Mengenal Informasi 10 Manfaat Buah Srikaya Beserta Kandungannya

Diposting pada

Buah srikaya sering dijual di pasaran Indonesia. Pastinya, sahabat tani sudah tidak asing lagi dengan srikaya yang memiliki kulit dengan tekstur layaknya cangkang kura–kura, serta daging buahnya yang lembut dan manis ini. Hampir semua orang menyukai srikaya. Bahkan buah ini, memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Sehingga banyak yang mengkonsumsinya.

Buah Srikaya
Sumber : twitter.com

Kandungan Gizi Buah Srikaya

Ada berbagai macam kandungan gizi di dalam srikaya. Kandungan gizi tersebut bisa menangkal perkembangan virus penyakit di dalam tubuh. Sehingga, tidak heran bila banyak masyarakat luas yang berbondong – bondong membeli dan mengonsumsi srikaya di pasar. Hal itu karena mereka ingin memiliki tubuh yang sehat, tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Kandungan gizi dalam srikaya antara lain 1,80 mg kandungan protein, 26,30 mg karbohidrat, 1 mg lemak, 28 mg kalsium, 1 mg zat besi, 20 mg fosfor, 23 mg vitamin C, dan 1 mg vitamin B1. Kandungan nutrisi tersebut, ada pada 100 gram srikaya atau sekitar 1 buah srikaya. Bisa sahabat tani lihat bahwa kandungan srikaya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Srikaya yang sudah matang mengandung beberapa senyawa berkhasiat bagi tubuh sahabat tani. Senyawa tersebut antara lain gula buah, asam aminobutirat, ornitin, arginin, mucilago, asetaminofen, dan senyawa sitrulin. Kemudian, untuk senyawa dalam srikaya muda, hanya ada tanin saja. Sehingga, tidak heran bila srikaya muda memiliki rasa hambar.

Bila sahabat tani ingin mengonsumsi srikaya, usahakan makan yang sudah matang. Hal ini bertujuan agar kandungan gizi yang ada dalam srikaya, bisa menyehatkan tubuh sahabat tani. Tidak hanya itu, srikaya yang sudah matang memiliki manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun perlu diingat, konsumsilah srikaya secukupnya saja.

Manfaat Srikaya bagi Kesehatan

Buah srikaya dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bagi kesehatan, rambutan juga memiliki manfaat bagi kecantikan untuk wanita. Hal ini karena di dalam rambutan, terdapat berbagai macam kandungan yang bisa membuat sahabat tani terhindar dari penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi srikaya setiap hari.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah srikaya pertama adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam srikaya terdapat kandungan tembaga dan serat yang sangat banyak. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah ini, akan membuat proses buang air besar sahabat tani menjadi lancar kembali. Dengan begitu, sistem pencernaan dalam tubuh sahabat tani menjadi sehat.

Menguatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat srikaya kedua adalah menguatkan sistem imunitas tubuh. Dalam buah ini, mengandung vitamin C yang sangat banyak. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh sahabat tani. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam srikaya mampu menangkal radikal bebas. Dengan begitu, tubuh sahabat tani tidak mudah terserang virus.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat srikaya ketiga adalah meningkatkan kesehatan otak. Dalam buah ini, mengandung vitamin B kompleks yang cukup banyak. Kandungan tersebut dapat membuat depresi, stres, dan juga emosi dalam otak menjadi turun. Dengan begitu, dapat membuat otak sahabat tani menjadi lebih sehat. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi srikaya setiap hari agar sel otak lebih sehat.

Menyehatkan Rambut dan Kulit

Manfaat srikaya keempat adalah menyehatkan rambut dan kulit. Srikaya kaya vitamin A yang baik untuk tubuh. Dengan adanya kandungan tersebut, dapat membuat kulit sahabat tani menjadi sehat dan juga lembab. Tidak hanya itu, dalam srikaya juga terdapat kandungan vitamin B dan C yang dapat membuat rambut sahabat tani menjadi cantik dan indah.

Mempercepat Proses Penyembuhan Infeksi Kulit

Manfaat srikaya kelima adalah mempercepat proses penyembuhan infeksi kulit. Dalam buah ini, kaya akan vitamin A yang dapat membuat kulit meregenerasi dengan cepat. Dengan begitu, infeksi kulit yang sahabat tani derita akan segera sembuh. Tidak hanya itu, srikaya juga dapat membentuk ligamen, tulang rawan, dan tendon. Oleh sebab itu, konsumsi srikaya setiap hari.

Menjaga Kesehatan Kandungan

Manfaat srikaya keenam adalah menjaga kesehatan kandungan. Buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pada sistem otak, saraf, dan sistem imunitas tubuh janin dalam kandungan dengan efektif. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi srikaya setiap hari dapat meminimalisasi kelahiran bayi secara prematur, resiko keguguran, dan juga nyeri ketika melahirkan.

Menajamkan Penglihatan

Manfaat srikaya ketujuh adalah menajamkan penglihatan. Dalam buah ini, memiliki kandungan vitamin C, B2, A, dan riboflavin. Kandungan tersebut dapat membuat mata menjadi lebih sehat dan tajam. Tidak hanya itu, kandungan gizi dalam srikaya dapat menangkal radikal bebas dan juga berbagai alergi yang sahabat tani alami. Oleh sebab itu, konsumsi srikaya setiap hari.

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat srikaya kedelapan adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Dalam buah ini, memiliki kandungan kalium dan natrium yang cukup banyak. Kandungan tersebut berguna untuk menstabilkan dan mengontrol tekanan darah manusia. Tidak hanya itu, srikaya juga mengandung magnesium yang dapat menurunkan risiko stroke dan melancarkan pergerakan otot jantung.

Menyembuhkan Anemia

Manfaat buah srikaya kesembilan adalah menyembuhkan anemia. Zat besi di dalam srikaya, sangatlah banyak. Tidak hanya itu, kandungan tersebut dapat mengobati asam urat akibat kolesterol. Oleh sebab itu, bagi sahabat tani yang memiliki riwayat penyakit anemia, sangat disarankan untuk mengonsumsi srikaya secara teratur.

Membunuh Sel Kanker

Manfaat srikaya kesepuluh adalah membunuh sel kanker. Dalam buah ini mengandung alkaloid dan acetogenin yang cukup banyak. Kandungan tersebut berguna untuk membunuh sel–sel kanker yang ada dalam tubuh. Tidak hanya membunuh, kandungan tersebut juga bisa menghambat pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Zat Racun dalam Srikaya

Srikaya memiliki zat racun yang terletak pada bagian bijinya. Dalam biji srikaya, terdapat kandungan racun berupa resin dan annonain. Biasanya, bagian biji srikaya diolah menjadi pestisida untuk membasmi hama tanaman. Oleh sebab itu, dalam proses pembuatan pestisida dari biji srikaya harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Pembuatan pestisida dari biji srikaya juga harus dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dalam bidangnya. Hal ini bertujuan agar pestisida tersebut tidak meracuni manusia dan tanamannya. Tidak hanya diolah menjadi pestisida, terkadang bagian lain dari srikaya diolah menjadi ramuan herbal. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi herbal dari srikaya ini.

Bagi sahabat tani yang sedang hamil, dilarang untuk mengonsumsi ramuan herbal yang diolah dari bagian–bagian srikaya. Mulai dari bagian akar, biji, daun, hingga buahnya juga. Hal ini karena ditakutkan bisa membuat Anda sakit. Usahakan untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan, agar tidak terjadi hal buruk pada sahabat tani.

Buah srikaya memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, sahabat tani dapat mengonsumsi srikaya agar terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa dalam srikaya terdapat bagian biji yang mengandung racun. Dengan begitu, sahabat tani harus berhati–hati saat makan srikaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *