Info Mengenai Buah Langsat Manfaat dan Cara Komsumsinya

Diposting pada

Buah Langsat – Langsat merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di beberapa bagian daerah yang ada di Indonesia. Apakah sahabat tani bisa membedakan antara buah langsat dan buah duku? Langsat memiliki bentuk buah menyerupai duku dan rasanya yang menyegarkan. Langsat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satu manfaat yang terkenal adalah untuk kesehatan kulit.

Langsat merupakan buah musiman yang biasanya panen di bulan Desember. Buah ini banyak ditemukan di Sumatra, terutama di Aceh. Langsat yang terkenal di Aceh dikenal dengan nama langsat ie tarek. Namun, budidaya langsat ini cenderung diabaikan dan jika dibiarkan terus-menerus, maka langsat bisa menjadi buah yang langka.

Buah Langsat
Sumber : twitter.com

Info Mengenai Buah Langsat

Langsat merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini tumbuh bergerombol dan mempunyai rasa yang segar. Nama ilmiah dari langsat yaitu Lansium Domesticum dan berasal dari famili Meliaceae. Langsat merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Selain itu, buah ini juga dapat ditemukan di perbukitan Nilgiri, India.

Buah langsat berwarna coklat muda seperti kulit kentang dan memiliki bentuk bulat seperti buah duku, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Langsat memiliki buah daging yang berwarna putih dengan rasa yang cenderung asam dan biji yang pahit. Banyak orang yang mengatakan bahwa langsat ini memiliki rasa yang eksotis dan segar ketika buah tersebut matang.

Langsat mengandung vitamin yaitu thiamin dan riboflavin. Vitamin tersebut diketahui memiliki manfaat dalam produksi sel darah merah dan pertumbuhan tubuh. Langsat juga dipercaya dapat membantu memelihara kesehatan kulit, mata, selaput lendir, dan tengkorak, karena vitamin A yang ada di dalamnya.

Selain vitamin, buah langsat juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam langsat termasuk ke dalam antioksidan yang kuat dan bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan oksidatif pada sel tubuh bisa menyebabkan penyakit tumor dan kanker, oleh karena itu mengonsumsi langsat dipercaya dapat membantu dalam mencegah kerusakan sel.

Manfaat langsat yang banyak diketahui orang-orang adalah manfaat yang berkaitan dengan kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit langsat banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat obat yang bisa mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, gatal, ruam, dan masalah kulit lainnya. Selain itu, kulit langsat juga memiliki fungsi sebagai anti nyamuk.

Perbedaan Buah Langsat dan Buah Duku

Banyak orang yang salah mengenali langsat dan duku, sebenarnya walaupun kedua buah tersebut sulit untuk dibedakan, namun ada beberapa perbedaan antara langsat dan duku. Beberapa perbedaan langsat dan buah duku, yaitu:

  1. Kulit langsat berwarna kuning dan lebih bersih. Sementara itu, buah duku memiliki warna kuning keputihan dan terlihat lebih pucat.
  2. Tekstur kulit langsat lebih lunak. Sebaliknya, tekstur buah duku lebih keras dan ketika ditekan akan terasa lebih tebal.
  3. Daging langsat terasa lebih lunak dan mengandung banyak air. Sedangkan buah duku memiliki daging buah yang kenyal dan kering.
  4. Rasa langsat cenderung asam dan sedikit manis. Sementara itu, buah duku memiliki rasa yang lebih manis.

Manfaat Buah Langsat

  1. Sumber Serat untuk Tubuh

Serat merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan manusia. Langsat memiliki kandungan serat yang tinggi, banyak orang yang mengatakan bahwa mengonsumsi langsat dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit.

Dalam 100 gram buah langsat terdapat kandungan serat sebanyak 2 gram. Jumlah tersebut bisa memenuhi sekitar 6-8% kebutuhan serat harian untuk pria dan sekitar 8-11% kebutuhan serat harian wanita.

  1. Membantu Program Diet

Jika Anda sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan, salah satu buah yang aman untuk dikonsumsi adalah langsat. Buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh. Sehingga, buah ini aman untuk Anda konsumsi dalam program diet Anda.

Perlu sahabat tani ketahui, walaupun langsat aman dikonsumsi saat diet, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi langsat sebanyak mungkin. Ketika diet, Anda perlu memerhatikan kebutuhan kalori harian Anda. Dalam 100 gram buah mengandung 57 kilo kalori.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Langsat tidak mengandung lemak jahat atau kolesterol, oleh karena itu buah ini dipercaya bisa membantu mengontrol kadar kolesterol yang terdapat dalam darah. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang memiliki kadar serat tinggi, efektif membantu dalam hal penurunan kadar kolesterol.

Serat yang terkandung dalam langsat dapat menghambat proses penyerapan lemak jenuh yang sangat tidak baik bagi tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Sebenarnya, belum ada yang menyebutkan bahwa langsat bisa mencegah penyakit diabetes secara langsung, namun buah ini termasuk buah yang aman dikonsumsi bagi orang yang menderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam langsat akan membantu menjaga berat badan, sehingga buah ini juga baik untuk mencegah diabetes.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat langsat bagi kesehatan adalah menurunkan risiko penyakit stroke dan serangan jantung, yang termasuk ke dalam penyakit kardiovaskular. Salah satu kemampuan langsat adalah mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang termasuk faktor penyebab penyakit kardiovaskular. Kalium yang terkandung dalam buah ini juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah dan detak jantung.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Salah satu kandungan vitamin di dalam langsat adalah vitamin B kompleks, yaitu vitamin B1, B2, B3, serta folat. Vitamin B kompleks memiliki manfaat dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin B2 yang tinggi dalam buah ini juga bisa membantu dalam menjaga sistem saraf, sehingga dapat bekerja lebih baik.

  1. Membuat Kulit Menjadi Sehat

Manfaat langsat yang paling terkenal adalah dalam bidang kecantikan. Banyak produk kecantikan di Indonesia yang menggunakan ekstrak langsat sebagai salah satu komposisinya. Produk kecantikan perawatan kulit yang mengandung langsat dipercaya bisa melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain bisa mencerahkan kulit,  juga dikenal bisa mencegah penuaan kulit karena kaya akan antioksidan.

Cara Konsumsi Buah Langsat

Bagian buah yang dikonsumsi dari langsat adalah bagian daging buahnya. Sebenarnya, biji langsat tidak berbahaya, namun sahabat tani akan merasakan rasa pahit di lidah. Kulit buah langsat biasanya digunakan untuk bahan produk kecantikan. Semua orang bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung langsat, namun tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Manfaat buah ini memang ada banyak, namun sebaiknya jangan mengonsumsi langsat terlalu banyak. Kandungan gula yang ada di dalam buah ini bisa menimbulkan penyakit, jika Anda mengonsumsinya berlebihan. Untuk mendapatkan semua kebaikan yang ada di dalam langsat, lebih baik Anda mengonsumsinya secara tepat dan diimbangi dengan kebutuhan nutrisi lainnya.

Walaupun buah langsat memiliki bentuk yang serupa dengan buah duku, namun ada beberapa perbedaan yang membuat langsat dan duku berbeda. Bagi sahabat tani yang lebih menyukai buah dengan rasa segar, maka langsat merupakan buah yang cocok untuk dikonsumsi. Melihat perkembangan dunia kecantikan, rasanya buah ini memiliki peluang yang bagus di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *