Kopi Robusta Mengenal Karakteristik dan Jenisnya

Diposting pada

Kopi menjadi salah satu komoditas paling menjanjikan dari Indonesia. Indonesia sebagai penghasil kopi yang bisa diekspor ke berbagai dunia. Banyak jenis kopi yang bisa dinikmati. Salah satu jenis kopi yang paling populer adalah kopi robusta. Sebagai pecinta kopi, tentu nama kopi ini bukan hal yang asing.

Pasalnya kopi ini cukup diminati di hati pecinta kopi itu sendiri. Robusta dikenal dengan nama “robust” yang berarti lebih kuat. Hal ini sesuai dengan gambaran pohon robusta yang memang kuat posturnya. Bukan hanya itu saja, pohon ini juga mempunyai kekentalan yang kuat. Pohon robusta bukan termasuk spesial karena turunan spesies Coffea canephora.

Kopi Robusta
Sumber : shopee

Informasi Mengenai Kopi Robusta

Robusta bisa hidup di dataran rendah. Meskipun demikian, lokasi terbaik untuk bisa membudidayakan tanaman kopi ini adalah di ketinggian antara 400 hingga 800 meter dpl. Suhu terbaik untuk pertumbuhan pohon ini adalah di angka 24 celcius hingga 30 celsius. Selain itu, curah hujan yang dibutuhkan supaya tumbuh dengan baik ada di 2000 hingga 3000 mm per tahun,

Melihat kualifikasi tumbuhnya, kopi ini sangat bagus jika ditanam di daerah tropis yang memiliki iklim basah. Dengan budidaya terus-menerus di umur 2,5 tahun. Agar pohon kopi bisa berbuah dengan baik, tanaman membutuhkan waktu kering sekitar 4 bulan dalam satu tahun dengan musim hujan beberapa kali.

Tanaman kopi robusta membutuhkan tanah yang kaya akan bahan organik dan juga tanah yang sedikit gembur untuk daerah tanamnya. Tingkat keasaman tanah yang disarankan untuk budidaya kopi ini adalah 5,5 hingga 6,4. Kopi jenis ini disarankan untuk dibudidayakan di bawah naungan pohon lain agar lebih maksimal perkembangannya.

Karakteristik Kopi Robusta

Cabang yang berfungsi untuk proses reproduksi kopi ini tumbuh dengan tegak lurus. Buah kopi yang dihasilkan cabang primer tumbuh agak mendatar. Cabang primer tersebut cukup lentur sehingga tajuk berbentuk payung sangat jelas terbentuk. Bentuk daunnya sedikit membulat mirip dengan telur di ujung daun runcing.

Tanaman kopi terkenal ini biasanya sudah mulai berbunga di usia 2 tahun pasca penanaman kopi. Bunga yang tumbuh sangat terlihat pada bagian ketiak cabang primer. Setiap ketiak tersebut setidaknya ada 3 hingga 4 kelompok bunga. Bunga kopi biasanya mulai bermekaran pada awal musim kemarau. Beda dengan kopi arabika, kopi ini biasanya melakukan penyerbukan secara menyilang.

Buah kopi yang masih berusia muda nantinya berwarna hijau. Kemudian setelah masak akan berubah menjadi warna merah. Meski sudah matang, buah robusta terus menempel dengan kuat di bagian tangkainya. Jangka waktu hingga kopi berbunga yaitu 11 hingga 12 bulan sebelum masa panen dimulai.

Tanaman kopi ini mempunyai perakaran yang cukup dangkal. Jadi tidak heran jika memerlukan tanah yang subur dan juga kaya akan kandungan organik. Sahabat tani tentu harus memenuhi kebutuhan tersebut supaya perkembangan kopi bisa maksimal dan memberi hasil yang bagus nantinya. Berikan pupuk secara teratur pada kopi robusta.

Baca Juga :

Jenis-jenis Klon pada Robusta

Secara umum, kopi ini bukan termasuk spesies karena hasil turunan dari spesies utama Canephora. Karena alasan inilah, sumber bibit dari tanaman ini bukan disebut sebagai varietas tapi disebut sebagai klon. Mirip dengan varietas arabika, klon robusta di Indonesia dikembangkan dan dibudidayakan oleh Puslot Koka. Berikut jenis klonnya

Klon BP308

Bisa disebut ini adalah klon tanaman terbaik karena unggul terhadap nematoda dan bisa bertahan cukup lama. Keistimewaan klon robusta ini adalah tidak terlalu membutuhkan tanah yang subur. Jadi bisa dikembangkan di tanah yang notabennya kurang subur. Klon ini disarankan menjadi batang bawah. Sedangkan batang atas kopi bisa disambung dengan memanfaatkan agroklimat setempat.

Klon BP42

Klon kopi robusta ini mempunyai produktivitas 800-1200 kg/ha/tahun. Bentuk tubuhnya sedang dan banyak cabang di dalamnya. Ruasnya juga sedikit pendek dan tidak terlalu panjang seperti klon lain. Buah yang dihasilkan dari kopi ini cukup besar dengan dompolan yang rapat.

Klon SA436

Klon ini produktivitas tanamannya cukup tinggi karena mencapai 1600 hingga 2800 kg/ha per tahun. Bentuk biji yang dihasilkan dari klon ini agak kecil dengan ukuran yang sama sekali tidak sama.

Klon BP234

Klon ini produktivitas tanaman cukup rendah karena ada di angka 800 hingga 1200 kg/ha/tahun. Perawakan klon ini ramping yang dilengkapi dengan percabangan yang lentur dan juga panjang. Setiap butiran buah juga agak kecil tapi dengan ukuran yang juga tidak sama.

Kopi Robusta
Sumber : Bukalapak

Merek Kopi Robusta Yang Paling Banyak Dijual

Ada berbagai merek kopi jenis robusta yang dijual di pasaran indonesia. Tentunya setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan berbeda. Hadirnya berbagai kopi ini berasal dari daerah di Nusantara. Adapun merek kopinya sebagai berikut:

Kopi Lampung

Lampung memang terkenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Hal ini bisa dilihat sendiri dari banyaknya kopi yang dihasilkan. Kopi lampung adalah salah satu kopi jenis robusta terbaik dan terpopuler di Indonesia. Penjualan kopinya juga tidak main-main karena bukan hanya di Indonesia saja tapi sudah meluncur ke luar negeri.

Jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang kenal dengan kopi asal Lampung ini. Kopi lampung dari biji robusta ini ditanam pada ketinggian 600 mdpl. Dengan letak daerah, kondisi tanah, dan iklim yang terbaik membuat kualitas kopi yang dihasilkan juga mempunyai cita rasa beda dengan kopi lainnya.

Baca Juga :

Robusta Dampit Malang

Jika mencari kopi robusta yang unik dan nyentrik, Robusta dampit malang bisa menjadi pilihan terbaik. Sesuai namanya, kopi ini asalnya dari Kecamatan Dampit, Malang. Daerah ini terkenal sebagai daerah yang mampu menghasilkan kopi terbaik di Indonesia. kenikmatan kopi yang dihasilkan daerah ini bisa membuat sahabat tani semakin sulit lepas dari minuman kopi.

Bukan hanya terkenal di Indonesia saja, kopi ini juga terkenal di mancanegara, khususnya Eropa. Kopinya mempunyai rasa yang spesial. Pasalnya, kopi ini perlu ditanam di lokasi subur dengan ketinggian 800 mdpl.

Robusta Bali Tabanan

Bagi Anda yang mencintai kopi, kurang lengkap jika belum mencicipi berbagai produk kopi asal Bali. Contoh produk kopi yang dimaksud adalah robusta bali tabanan. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan aroma wangi yang sangat menggoda.

Belakangan, kopi ini terus dikembangkan setiap rasa yang dihadirkan sehingga membuat pecinta kopi tidak akan merasa bosan. Harga kopi ini cukup terjangkau di kantong, tapi rasanya tidak murahan. Rasakan sensasi kopi asal Bali ini dan pasti Anda tidak akan pernah berpaling lagi. Aroma kopi sudah sangat wangi saat dipanggang.

Kopi robusta adalah salah satu kopi paling populer bagi pecinta kopi di seluruh Indonesia dan mancanegara. Rasanya yang wangi dan beda dengan kopi pada umumnya membuat kopi ini betah di lidah para pecinta kopi. Belum lagi harganya yang cukup terjangkau sehingga aman untuk kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *