Ikan Salmon dan 8 Manfaat Yang Bisa di Dapat

Diposting pada

Anda tentunya sudah tidak asing dengan nama ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini memang sejak dulu dikenal sebagai jenis ikan yang kaya sekali akan manfaat. Di dalam tubuh ikan ini terkandung beragam gizi, protein, dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan asam lemak yang sangat bagus.

Kehidupan ikan salmon sebenarnya adalah di dalam air tawar, namun dalam saat-saat tertentu salmon akan melakukan imigrasi ke air laut dan hidup dalam air laut beberapa waktu tertentu. Saat akan melakukan pengembangbiakan, ikan ini akan kembali lagi ke kehidupan awalnya yakni dalam air tawar. Inilah sebabnya mengapa filosofi salmon adalah selalu kembali ke tempatnya berasal.

Ikan Salmon
Google.com

8 Manfaat Ikan Salmon

Seperti sekilas yang telah dijelaskan di atas bahwa ikan salmon merupakan ikan dari air tawar yang kaya akan manfaat, maka kini Anda perlu tahu apa saja manfaat dari ikan imigran yang satu ini. Mengapa Anda perlu tahu? Dengan rajin mengonsumsi salmon, maka kesehatan tubuh dan fungsi organ tubuh Anda bisa berjalan lebih optimal. Lantas apa saja manfaat dari ikan yang satu ini? Simak berikut ini:

Menyehatkan Otak

Otak merupakan salah satu organ vital yang ada dalam tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa salmon merupakan jenis ikan yang punya kadar lemak atau minyak yang cukup banyak. Lemak ikan sendiri sangat bagus jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak dan rutin.

Hal ini terbukti dengan adanya sebuah penelitian yang mengatakan bahwa lemak dari salmon dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit lupa atau pikun dan mengurangi risiko demensia. Lemak yang dikandung oleh salmon juga sangat baik bagi otak, untuk melindunginya dari rasa cemas atau depresi. Secara tidak langsung, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan psikis.

Mengoptimalkan Fungsi Sel Tubuh dan Mencegah Kanker

Salmon menjadi salah satu ikan dengan kandungan omega 3 hingga 2,3 gram banyaknya. Dengan kadar omega 3 yang cukup banyak ini, dapat Anda manfaatkan untuk menjaga diri dari serangan kanker. Selain itu, kadar omega 3 pada salmon juga dipercaya dapat mengoptimalkan setiap fungsi sel yang ada dalam tubuh. Dengan begitu akan membuat tubuh Anda terlindungi dari mudahnya terserang sakit.

Menambah Massa Otot dan Menyehatkan Tulang

Salmon dikenal sebagai ikan yang punya kandungan protein cukup banyak. Dengan protein yang dikandungnya ini, salmon yang dikonsumsi dapat menjaga bahkan menambah massa otot, sehingga tubuh Anda akan terlihat lebih proporsional dan sehat. Selain menjaga massa otot, protein yang dikandung oleh salmon ini juga bisa menyehatkan tulang Anda. Dengan begini, tulang Anda akan terjaga kekuatannya.

Menjadi Menu Diet Sehat dan Ampuh

Ikan ini dikenal dapat cepat mengenyangkan perut orang yang memakannya. Bagaimana tidak, hal ini mengingat kandungan protein salmon yang tinggi. Salmon ini juga memiliki peran penting untuk mengatur metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Pasalnya, kandungan lemak pada salmon justru bisa mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh, sehingga berat badan bisa lebih terkontrol dengan baik.

Kadar Potasium dan Kalium yang Tinggi

Dibandingkan dengan buah pisang, salmon dikenal lebih banyak mengandung potasium. Jumlah kadar potasium yang ada dalam tubuh salmon adalah berkisar 18%. Sedangkan potasium dalam buah pisang hanya sekitar 10%.

Kadar potasium yang tinggi ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya. Selain kadar potasiumnya yang tinggi, salmon juga memiliki kandungan kalium yang cukup untuk menjaga tubuh Anda dari risiko serangan stroke dan tekanan darah tinggi.

Rendah Kalori, Kaya Nutrisi

Kalori yang dimiliki oleh salmon hanya sekitar 200 kalori. Dengan jumlah kadar ini, salmon termasuk ke dalam jenis ikan yang rendah akan kandungan kalori. Kadar kalori yang rendah ini tentu tidak akan menyebabkan tubuh sahabat tani menjadi gemuk tak sehat.

Soal nutrisi, salmon menjadi salah satu ikan yang sangat baik dalam kadar nutrisi yang dikandungnya. Dengan kadar nutrisi yang banyak ini, tentu kebutuhan tubuh akan terpenuhi dengan baik. Terutama bagi ibu yang sedang berada dalam masa hamil dan masa menyusui.

Kaya Antioksidan Penting

Saat melihat salmon yang sudah dimasak, tentu Anda akan melihat ada beberapa pigmen daging salmon yang berwarna merah. Pigmen merah tersebut tak lain adalah disebabkan oleh kandungan antioksidan astaxanthin yang ada di dalam tubuh salmon. Antioksidan jenis ini memang dipercaya sangat berkhasiat untuk mengurangi kolesterol jahat serta memperbaiki kadar kolesterol baik.

Dengan fungsi tersebut, antioksidan yang dikandung salmon dapat mengurangi risiko serangan jantung. Tidak hanya berfungsi bagi kesehatan jantung, antioksidan yang dikandung salmon juga sangat baik bagi kesehatan kulit dengan memperbaiki fungsi kulit yang rusak dan menambah fungsi keelastisan kulit itu sendiri.

Memberi Kesan atau Efek Hangat pada Tubuh

Ada yang mengatakan bahwa jika mengonsumsi ikan salmon di musim dingin akan memberikan kehangatan tersendiri. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena salmon yang mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Ikan ini sangat tepat bagi Anda yang membutuhkan kehangatan di musim dingin untuk memasak salmon sebagai menu makan Anda sehari-hari.

 

Ragam Menu Makanan Berbahan Salmon

Setelah belajar dan mengetahui apa saja manfaat dan kandungan bermanfaat dalam tubuh ikan salmon, maka Anda mungkin mulai mempertimbangkan untuk menjadikan ikan yang satu ini sebagai menu makan harian Anda. Namun, tahukah Anda apa saja rekomendasi masakan dari salmon yang bisa Anda buat?

Bagi Anda yang ingin memasak salmon sebagai menu makan, namun Anda tidak tahu bagaimana cara mengolahnya, maka berikut di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi masakan dari salmon yang bisa Anda praktekkan. Di antaranya adalah:

Kani Mentai

Jenis masakan yang satu ini cukup tenar di kalangan kelas atas. Bagaimana tidak, kani mentai ini banyak dijual dengan harga yang cukup mahal. Masakan ini memiliki komposisi yakni nasi daging salmon bakar, dan saus mentai.

Teriyaki salmon

Menu salmon yang satu ini juga cukup terkenal di kalangan pecinta olahan salmon. Menu ini cukup mudah dibuat. Pasalnya, Anda hanya perlu menyiapkan salmon serta saus teriyaki yang kemudian harus Anda panggang dalam beberapa menit dan dihidangkan dengan saus khusus teriyaki.

Sup Asam Kepala Salmon

Tidak hanya daging tubuhnya, kepala salmon ternyata juga bisa dan direkomendasikan untuk dikonsumsi. Dengan kepala salmon, Anda bisa mengolahnya menjadi sup asam, Menu disajikan dengan kuah asam yang gurih dan juga segar.

Salmon Panggang dengan Saus Madu

Mendengar menu ini, mungkin bagi Anda yang sering ke restoran kelas menengah atas merasa familiar dengan menu sederhana namun berkelas yang satu ini. Untuk membuat menu ini cukup mudah, Anda hanya perlu memanggang salmon hingga setengah matang dan menaburinya dengan saus saat akan disajikan.

Beberapa penjelasan mengenai ikan salmon dan beberapa rekomendasi masakan berbahan salmon di atas bisa menjadi bahan wawasan terkait perikanan untuk Anda. Terutama bagi Anda yang hobi makan dan masak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *