Ginseng Korea! Kenali 5 Manfaat dan Kandungan

Diposting pada

Anda pasti sudah pernah mendengar tumbuhan ginseng bukan? Ginseng adalah salah satu tanaman yang menjadi obat herbal terbaik. Jika Anda sudah tahu, setidaknya ada 12 spesies ginseng yang sudah ditemukan di dunia? Setiap ginseng memiliki nama berbeda dengan kandungan yang berbeda juga.

Contoh spesies ginseng yang paling banyak digunakan adalah ginseng korea. Jenis ginseng ini dikenal dengan sebutan ginseng Panax. Kandungan ginseng ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan ginseng ini sudah menjadi alternatif obat terbaik di berbagai pengobatan tradisional China. Artinya, kualitas tumbuhan ini sangat nyata dan terbukti.

Dahulu kala, ginseng menjadi bahan yang mampu melancarkan sirkulasi udara di dalam tubuh manusia. Tidak heran karena sifatnya yang cukup menghangatkan tubuh.

Ginseng Korea
Sumber : www.facebook.com

Kandungan Ginseng Korea yang Harus Anda Tahu

Ginseng adalah tumbuhan tradisional yang asalnya dari kawasan Asia Timur. Sahabat tani bisa mendapatkan tumbuhan ini di sekitar pegunungan Cina, Rusia dan Korea karena sangat melimpah di kawasan tersebut. Tentu namanya disesuaikan dengan lokasi ditemukannya tumbuhan ini. Jenis ginseng populer ini memiliki dua bagian yang cukup unik.

Bagian pertama adalah bagian yang tidak dikukus dan memiliki warna putih. Bagian lain ginseng adalah dikukus dengan warna yang agak kemerahan. Ginseng yang dikukus dan memiliki warna merah mengandung anti radang yang cukup tinggi karena proses pengukusan tersebut. Ginseng ini mempunyai rasa sedikit manis. Namun setelah dikonsumsi, rasanya berubah menjadi sedikit pahit dan getir.

Ginseng Korea sangat populer di kalangan pria. Tidak heran karena kandungan di dalamnya mampu menjaga keperkasaan pria supaya tidak loyo ketika berhubungan seks. Bukan hanya itu saja, kandungan didalamnya juga mampu membuat tubuh Anda bisa tetap segar saat mengonsumsinya secara teratur. Jadi tidak heran sahabat tani disarankan untuk konsumsi secara rutin.

Manfaat Ginseng Korea untuk kesehatan

Ginseng adalah salah satu tanaman obat-obatan herbal yang sudah terkenal sejak lama. Tidak heran karena tanaman ini menjadi bahan dasar berbagai obat kesehatan medis. Tidak sedikit masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan  mengkonsumsi ginseng setiap hari. Menariknya karena termasuk obat herbal, ginseng tidak memiliki efek samping sedikitpun.

Artinya, meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang, sahabat tani tidak akan merasakan efek samping. Meskipun demikian, konsumsi olahan tanaman ini secara bijaksana. Jangan terlalu berlebihan karena juga ada efek samping meskipun cukup sedikit. Lantas apa saja manfaat yang bisa dinikmati saat mengkonsumsi tanaman obat herbal ini? Anda bisa simak ulasan berikut.

Obat untuk Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi merupakan salah satu gangguan seksual yang sering menimpa pria dewasa. Disfungsi ereksi adalah gangguan karena tidak bisa kontraksi atau ereksi saat berhubungan intim. Tentu masalah ini membuat pria malu. Terlebih jika berhadapan dengan pasangan. Bagi yang punya riwayat penyakit disfungsi ereksi, ginseng korea bisa menjadi pilihan terbaik.

Tanaman herbal ini bisa menjadi obat paling mujarab untuk mengatasi berbagai permasalahan disfungsi ereksi. Anda tinggal mengonsumsinya setiap hari di pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Dengan mengonsumsi secara teratur, Anda bisa terhindar dari masalah disfungsi ereksi yang menghantui setiap saat.

Meningkatkan Libido untuk Hasrat Seksual

Hasrat seksual memiliki peran yang penting di kehidupan manusia. Tidak heran karena dengan berhubungan seks, pasangan bisa melepaskan hormon negatif yang melekat didalam tubuhnya. Sayangnya tidak sedikit pasangan yang kurang bagus hasrat seksualnya. Entah sang pria ataupun wanita, atau malah keduanya.

Dengan mengonsumsi tanaman herbal ini, Anda bisa meningkatkan jumlah libido di dalam tubuh. Sehingga hasrat untuk berhubungan seksual bisa terlaksana. Bahkan ginseng jenis ini bisa membantu kepuasan seksual meskipun pasangan sudah masuk ke fase menopause. Pilih saja ginseng merah untuk masalah seksual ini.

Mencegah Lonjakan Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes menjadi salah satu masalah penyakit yang sering menyerang usia senja. Bahkan tidak sedikit penderitanya juga masih dewasa atau bahkan anak-anak. Sahabat tani yang memiliki riwayat diabetes yang akut atau kronis bisa mengkonsumsi ginseng ini untuk pencegahan atau pengobatan rutin.

Pasalnya, ginseng ini bisa mencegah lonjakan gula darah yang diderita oleh penderita berbagai jenis diabetes segala usia. Hal ini karena kandungan senyawa ginsenoside yang ada didalamnya. Sifat antioksidan dan anti radang yang dimilikinya juga bagus untuk mencegah diabetes semakin parah.

Memperbaiki Fungsi Kognitif Tubuh

Otak adalah bagian penting untuk mengatur semua aktivitas tubuh manusia. Tidak heran jika bagian organ dalam ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sayangnya semakin bertambah usia, kemampuan otak semakin berkurang. Tidak sedikit yang mengalami penurunan memori atau masalah lainnya.

Nah, bagi yang tidak ingin menderita masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi ginseng korea secara rutin mulai sekarang. Pasalnya kandungan di dalamnya mampu membantu dan memperbaiki fungsi kognitif otak. Kandungan antioksidan yang melimpah didalamnya menjadi unsur pentingnya.

Mencegah Berbagai Penyakit Pernapasan

PPOK atau penyakit paru obstruktif adalah gangguan paru yang membuat penderita sulit untuk bernafas seperti biasa. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi semua orang. Penyakit pernapasan ini bisa diobati dengan mengonsumsi ginseng secara rutin.

Pasalnya kandungannya bisa meringankan bahkan mencegah penyakit pernapasan tersebut. Bukan hanya itu saja, ginseng juga bisa mencegah terjadinya penyakit pernapasan lain seperti flu. Sayangnya, bagi yang sudah terserang flu, Anda tidak bisa mendapat kemampuan dari tanaman herbal ini.

Efek Samping Mengonsumsi Ginseng Korea Secara Berlebihan

Setiap obat-obatan, baik herbal maupun kimia tentu mempunyai efek samping. Hanya saja efek samping yang diberikan obat herbal lebih ringan dan tidak berlangsung lama. Hal ini berbeda dengan konsumsi obat kimia yang biasanya jangka panjang. Bagi yang mengonsumsi ginseng korea, ada beberapa efek samping yang bisa didapat jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Jadi, sebelum mengonsumsinya sebaiknya untuk memperhatikan dosis. Bahkan disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter ahli terlebih dahulu. Pasalnya untuk beberapa penderita penyakit tertentu, bahkan ginseng tidak disarankan untuk dikonsumsi. Pasalnya membuat kondisi tubuh lebih parah. Lantas apa saja efek sampingnya? Simak ulasan berikut.

  1. Insomnia atau susah tidur.
  2. Sakit kepala yang lumayan lama.
  3. Menurun atau meningkatnya tekanan darah pengonsumsi.
  4. Diare terus-terusan.
  5. Mual saat mengkonsumsi makanan.
  6. Masalah menstruasi, sebut saja tidak rutin atau masalah lain.
  7. Pendarahan yang terjadi pada vagina.
  8. Nyeri di sekitar payudara.
  9. Pusing tanpa penyebab.

Selain beberapa efek samping tersebut, ada beberapa efek samping lain. Namun efek samping di bawah ini tidak terlalu sering muncul. Meskipun demikian, ada baiknya untuk memperhatikannya lebih lanjut. Berikut efek sampingnya.

  1. Detak jantung yang tidak teratur dan lebih cepat.
  2. Alergi pada tubuh seperti ruam atau pembengkakan di sekitar bibir dan wajah.

Ginseng korea adalah salah satu tanaman obat yang paling populer karena kandungannya sangat diperlukan untuk penderita berbagai penyakit. Meskipun demikian, jangan sampai mengonsumsi olahannya secara berlebihan karena membuat overdosis atau bahkan keracunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *