat tumbuh lebih dari dua tahun. Selain itu, tanaman jenis perennial memilki umbi.

Bunga yang pertama kali berasal dari Meksiko ini memiliki pesona warna yang menarik. Tahun 1872 Belanda mendapatkan sekotak umbi bunga dahlia dari Meksiko. Namun, dari semua umbi yang diberikan tidak semua dapat berhasil berbunga. Hanya satu umbi yang dapat berhasil berbunga.

Kata dahlia berasal dari penemunya yang bernama Anders Dahl. Anders Dahl adalah ahli botani yang berasal dari Swedia. Bunga dahlia memiliki nama latin dahlia pinnata.

Selain itu, bunga dahlia juga merupakan makanan larva yang sejenis kupu-kupu.

Bunga Dahlia Sebagai Inulin

Bunga dahlia selain menjadi tanaman hias, ternyata bunga dahlia dapat dijadikan santapan makan yang enak serta bergizi.

Dahlia memiliki 70% pati yang berbentuk inulin. Inulin berfungsi sebagai serat makanan.

Serat makanan sendiri bagus untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Inulin menjadi bakteri yang bagus di dalam usus besar.

Inulin ini, juga dapat dirubah menjadi fruktosa. Fruktosa yakni berguna bagi sumber energi karena memiliki zat gula.

Fruktosa juga dapat berfungsi sebagai kontrol kadar gula darah. Fruktosa dapat dijadikan netralisir zat-zat gula yang ada didalam tubuh.

Fruktosa juga dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Fruktosa juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan atau untuk membuat sirup.

Tidak semua umbi-umbi yang terdapat pada bunga dahlia memiliki kadar inulin yang sama. Terkandung kadar air yang terdapat dalam umbi bunga dahlia tersebut.

 Bunga Dahlia Bagi Kesehatan

  •  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Karena inulin yang terkandung dalam umbi bunga dahlia, maka umbi bunga dahlia dapat dijadikan sebagai obat tekanan darah tinggi.

Dengan sering mengkonsumsi umbi bunga dahlia, tekanan darah akan menjadi normal sehingga aktifitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Umbi yang terkandung pada bunga dahlia bisa dijadikan susu untuk dikonsumsi dan bagus untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Susu yang memiliki kandungan inulin yang tinggi dalam umbi bunga dahlia berfungsi untuk meningkatkan daya serap tubuh sehingga dapat dijadikan kalsium dalam usus.

Kalsium sendiri berfungsi bagi kesehatan tulang dan pertumbuhan gigi.

Sehingga, bagi anak-anak yang masih dalam masa perkembangan sangat cocok mengkonsumsi susu umbi bunga dahlia karena dapat mempercepat pertumbuhan gigi. 

Namun, untuk susu umbi bunga dahlia sendiri masih tergolong langka. Karena inulin umbi bunga dahlia masih lebih mahal dari pada inulin yang berasal dari bahan baku chicory.

  • Mencegah Obesitas

Walaupun umbi bunga dahlia mempunyai serat yang cukup tinggi, akan tetapi   kandungan kalori yang ada didalam umbi bunga dahlia rendah.

Kandungan serat   yang tinggi dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh sedangkan tingkat kalori yang rendah aman dikonsumsi sebagai penurun berat badan.

  • Bunga Dahlia Dijadikan Hidangan Lezat

Selain memiliki pesona yang indah pada kelopaknya, bunga dahlia juga dapat dijadikan makanan yang lezat yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti kentang.

Akar dan umbi bunga dahlia memiliki kandungan yang sehat bagi kesehatan tubuh sehingga jika kita mengkonsumsi akar dan umbi bunga dahlia, tubuh kita juga dapat menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang.

Hal ini sudah diterapkan oleh suku Aztec yang menjadikan umbi dan akar bunga dahlia sebagai bahan makanan.

Mereka mengolah umbi dan akar bunga dahlia sedemikian rupa hingga memiliki beragam rasa yang mirip seperti kentang, asparagus, seledri.

Tergantung dari varietas umbi dan akar bunga dahlia itu sendiri. Karena umbi dan akar bunga dahlia memiliki varietas yang berbeda tergantung pada warna bunga dahlia.

Umbi bunga dahlia juga dapat dijadikan mashed potatoes atau dapat juga hanya dikukus dan direbus biasa kemudian langsung dinikmati karena kaya akan kandungan karbohidrat.

Menanam Bunga Dahlia

Cara Menananam bunga dahlia
Sumber : jogjagarden.com

Selain bunga dahlia yang memiliki kandungan-kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Bunga dahlia juga sering kali dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki variasi warna warni yang menarik pandangan mata.

Tanaman bunga dahlia juga bisa dibudidayakan sendiri di rumah dengan menyiapkan media tanam.

Media Tanam

Mempersiapkan media tanam sebelum menanam bunga dahlia merupakan bagian paing penting.

Karena bunga dahlia dapat diletakan di halaman rumah maupun teras rumah. Bahkan bunga dahlia juga dapat diletakan di dalam rumah.

Akan tetapi, bunga dahlia membutuhkan cukup banyak paparan sinar matahari, sehingga tata letak media tanam bunga dahlia sangat mempengaruhi bagi pertumbuhan bunga dahlia agar tumbuh menjadi tanaman hias yang lebih baik.

Alangkah lebih baik, sebelum tanaman bunga dahlia diletakan di pot, terlebih dahulu bibit bunga dahlia di taruh di polybag, setelah bibit bunga dahlia tumbuh, tanaman bunga dahlia dapat diletakan di pot bunga.

Bahan Tanam

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan agar bunga dahlia dapat tumbuh dengan subur adalah ada tiga pokok unsur penting, yaitu tanah, humus, dan pupuk.

Tiga unsur ini adalah instrumen penting bagi kesuburan tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan indah.

Selain itu, pasokan air yang cukup dan memadai juga merupakan unsur terpenting.

Karena air adalah sumber utama makanan bagi pertumbuhan makanan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Bibit Bunga Dahlia

Bibit bunga dahlia mudah didapatkan karena bibit bunga ini banyak ditemui di berbagai toko bunga atau juga bisa beli secara online.

Cara Menanam Bunga Dahlia

  1. Persiapkan tanah, humus, dan pupuk setelah itu masukkan kedalam media tanam. Komposisi nya yakni 1:1:1.
  2. Sebarkan bibit bunga dahlia ke media tanam, kemudian tutup dengan tanah.
  3. Menjaga kelembapan media tanam sangat penting bagi kelangsungan pertumbuhan bunga dahlia agar dapat tumbuh dengan baik dan indah dipandang mata.
  4. Setelah bibit bunga dahlia sudah tumbuh dan memiliki daun, bibit dapat dipindahkan ke pot yang sudah diisi dengan sekam dan pupuk dengan komposisi 6:1.
  5. Perlu diperhatikan, saat memindahkan bibit bunga dahlia ke dalam pot harus dijaga hati-hati supaya akar bunga dahlia tidak putus.
  6. Usahakan bunga dahlia cukup terkena paparan sinar matahari agar tumbuh dengan baik.

Perawatan Bunga Dahlia

Bunga dahlia memerlukan perawatan khusus jika bibit sudah tumbuh, yakni dengan rutin melakukan penyiraman satu hari sekali.

Jika bunga dahlia sudah tumbuh, dapat dikurangi untuk pemberian pupuknya. Potong daun bunga dahlia yang membusuk.

Jaga bunga dahlia dari serangan serangga. Jika bunga dahlia tumbuh tinggi, dapat dipangkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *