Khasiat Bunga Kamboja Bagi Tubuh

Khasiat Bunga Kamboja Bagi Tubuh

Bunga Kamboja
Sumber : abahtani.com

Bunga Kamboja – Siapa yang tak tahu tentang bunga kamboja? Bunga yang kebanyakan ditemukan di pemakaman ini terkenal dengan unsur-unsur mistisnya. Padahal, bunga ini sangat indah dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Tanaman yang dapat bertahan hidup hingga ratusan tahun ini memang kebanyakan tumbuh di daerah pemakaman namun, bunga kamboja pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan  Prancis yang bernama Charles Plumier. Oleh karenanya bunga kamboja mempunyai nama latin yang disebut, Latin Plumeria.

Bunga kamboja memiliki kelopak yang besar dan memiliki berbagai warna. Pohon bunga kamboja memiliki batang yang keras dengan ketinggian 1,5 hingga 6 meter. Kebanyakan bunga kamboja yang dapat ditemui memiliki warna putih pada bagian bunganya, namun ternyata bunga kamboja juga memiliki berbagai warna lain selain putih. Diantaranya ada warna merah muda, kuning kemerahan, hitam, dan warna-warna lainnya.

Bunga kamboja merupakan bunga yang dapat tumbuh disegala kondisi baik itu kondisi panas maupun dingin. Bunga kamboja juga dikenal dengan sebutan the rose of desert atau mawar padang pasir, karena bunga kamboja dapat dengan baik tumbuh di padang pasir.

Legenda Bunga Kamboja

Legenda Bunga Kamboja
Sumber : tribunnews.com

Menurut legenda dari Sulawesi, ada gadis yang mencintai seorang pemuda. Namun pemuda yang dicintai oleh gadis tersebut sakit hingga berujung kematian. Karena kesedihannya yang berlarut-larut, gadis yang mencintai pemuda tersebut juga terkena sakit dan meninggal. Jenazahnya dimakamkan di samping makam pemuda yang dicintainya.

Dari makam gadis tersebut, muncullah pohon kamboja yang menaungi makam sang pemuda tersebut. Setiap hari, gadis yang dipercayai menjelma sebagai pohon kamboja tersebut menggugurkan bunga-bunga di pemakaman pemuda yang dicintainya sebagai tanda cinta.

Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kecantikan

Dibalik legendanya yang dapat membuat bulu kuduk berdiri, bunga kamboja ternyata memiliki peran sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi kulit. Pada bunga kamboja kita juga dapat temui kandungan vitamin E didalamnya. Tentunya vitamin E sangat berperan aktif dalam membersihkan radikal bebas yang disebabkan karena polusi dan paparan sinar matahari.

Selain itu, untuk kecantikan bunga kamboja dapat memberi efek relaksasi yang dapat mendukung regenerasi sel kulit. Bunganya dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat membuat kulit wajah lebih elastis.

Selain itu, bunga kamboja juga dapat mencegah iritasi kulit dari jerawat. Sifat anti bakteri yang terkandung dalam bunga kamboja juga mampu mencegah timbulnya jerawat yang dapat muncul di sekitar wajah.

Mengatasi Bengkak Pada Tubuh

Sering kali setiap kita melakukan aktifitas yang melelahkan ada beberapa bagian tubuh kita yang bengkak. Dari bunga, batang bahkan hingga ke akar-akarnya dapat dijadikan obat untuk mengurangi bengkak yang terjadi pada tubuh.

Bahan rendaman bunga kamboja :

  • Siapkan beberapa akar bunga kamboja
  •  Siapkan beberapa lembar daun bunga kamboja
  • 1 sendok makan garam
  • 1 liter air

Cara membuat rendaman bunga kamboja :

  1.  Rebus air hingga mendidih
  2.  Masukkan akar dan daun bunga kamboja ke dalam rebusan air
  3.  Tunggu sampai satu menit, setelah itu tambahkan garam
  4.  Tunggu hingga air berubah warna  kurang lebih lima belas menit
  5.   Air rendaman siap digunakan.

Mengobati Frambusia

Frambusia merupakan infeksi bakteri kronis yang dapat menyerang kulit, tulang dan sendi. Penyakit Frambusia dapat menyerang segala umur pasiennya. Gejala umum penyakit ini biasanya ada pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Untuk mengobati penyakit tersebut, pohon bunga kamboja dapat dijadikan alternatif sebagai obat tradisional. Karena rebusan air batang kulit pohon bunga kamboja dapat digunakan untuk mandi sehingga dapat perlahan menyembuhkan keluhan penyakit Frambusia.

Hanya dengan menumbuk kulit batang pohon kamboja dan rebus bersama dengan air hingga mendidih. Setelah itu, kulit batang pohon kamboja dapat digosok-gosokkan ke bagian tubuh dan air rebusan juga dapat digunakan untuk mandi.

Mengobati Bisul

Penyakit bisul sering dianggap lelucon oleh kebanyakan orang, padahal penyakit bisul ini merupakan hal umum yang wajar terjadi pada tubuh kita karena bakteri. Bisul dapat terjadi oleh siapa saja tanpa mengenal siapapun.

Bahan membuat obat bisul dari bunga kamboja :

  • Siapkan daun kamboja
  • Siapkan minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Siapkan segelas air

Cara membuat obat bisul dari bunga kamboja :

  1. Rebus air di panci
  2. Setelah air sudah mendidih masukkan daun kamboja
  3. Setelah daun sudah tampak lemas dan layu, oleskan minyak ke daun kamboja
  4. Saat daun masih panas, langsung tempelkan daun kamboja ke daerah bisul.

 Mengobati Kencing Nanah

Kencing nanah merupakan penyakit seksual menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada saat buang air kecil.

Bunga kamboja dapat dijadikan alternatif obat tradisional untuk mengatasi sakit kencing nanah dengan cara merebus akar pohon bunga kamboja yang sudah dicuci bersih. Lalu, setelah dibersihkan masukkan akar pohon bunga kamboja ke dalam rebusan air. Tunggu hingga air berubah warna, setelah itu diamkan beberapa saat hingga air rebusan terasa adem, dan air rebusan akar kamboja siap dijadikan obat tradisional penyakit kencing nanah.

Mengobati Sakit Gigi

Bunga kamboja juga dapat dijadikan obat untuk meredakan sakit gigi. Tidak sepenuhnya menyembuhkan sakit gigi, hanya dapat meredakan nyeri pada sakit gigi. Karena nyeri yang diakibatkan gigi berlubang dapat menghambat aktifitas sehari-sehari.

Untuk menggunakan bunga kamboja sebagai obat sakit gigi yakni dengan mengambil getah kamboja. Siapkan kapas yang sudah terkena oleh getah kamboja setelah itu tempelkan pada gigi yang berlubang.

Menghilangkan Kutil

Kutil merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada permukaan kulit. Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Virus ini menyerang pada lapisan kulit yang menyebabkan mudah menular.

Cara menggunakan bunga kamboja sebagai obat menghilangkan kutil yakni, sama seperti untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan mengambil getah kamboja setelah itu oleskan ke kutil secara merata.

Selain berkhasiat sebagai obat, bunga kamboja juga dapat dijadikan bahan dasar untuk minuman yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat inovasi dengan menjadikan bunga kamboja sebagai bahan dasar dalam pembuatan teh yang sekarang dikenal dengan teh kamboja atau tehbuja.

Tehbuja lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan dingin. Setelah itu teh juga dapat ditambahkan dengan gula atau bisa juga dikonsumsi tanpa gula tergantung selera.

Dengan mengkonsumsi Tehbuja dapat membuat tubuh merasa lebih rileks serta menurunkan tingkat setres. Mengkonsumsi Tehbuja ini juga dapat menghambat perkembangan bakteri yang menyebabkan kuman TBC.

Selain itu, untuk mengurangi tingkat setres juga dapat menggunakan bunga kamboja yang sudah kering sebagai aromaterapi. Tentunya bunga kamboja yang sudah kering ini tidak serta merta dapat langsung dijadikan aromaterapi, namun harus melalui proses tersebut sehingga wanginya dapat diterima dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *