Kopi Tubruk, Kopi Nikmat Khas Indonesia

Diposting pada

Minuman kopi selalu menjadi jenis minuman yang enak dan nikmat disajikan dengan cara apapun. Ada banyak kopi khas Indonesia yang bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya yaitu kopi tubruk, kopi ini merupakan kopi hitam dengan penyajian paling sederhana. Sahabat tani, bisa menikmati kopi hitam tubruk ini sambil bersantai di rumah.

Sejak dahulu, orang-orang Indonesia sudah mengkonsumsi kopi hitam. Tak heran bila hampir setiap daerah di Indonesia mampu menghasilkan kopi yang khas dari daerahnya masing-masing. Hingga saat ini kopi hitam tubruk telah menjadi salah satu warisan budaya dari Indonesia. Menurut orang Indonesia sendiri, penyajian kopi dengan cara ditubruk ini menghasilkan karakter kopi yang sesungguhnya.

kopi tubruk
Sumber : Kompas

Apa yang Dimaksud dengan Kopi Tubruk?

Bagi Anda yang masih awam soal perkopian atau tidak terlalu suka minum kopi, mungkin belum terlalu paham tentang kopi tubruk ini. Kopi hitam tubruk adalah sajian khas Indonesia yang cara menyajikannya sangat simpel dan mudah karena tidak diperlukan alat-alat khusus saat membuat kopi hitam tubruk.

Anda hanya tinggal memasukkan bubuk kopi ke dalam gelas, lalu seduh dengan air panas. Kopi hitam tubruk ini sebenarnya lebih nikmat jika disajikan tanpa gula karena kekhasan kopi hitamnya akan lebih terasa. Namun, bagi sahabat tani yang senang menyeduh kopi hitam tubruk plus gula bisa juga menyajikannya sesuai selera.

Metode awal munculnya kopi hitam tubruk ini yaitu di daerah Jawa dan Bali. Kemudian beberapa daerah lain di Indonesia pun mulai menanam dan membudidayakan kopi. Hingga akhirnya, kopi hitam tubruk ini dapat dinikmati oleh banyak orang di Indonesia. Tak terkecuali di kedai-kedai kopi pada umumnya. Cara membuat kopi hitam tubruk, menjadi metode paling tua dalam sejarah minuman kopi di Indonesia.

Menurut sejarah, awal mula muncul metode seduh pada kopi hitam tubruk ini yaitu dengan diperkenalkan oleh para pedagang yang berasal dari Timur Tengah di zaman dahulu tepatnya zaman kolonial Belanda. Kopi hitam tubruk ini dibuat langsung bersama ampas kopi nya. Cara membuatnya bebas atau disesuaikan dengan selera Anda saat menikmati kopi.

Keunikan rasa dari metode tubruk dalam membuat kopi hitam ini ada pada body dan richnessnya. Durasi waktunya pun berlangsung lama karena bubuk kopi yang dimasukkan ke dalam air panas akan menghasilkan rasa yang cukup kuat. Maka banyak sekali penikmat kopi yang lebih memilih metode tubruk dalam meminum kopi.

Baca Juga :

Cara Membuat Kopi Hitam Tubruk

Lalu, bagaimana cara membuat kopi khas Indonesia ini? Caranya tentu sangat mudah dan cepat. Walaupun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya rasanya enak dan menghasilkan rasa yang kuat. Cara membuat kopi yang sama, akan menghasilkan rasa yang berbeda. Untuk itu, Anda harus memerhatikan perbandingan antara kopi, air, dan gula dengan tepat.

Begini cara menyeduh kopi tubruk agar hasilnya enak dan nikmat :

Siapkan Air Seduhan

Dalam penyeduhan kopi hitam tubruk, jumlah air panas yang digunakan sekitar 90% banyaknya, sehingga suhu panas pada airnya pun harus tepat. Menurut para penikmat kopi, air panas rebusan dan air mineral biasa hasil rasanya akan berbeda.

Panaskan air hingga suhunya mencapai 90o C, tetapi jika sahabat tani tidak memiliki pengukur suhu maka didihkan saja air sampai benar-benar mendidih kemudian diamkan sampai sekitar 2 menit.

Pilih Jenis Kopi yang akan Diseduh

kopi tubruk bubuk
Sumber : Blanja

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis kopi yang berasal dari Indonesia. Misalnya saja kopi gayo, kopi kintamani, kopi sumbawa dan masih banyak lagi. Sahabat tani hanya tinggal memilih kopi mana yang disukai atau kopi dengan kualitas rasa yang sangat baik.

Kemudian pilih biji kopi yang masih terasa segar, lalu sangrai hingga matang. Lebih baik, Anda tidak menggunakan kopi yang sudah disangrai dalam waktu lebih dari dua bulan. Setelah itu, Anda bisa menggiling kopi tersebut, giling sampai seluruh bagiannya menjadi halus atau standar medium.

Tak Usah Menggunakan Alat Seduh

Cara membuat kopi tubruk seduh ini tidaklah sulit. Alat yang Sahabat Tani butuhkan hanyalah teko, panci, serta sendok saja. Kopi hitam tubruk ini tidak membutuhkan mesin penyeduh. Bahkan cara menggiling biji kopinya pun bisa dengan cara manual saja.

Rasio Air dan Kopi

Pada tahap inilah, Anda harus membuat perbandingan yang tepat antara air dengan bubuk kopi itu sendiri. Walaupun perbandingan ini bisa disesuaikan lagi dengan selera Anda, misalnya apakah lebih suka kopi kental atau cenderung cair. Namun jangan membuat kopi terlalu encer karena akan menghilangkan rasa kopi itu sendiri.

Perbandingan rasio air dan kopi ini sekitar 1:15. Misalnya ambil 20 gr kopi lalu campurkan dengan air panas sekitar 300 ml. Hasil perbandingan air dan kopi tersebut, akan lebih enak dan nikmat.

Waktu Penyeduhan

Waktu dalam menyeduh kopi tubruk ini juga sangat penting. Waktunya sekitar 4 menit saja. Pertama-tama basahi kopi dengan air panas sekitar 30 menit saja, kemudian siram kopi perlahan-lahan sampai kekentalannya pas. Kini, Anda bisa menikmati kopi hitam tubruk spesial.

Cara Meminum Kopi Tubruk Agar Lebih Nikmat

Setelah mahir membuat/menyeduh kopi hitam tubruk dengan perbandingan yang tepat, kini saatnya sahabat tani meminum kopi ini dengan cara tepat. Ada beberapa kaidah pokok dalam menikmati kopi ini, di antaranya yaitu :

Menyajikannya Tanpa Gula

Untuk merasakan rasa yang khas dan karakter dari jenis kopi yang Anda pilih, sebaiknya kopi hitam tubruk ini disajikan tanpa gula. Apalagi terlalu sering mengonsumsi kopi dengan gula juga tak baik untuk kesehatan.

Cara Meminumnya adalah Diseruput dan Bukan Disedot

Cara paling enak dalam menikmati kopi jenis apapun adalah dengan diseruput, bukan disedot menggunakan sedotan. Apalagi jika kopi disajikan hangat/panas. Meskipun sekarang sudah tersedia sedotan berbentuk pipih yang khusus digunakan untuk minuman panas, tetapi cara paling nikmat dalam meminum kopi tubruk adalah dengan menyeruputnya.

Seruput pelan-pelan dan sedikit demi sedikit saja, setelah Anda menelan kopi tersebut hembuskan napas supaya rasa nikmatnya sampai ke ujung kepala.

Baca Juga :

Dinikmati dengan Santai atau pada Acara Santai

Menikmati kopi dengan terburu-buru tentu akan membuat rasa kopinya kurang enak karena minum kopi itu harus pada suasana santai. Budaya ngopi orang Indonesia adalah dengan dibarengi obrolan santai. Lain halnya dengan penikmat kopi asal Italia yang cenderung menghabiskan langsung kopi espresso yang mereka konsumsi.

Jika menyesap kopi sambil berdiskusi maka sahabat tani akan menyerap sari kopinya dengan baik. Jadilah penikmat kopi yang sejati.

Dari sekian banyak cara menyajikan kopi, menurut orang Indonesia asli memang menyajikan kopi tubruk dengan metode seduh adalah cara paling baik. Sesuai sekali dengan budaya Indonesia itu sendiri dalam menikmati kopi. Secangkir kopi hitam tubruk alami akan mengubah hari-hari Anda menjadi lebih tenang dan santai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *