Jenis-Jenis Bunga Anggrek Yang Wajib Punya

Jenis Bunga AnggrekSering kita mendengar atau melihat nama bunga anggrek. Nama bunga anggrek sering kali dijadikan nama untuk jalanan di perumahan atau jalanan umum lain.

Selain itu, nama bunga anggrek juga sering dijadikan nama untuk kamar rawat inap di rumah sakit swasta maupun rumah sakit pemerintah.

Nama bunga anggrek kerap kali digunakan dimana-mana. Namun. Dibalik namanya yang indah, ternyata bunga anggrek juga memiliki jenis-jenis bunganya yang lebih indah. 

Bunga anggrek termasuk ke dalam tanaman hias yang memiliki beragam jenis bunga yang indah. Bunga anggrek memiliki nama latin Orchidaceae.

Bunga anggrek juga dipercayai oleh orang zaman dahulu sebagai lambang dari kesuburan dan kejantanan.

Selain itu, bunga anggrek juga merupakan tanaman yang cukup lama yang ada di muka bumi, karena bunga anggrek merupakan tanaman tertua di bumi. Bunga anggrek mampu tumbuh hampir di semua benua. Kali ini epetani akan membahas tentang jenis bunga anggrek. 

Jenis Bunga Anggrek Berdasarkan Batang

Jenis Bunga Anggrek Simpodial 

Bunga anggrek tipe Simpodial tidak memiliki batang utama bunga keluar dari ujung batang dan tumbuh. Jenis-jenis bunga tipe simpodial sangat bermacam ragamnya serta memiliki kelopak yang indah. Bunga anggrek tipe Simpodial umumnya bersifat Epifit, yakni menumpang pada pohon lain.

Namun, walaupun menumpang pada pohon lain, bunga anggrek tipe ini tidak merugikan tanaman inangnya, hanya membutuhkan tempat untuk mendapatkan cahaya matahari. 

  • Anggrek Dendrobium

jenis bunga anggrek dendrobium
Sumber : Samudrabibit.com

Jenis bunga anggrek ini sudah sering dibudidayakan oleh masyarakat karena keindahan pada kelopak bunganya yang memiliki warna gradasi yang cantik dan bervariasi.

Bunga anggrek Dendrobium umumnya mudah dirawat serta dapat mekar dengan mudah, sehingga banyak orang memilih bunga ini sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. 

  • Anggrek Cattleya 

Anggrek Cattleya 
Sumber : Bukalapak

Bunga anggrek jenis Cattleya sering dijuluki sebagai ratu anggrek, karena anggrek jenis ini memiliki bunga yang sangat indah. Bunga anggrek jenis ini tidak bisa terlalu bertahan lama dari sinar matahari. Umumnya bunga anggrek Cattleya hanya membutuhkan sinar matahari selama 4 jam. 

Tanaman ini akan sering berbunga, karena memiliki bentuk daun yang lebar dan pendek Namun,  jenis anggrek ini juga bisa untuk jarang berbunga jika daunnya yang tumbuh panjang dan sempit.

  • Anggrek Oncidium 

jenis anggrek oncidium
Sumber : CNBC Indonesia

Bunga anggrek yang pertama kali ditemukan di Meksiko ini banyak tersebar di Florida Selatan dan tersebar juga di Amerika Selatan. Ahli botani yang bernama Olof Swartz yang pertama kali menemukan anggrek jenis ini.

Mahkota bunga anggrek jenis ini berbentuk mirip seperti pakaian penari perempuan Meksiko. Oleh sebab itu, bunga anggrek Oncidium juga dikenal dengan sebutan dancing lady

Bunga anggrek jenis ini dapat tumbuh di daerah kering sehingga tidak terlalu membutuhkan cahay untuk dapat tumbuh. 

  • Anggrek Cymbidium 

jenis anggrek cymbidium
Sumber : Youtube

Jenis Bunga anggrek Cymbidium tumbuh baik di daerah dataran tinggi yang memiliki iklim tropis sejuk dan sedang. Bunga anggrek jenis ini banyak dijumpai di negara Asia seperti China, Thailand, Vietnam, Himalaya, India dan sekitarnya. Bunga anggrek Cymbidium juga banyak dijumpai di Indonesia seperti di daerah Sumatra dan Kalimantan.

Bunga anggrek jenis ini dapat bertahan tiga bulan untuk tetap mekar. Namun, untuk tumbuh dan mekar kembali membutuhkan waktu satu tahun. 

Jenis Bunga Anggrek Monopodial

Jenis Bunga anggrek yang hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh, masuk ke dalam jenis bunga anggrek dengan bunga yang memiliki batang monopodia. Bunganya tumbuh dari ujung batang. Pertumbuhannya lurus ke atas pada satu batang. 

  • Anggrek Vanda 

anggrek vanda biru
Sumber : prasstyle.com

Bunga anggrek Vanda banyak ditemui di seluruh negara Asia Tenggara bahkan hingga ke Australia. Bunga anggrek jenis ini memiliki sifat epifit yang mana bunga anggrek Vanda membutuhkan pohon lain untuk berlindung dari sinar matahari. Bunga anggrek jenis ini tidak mengambil makanan dari pohon inangnya, tetapi menyerap dari air hujan. 

  • Anggrek Bulan 

anggrek bulan
Sumber : Detik

Anggrek bulan hanya dapat tumbuh di dalam ruangan saja. Umumnya bunga-bunga lain senang jika terkena paparan cahaya matahari, namun berbeda dengan anggrek bulan yang tidak terlalu suka terkena paparan cahaya matahari. Bunga anggrek bulan juga biasa di sebut phalaenopsis amabilis.

Anggrek bulan umumnya memiliki kelopak yang lebar dan berwarna putih, daunnya berwarna hijau tua yang berbentuk bulat memanjang. Bunga anggrek bulan cukup populer di Indonesia karena memiliki aroma yang wangi.

Fakta menarik dari anggrek bulan ini yakni bunga ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Di Jawa dan Bali bunga jenis ini dikenal dengan nama Anggrek Wulan, sedangkan di Maluku dikenal dengan Anggrek Terbang. Ada juga sebagian orang jawa menyebut bunga ini dengan sebutan Anggrek Menur. 

Jenis Bunga Anggrek Lainnya

  • Bunga Anggrek Tanah 

Bunga anggrek ini tumbuh dengan baik di tanah sehingga, bunga jenis ini dapat hidup tanpa menumpang pada pohon lain. Namun, walaupun bunga anggrek tanah dapat tumbuh dengan baik di tanah, akan tetapi jenis bunga ini tidak terlalu menyukai tanah dalam kondisi yang lembab. 

Bunga anggrek yang juga dikenal dengan sebutan spathiphyllum ini banyak di jumpai di Indonesia. Bunga anggrek tanah memang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. 

  • Bunga Anggrek Tebu

Bunga anggrek tebu merupakan bunga yang memiliki berat hampir mencapai satu ton, lebih berat daripada jenis bunga anggrek lainnya. Bunga yang pertama kali ditemukan di Papua ini masuk ke dalam kategori tanaman yang langka. Bunga anggrek tebu juga biasa disebut grammatophyllum speciosum  

Karena di kelopaknya yang berwarna kuning dan memiliki bintik-bintik, bunga anggrek tebu ini juga sering disebut anggrek macan. Fakta lainnya, bunga anggrek tebu ini dapat bertahan lama bahkan saat bunganya sudah dipotong dari batang. 

  • Bunga Anggrek Hitam

Salah satu alesan mengapa bunga anggrek ini diberi nama bunga anggrek hitam karena memiliki warna kelopak yang hitam. Bunga anggrek hitam banyak dijumpai di daerah Kalimantan Timur dan Sumatra. 

Nama latin dari bunga anggrek hitam ini bernama Coelegyne Pandurata. Sayangnya, bunga anggrek jenis ini terancam punah dan hanya dapat dijumpai di cagar alam Kersik Luay di Kalimantan Timur. 

  • Bunga Anggrek Jamrud 

Bunga anggrek jamrud merupakan jenis bunga anggrek yang sangat indah karena memiliki bentuk elips. Bunga anggrek jenis ini hanya akan berbunga di musim semi dan termasuk ke dalam kategori tanaman langka.

Bunga anggrek jamrud yang memiliki nama ilmiah Dendrobium Macrophyllum. Tanaman ini dapat dijumpai di Papua Nugini, Filipina, dan beberapa pulau di Pasifik Barat. 

Jika ingin merawat dan menanam jenis bunga anggrek yang di jelaskan di atas membutuhkan perawatan yang khusus agar bunga hias ini tumbuh dengan baik dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *