Ketahuilah Manfaat Buah Pinang Secara Mendalam

Diposting pada

Buah pinang adalah salah satu buah yang biasa digunakan untuk nginang atau mengunyah daun sirih bersama dengan bahan tambahan lainnya. Tidak hanya digunakan untuk nginang, ternyata buah ini memiliki berbagai manfaat tersendiri bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi pinang untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.Manfaat Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang

Buah pinang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Meskipun rasa pinang sangatlah pahit, namun buah ini memiliki berbagai macam manfaat di dalamnya. Khususnya manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, pada zaman nenek moyang banyak yang mengonsumsi pinang untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Menyembuhkan Penyakit Stroke

Manfaat pinang pertama adalah bisa menyembuhkan penyakit stroke. Banyak masyarakat luas yang percaya bahwa buah ini mampu membuat tubuh pasien stroke menjadi kuat lagi. Tidak hanya itu, pinang juga bisa membuat kandung kemih pasien stroke menjadi kuat kembali. Bahkan, buah ini juga bisa membuat pasien stroke bisa meningkatkan kemampuan bicaranya.

Baca Juga :

Mengatasi Mulut Kering

Manfaat pinang kedua adalah bisa mengatasi mulut kering. Bagi sahabat tani yang memiliki masalah mulut kering, Anda bisa mengunyah pinang. Hal ini karena pinang bisa memancing air liur untuk keluar. Dengan begitu, masalah mulut kering Anda bisa teratasi dengan cepat.

Mengurangi Gejala Depresi

Manfaat pinang ketiga adalah bisa mengurangi gejala depresi. Dalam buah ini, terdapat sebuah kandungan yang dipercaya dapat menurunkan hormon kortisol. Hormon tersebut merupakan penyebab terjadinya gejala depresi dan juga stres. Oleh sebab itu, pinang banyak dicari oleh tenaga medis, untuk mengobati orang–orang yang mengidap gejala depresi dan juga stres.

Mengobati Kulit yang Terluka

Manfaat buah pinang keempat adalah bisa mengobati kulit yang terluka. Pinang ternyata bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan kulit yang sedang terluka. Tidak hanya itu, buah ini juga bisa memudarkan luka yang membekas di kulit. Sahabat tani hanya perlu mencari satu biji pinang muda, kemudian haluskan, setelah balurkan pinang tadi kepada kulit yang terluka.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat pinang kelima adalah menjaga kesehatan mulut. Pada zaman nenek moyang, pinang sering digunakan sebagai pasta gigi. Mereka hanya perlu membakar biji pinang sampai menjadi abu, kemudian abu tersebut digosokkan ke gigi. Dengan begitu, pinang dapat membuat gigi dan gusi menjadi kuat. Namun, saat ini tradisi tersebut sudah ditinggalkan seiring berjalannya waktu.

Menangkal Penuaan Dini

Manfaat pinang keenam adalah menangkal penuaan dini. Dalam buah ini, terdapat kandungan antioksidan yang dapat menangkal terjadinya radikal bebas. Sehingga, bila sahabat tani bisa mengonsumsi pinang secara terus menerus, maka akan membuat Anda menjadi lebih awet muda. Hal ini karena pinang bisa mengurangi kerutan pada wajah dan bisa mencerahkan kulit.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat pinang ketujuh adalah bisa meningkatkan stamina tubuh. Dalam buah ini mengandung alkaloid yang bisa meningkatkan adrenalin dalam tubuh. Tidak hanya itu, pinang juga dapat membuat sahabat tani menjadi lebih tenang, waspada, dan juga memiliki rasa euforia dalam diri Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi pinang untuk meningkatkan stamina tubuh.

Mencegah Gigi Berlubang

Manfaat pinang kedelapan adalah dapat mencegah gigi berlubang. Perlu sahabat tani ketahui bahwa dalam kulit dan biji pinang bisa membuat gigi dan gusi menjadi kuat. Bahkan, pinang juga bisa menghentikan pendarahan dalam mulut akibat bakteri. Hal ini karena pinang memiliki kandungan tanin dan juga anti bakteri yang ampuh dalam membunuh bakteri dalam mulut.

Mengatasi Cacingan

Manfaat pinang kesembilan adalah dapat mengatasi cacingan. Pinang seringkali digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat cacingan. Hal ini karena dalam pinang terdapat kandungan arekolin yang ampuh dalam mengatasi cacingan, khususnya dalam membasmi cacing pita. Oleh sebab itu, sahabat tani bisa mengonsumsi pinang agar terhindar dari cacing.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat pinang kesepuluh adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Bila sahabat tani memiliki anak–anak yang malas untuk makan, Anda bisa membuatkan ramuan pinang. Hal ini bertujuan agar dapat membangkitkan nafsu makan anak–anak. Sahabat tani bisa mengambil bagian buah dan daun pinang untuk dibuat ramuan penambah nafsu makan anak.

Efek Samping Mengkonsumsi Pinang

Manfaat Buah Pinang 1Perlu sahabat tani ketahui bahwa buah pinang tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga memiliki efek samping yang bisa timbul apabila dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, bila sahabat tani ingin mengonsumsi pinang untuk kesehatan, usahakan jangan berlebihan. Tujuannya agar tidak mengalami efek samping yang berbahaya.

  1. Bila sahabat tani terlalu banyak mengonsumsi pinang, hal itu akan membuat wajah menjadi merah, pusing, dan juga demam.
  2. Bagi sahabat tani yang ingin memiliki kualitas tidur yang baik, hindari mengonsumsi pinang karena bisa menimbulkan efek insomnia.
  3. Bagi Anda yang mengonsumsi pinang dapat membuat Anda menjadi kecanduan hingga sakaw.
  4. Usahakan untuk tidak mengunyah pinang dalam waktu lama, karena akan mengakibatkan penyakit kanker mulut dan rahang, sehingga Anda tidak dapat bergerak secara bebas lagi.
  5. Pinang yang dikunyah secara terus menerus dapat membuat gusi menjadi iritasi, serta dapat mengubah warna gigi.
  6. Buah pinang yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menciptakan rasa mual, feses kemerahan, sembelit, muntah, dan juga sakit perut.
  7. Pinang yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat denyut jantung rendah dan juga cepat.
  8. Pinang yang yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat Anda menjadi gelisah secara berlebihan.
  9. Pinang yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membuat gigi menjadi merah layaknya noda.

Baca Juga :

Larangan Mengkonsumsi Pinang

Perlu sahabat tani ketahui bahwa buah pinang tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Ada beberapa orang yang memiliki kriteria tertentu, dilarang keras untuk mengkonsumsi buah ini. Hal ini karena pinang memiliki efek samping yang akan membahayakan orang tersebut.

Larangan pertama bagi pasien yang mengidap skizofrenia. Bila sahabat tani memiliki riwayat skizofrenia, sebaiknya hindari mengonsumsi pinang. Hal ini karena akan menimbulkan kaku yang terjadi pada tubuh dan juga tremor Anda.

Larangan kedua yaitu bagi pasien yang memiliki penyakit jantung. Bagi sahabat tani yang memiliki riwayat penyakit sindrom metabolik, jantung koroner, dan juga obesitas, dilarang mengkonsumsi pinang. Hal ini karena akan memicu jantung akan berdetak secara cepat.

Larangan ketiga yaitu bagi pasien yang memiliki penyakit asma. Bagi sahabat tani yang memiliki riwayat penyakit asma, dilarang mengkonsumsi pinang. Hal ini karena bisa membangkitkan gejala asma yang dimiliki.

Larangan keempat bagi pasien yang memiliki ketergantungan dengan obat dokter. Bila sahabat tani sedang bergantung dengan obat dokter, hindari mengkonsumsi pinang. Hal ini karena dapat menghambat proses kerja suplemen tersebut. Dengan begitu, akan membuat penyakit yang sahabat tani derita tidak kunjung sembuh.

Larangan kelima bagi  yaitu ibu hamil. Bila sahabat tani sedang hamil, Anda dilarang mengkonsumsi pinang. Hal ini karena akan membuat bayi lahir secara prematur. Bila kondisi ini terjadi, maka kemungkinan besar bayi akan memiliki keterbelakangan mental.

Buah pinang memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, di samping  berbagai macam manfaat yang dimiliki tersebut, terdapat efek samping yang akan timbul setelah mengonsumsinya. Khususnya bila sahabat tani terlalu banyak mengonsumsi buah tersebut. Oleh sebab itu, usahakan konsumsi pinang secukupnya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *