Cara Mengatasi Hama Tungau pada Tanaman Anda

Diposting pada

Ketika Anda adalah seorang petani atau pembudidaya tanaman, maka hama adalah musuh utama Anda. Salah satu hama yang menjadi musuh menyebalkan bagi banyak Sahabat Tani adalah tungau. Keberadaan hama yang satu ini mampu membuat tanaman Anda menjadi gugur secara tiba-tiba. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada tanaman Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara mengatasi hama yang mampu membuat daun tanaman Anda menjadi timbul bercak. Dengan mengatasinya, maka tanaman Anda bisa tumbuh sehat dan Anda tidak perlu khawatir jika harus memanen atau menjualnya.

hama Tungau Tanaman

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Hama Tungau

Hama ini biasa hinggap pada tanaman-tanaman, utamanya pada bagian daun. Jika tungau sudah berhinggap dan menyerang daun, maka akan timbul bercak yang tidak sedap dipandang mata. Selain itu, tanaman Anda bisa saja tiba tiba berubah warna menjadi kekuningan dan kemudian gugur karena hama yang satu ini.

Anda harus segera membasmi hama yang satu ini. Hal ini dikarenakan tungau mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Telur dari hewan ini mampu menetas dalam rentang waktu sekitar tiga hari saja. Indukannya mampu menghasilkan setidaknya 20 butir telur setiap harinya. Bayangkan betapa cepatnya hama ini berkembang biak dan merusak tanaman Anda.

Hewan yang telah mencapai usia dewasa akan hidup sekitar 2 hingga 4 minggu lamanya. Dengan rentang waktu penetasan yang singkat dan usia hidup yang lama, maka tidak mengherankan jika hama ini sangat membahayakan tanaman Anda. Umumnya, hama yang satu ini berkembang biak dengan pesat pada saat tanaman Anda dalam posisi kering.

Salah satu tanaman yang umumnya dihinggapi oleh hama yang satu ini adalah komoditas penting para Sahabat Tani, yakni tanaman cabai. Jika tidak diatasi, maka Anda bisa mengalami gagal panen.

Baca Juga :

Gejala dari Serangan Tungau

Gejala Serangan Tungau

Hama ini tidak langsung membuat tanaman Anda gugur dan mati. Ada beberapa gejala yang secara berkelanjutan terus menerus terlihat pada tanaman Anda. Dengan memperhatikan gejala, maka Anda harus segera melakukan penanganan khusus. Gejalanya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Serangan tungau umumnya selalu dimulai pada bagian tunas muda atau pada bagian pucuk daunnya
  2. Anda bisa memperhatikan bahwa terdapat bintik kuning yang ada pada permukaan daun tanaman Anda
  3. Jika dibiarkan dan tidak ada penanganan, bintik tersebut kemudian meluas dan menjadi berwarna kecoklatan. Setelah kecoklatan, nantinya daun akan berwarna hitam.
  4. Hingga pada tahapan yang paling parah, semua bagian daun menjadi berguguran dan akhirnya tanaman Anda mati.

Gejala awalnya sangat sering Kita abaikan. Padahal itulah ciri adanya serangan tungau pada tanaman Anda. Setelah mengetahui gejalanya, Anda harus cepat-cepat bertindak.

Cara Mengatasi Hama Tungau yang Harus Anda Ketahui

Lalu bagaimana cara mengatasi hama yang satu ini? Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh kok. Antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan penanaman yang jauh dari tanaman yang terserang

Ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan setelah satu tanaman telah terbukti terserang tungau. Anda harus segera menyelamatkan tanaman lainnya dengan cara menanam jauh dari tempat tanaman yang terserang tadi. Tetapi mungkin langkah ini lebih efektif jika digunakan untuk Anda yang menanam tanaman hias.

  1. Rotasi tanaman

Anda juga perlu melakukan rotasi tanaman. Hal ini penting dilakukan karena Anda bisa memutus rantai hidup dari hewan tersebut. Rotasi tanaman artinya menggilir tanaman yang sedang Anda tanam. Misalnya, pada musim ini Anda menanam jagung maka sebaiknya pada musim selanjutnya Anda menanam tanaman yang lainnya.

  1. Menjaga kebersihan kebun atau pekarangan Anda

Cara lainnya yang bisa Anda tempuh adalah menjaga kebersihan dari kebun Anda. Hal ini disebabkan hama yang satu ini memiliki sifat polifag. Sifat ini artinya hewan ini mempunyai banyak inang, yakni seperti rumput liar dan juga gulma.

Maka dari itu, Anda perlu menjaga kebersihan lahan tempat Anda menanam tanaman tersebut. Anda bisa mencabuti rumput liar secara teratur sehingga tidak menjadi sarang hama ini berkembangbiak.

  1. Menggunakan insektisida alami

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memberantas tungau adalah dengan membuat insektisida alami buatan Anda sendiri. Dalam hal ini, bahan bahan yang Anda butuhkan adalah:

  • Ekstrak tembakau
  • Bawang putih
  • Deterjen

Anda bisa mencampurkan ketiga bahan itu untuk instektisida alami. Anda bisa melakukan pemberian insektisida alami ini dengan jangka waktu sekitar dua hari sekali. Anda bisa melakukannya baik ketika sore atau pada pagi hari.

Insektisida alami, memang disisi lain memberikan manfaat. Antara lain adalah lebih terjaganya kesehatan tanah, tanaman, dan juga kesehatan orang dilingkungan sekitar pekarangan Anda. Tetapi yang perlu Anda ketahui, insektisida alami membutuhkan waktu yang cukup lama dalam hal memberantas hama ini.

Insektisida alami cocok bagi tanaman Anda yang belum terlalu parah terserang hama ini. Jika sudah terjadi, maka Anda bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

Baca Juga :

  1. Menggunakan insektisida kimia

Jika yang alami sudah tidak bisa mengatasi, Anda bisa menggunakan alternatif obat insektisida yang sudah dijual diberbagai toko pertanian maupun online. Yang perlu Anda perhatikan baik-baik ketika menggunakan zat kimia ini adalah, Anda harus benar benar menaati peraturan yang ada pada kemasannya.

Jangan menggunakan zat kimia ini secara berlebihan. Jika hal tersebut terjadi, maka ditakutkan akan membuat tungau menjadi kebal dan tidak lagi  bisa dibasmi dengan insektsida tersebut. Setidaknya ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui antara lain:

  • Lakukan penyemprotan dengan insektisida kimia secepat mungkin setelah Anda menemukan gejalanya
  • Sebaiknya Anda memilih menggunakan zat ini jika memang cara alami dirasa tidak lagi mampu mengatasi
  • Anda bisa menggunakan dua jenis bahan aktif secara bergantian. Hal ini dimaksutkan agar hama tersebut tidak resistan.
  • Sama seperti insektisida alami, Anda direkomendasikan untuk menyemprot pada pagi atau sore hari
  • Sesuaikan interval pemberian zat ini dengan tingkat serangan yang dialami oleh tanaman karena hama ini
  • Semprotkan zat ini dari bawah dan juga atas terutama bagian daunnya
  • Jangan lupa memastikan dosis yang Anda gunakan. Jangan membuatnya lebih ataupun kurang.

Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menemukan insektisida kimia diberbagai toko tani terdekat. Atau, dengan canggihnya teknologi sekarang bahkan Anda bisa membelinya secara online. Untuk harga Anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya harga dari pengendali hama ini murah dan terjangkau.

Kini Anda sudah memahami tentang hama tungau yang satu ini. Tentu sangat menyebalkan, bukan? Anda tidak perlu khawatir karena Anda kini sudah mengerti gejala dan juga berbagai cara untuk mengatasinya. Kunci dari bercocok tanam adalah telaten dan juga mawas terhadap berbagai hama yang mungkin merusak, yang dalam hal ini adalah hama tungau satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *