Kandungan dan Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

Diposting pada

Kayu secang yang memiliki nama latin Caesalpinia sappen L, sudah sejak dulu dipercaya sebagai obat tradisional yang sangat mujarab. Manfaat kayu secang sangat beragam, terutama bagi kesehatan. Berbagai macam penyakit, dipercaya dapat disembuhkan dengan tanaman kayu secang ini. Akhir-akhir ini tumbuhan tersebut kembali populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Manfaat Kayu Secang
Manfaat Kayu Secang

Kandungan Kayu Secang

Kayu secang merupakan tanaman yang tergolong pohon berduri dengan daun yang kecil, sedangkan buahnya berwarna hijau atau serupa dengan petai china. Akan tetapi, buah secang ini akan mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan ketika sudah matang. Selain itu, secang memiliki bunga yang berwarna kuning atau oranye pada pucuknya.

Kayu secang terkenal dengan kandungannya yang sangat beragam dan kaya. Berbagai manfaat yang dimilikinya pun berasal dari intisari kayu secang itu sendiri. Daun dari tanaman kayu secang mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti flavonoid, alkaloid, brasilein, brazilin, tanin, antrakinon, terpenoid, dan saponin.

Bagian batang kayunya memiliki kandungan senyawa asam galat, oscimene, delta-a phellandrene, resorsin, minyak atsiri, dan resin. Zat-zat tersebutlah yang membuat kayu secang memiliki berbagai kegunaan, serta manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tumbuhan secang ini tumbuh subur di daerah-daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan India. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan kayu secang sebagi obat tradisional. Bagian yang diambilnya yaitu bagian dalam dari batang secang itu sendiri. Isian batang tersebut, dipercaya memiliki khasiat yang sangat besar.

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan

Berbagai kandungan yang dimiliki kayu secang, merupakan bahan aktif yang dapat mengatasi beberapa penyakit yang mengganggu. Sebagai bahan alami, kayu secang sangat diandalkan untuk menjadi obat alternatif atau obat tradisional. Selain itu, tak jarang kayu secang dijadikan sebagai bahan tambahan dalam obat-obatan.

  • Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Manfaat pertama dari kayu secang, yaitu sebagai antimikroba. Hal itu karena adanya kandungan methanol dalam kayu secang, yang bisa menghambat pertumbuhan dan kehidupan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti infeksi kulit, infeksi persendian, sampai keracunan makanan.

Infeksi yang disebabkan bakteri Staphylococcus dapat menyebabkan penyakit menular. Berdasarkan suatu penelitian, kayu secang mampu untuk meningkatkan kinerja dari sistem pertahanan tubuh untuk mengatasi berbagai jenis mikroorganisme. Bakteri Basilus Subtilis penyebab muntaber atau Gastroenteritis, Salmonella Typhi penyebab tifoid, dan bakteri Eschericia coli penyebab diare.

  • Mengatasi Alergi

Selain untuk antimikroba, kayu secang dapat digunakan untuk antialergi. Kandungan senyawa kalkon yang terdapat dalam kayu secang, membuatnya memiliki sifat untuk mengatasi alergi yang timbul. Caranya, sahabat tani hanya perlu megonsumsi air rebusan dari secang ini dengan rutin. Hal tersebut dilakukan agar efek alergi dapat lemah atau bahkan hilang.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kayu secang memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi. Artinya, tanaman tersebut dapat menangkal atau mencegah terjadinya peradangan. Kayu secang dapat menghambat pertumbuhan hyaluronidase, yaitu sesuatu yang akan menimbulkan peradangan pada tubuh.

  • Memiliki Antioksidan

Teh merupakan bahan yang diketahui memiliki antioksidan yang tinggi. Namun, ternyata kayu secang juga memiliki kandungan yang sama, yaitu kaya akan antioksidannya. Untuk mengkonsumsi teh, Anda akan mengelami efek kecanduan seperti halnya kopi. Tetapi, kayu secang aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, jadi sahabat tani tidak perlu khawatir akan efek samping.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Imunitas atau daya tahan tubuh adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dijaga. Terlebih lagi, di musim virus seperti sekarang ini, imunitas tubuh menajdi penting dalam mempertahankan kesehatan sahabat tani semua. Salah satu cara mudah untuk mempertahankan imunitas tubuh, yaitu dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan kayu secang.

Kayu secang dipercaya memiliki kandungan felonik dan flavonoid. Zat tersebut berperan sebagai antioksidan. Dengan antioksidan yang tinggi, imunitas tubuh Anda akan terjaga dan terhindar dari rusaknya sel-sel karena oksidasi. Selain antioksidan, kandungan brazilin juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mencegah Kejang-Kejang

Selanjutnya, kayu secang memiliki kandungan antikonvulsan. Zat ini memiliki kemampuan untuk mestabilkan rangsangan sel-sel saraf, agar tidak terjadi kejang. Antikonvulsan ini juga memiliki fungsi sebagai pereda nyeri yang disebabkan oleh gangguan neuropati atau saraf. Oleh karena itu, kayu secang sangat dianjurkan untuk pengobatan bagi penderita epilepsi.

  • Mengatasi Penyakit Gula

Kandungan senyawa brazilin yang terdapat dalam kayu secang, mampu membantu dalam penurunan gula darah. Selain brazilin senyawa kaesalpin P, protosappanin A, dan sappankalkon dapat menghambat produksi dari enzim aldose reduktasi yang menyebabkan penyakit diabetes. Dengan begitu, kayu secang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes supaya kadar gula darahnya normal.

Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, kayu secang juga mampu menjaga fungsi hati agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dalam penelitian, kayu secang dapat meningkatkan produksi glukosa pada tikus dengan kasus hipoglikemia. Hipoglikemia ini merupakan keadaan kadar gula darah di bawah batas normal.

  • Mengatasi Tumor

Kandungan ekstrak air dalam batang kayu secang, dipercaya dapat membantu mencegah perkembangan sel tumor dengan tambahan 50% etanol. Dengan begitu, jika sahabat tani memiliki penyakit tumor, maka gunakanlah kayu secang ini sebagai pengobatan herbal. Seperti yang umumnya diketahui bahwa tumor merupakan perkembangan sel yang tidak normal.

  • Menangkal Radikal Bebas

Kayu secang memiliki kandungan flavonoid yang tinggi, zat ini dipercaya mampu untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, fungsi flavonoid dapat meningkatkan vitamin C dalam tubuh, serta memiliki antibiotik alami. Zat tersebut juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan kekebalan tubuh, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

Olahan Kayu Secang untuk Kesehatan

Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh kayu secang ini, banyak orang yang menggunakan kayu secang sebagai bahan pembuatan berbagai produk kesehatan. Bahkan sudah sejak dulu, kayu secang digunakan sebagai bahan jamu atau minuman tradisional. Cara megolahnya juga tidak terlalu sulit, sahabat tani dapat melakukannya dengan mudah sendiri.

  • Dicampurkan Dengan Minuman

Tidak hanya jahe dan kayu manis yang dapat dicampurkan ke dalam minuman, tanaman kayu secang juga bisa dicampurkan, sehingga menjadi minuman tradisional. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dalam mengolah kayu secang. Sahabat tani hanya perlu memotong kayu secang menjadi bagian-bagian kecil, kemudian campurkan ke dalam teh, wedang secang, atau bandrek

  • Dibuat Sebagai Obat

Cara lain untuk mengolah kayu secang, yaitu dengan mengolahnya sebagai obat. Kayu secang memiliki berbagai manfaat, karena kandungannya yang sangat banyak. Cara pengolahannya bisa dijadikan obat, yaitu dengan memotong-motongnya, kemudian merebus potongan tersebut dalam air hingga mendidih.

Sahabat tani akan merasakan manfaat yang luar biasa, dengan mengonsumsi olahan-olahan dari kayu secang. Mengingat manfaatnya yang sangat banyak dan kandungannya yang melimpah. Berbagai penyakit dapat teratasi dengan baik oleh kayu secang ini, asalkan dalam mengonsumsinya harus teratur dan rutin, supaya manfaat kayu secang dapat bekerja maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *