Budidaya Anggrek di Rumah Begini Cara Mudah dan Benar

Diposting pada

Membahas tentang pembudidayaan, sahabat tani mungkin akan berpikir bahwa orang yang melakukannya mempunyai kegemaran gardening atau berkebun dengan menanam tanaman hias. Namun tidak hanya itu saja, anggrek mempunyai daya tarik tersendiri untuk dijadikan lebih dari sekedar hobi, yaitu dapat dijadikan sebagai sebuah peluang usaha yang menarik.

budidaya anggrek
Sumber : Bukalapak

Kenyataannya, saat melakukan budidaya anggrek butuh kesabaran dan dalam perawatannya tidak boleh sembarangan. Jika tidak, maka tanaman akan mudah mati dan dapat membuat kerugian. Umumnya di dalam pertumbuhannya agar dapat berbunga dan besar, butuh waktu yang sedikit lebih lama. Sebelum memulai budidaya, sahabat tani dapat membaca artikel budidaya anggrek di bawah.

Memilih Bibit Unggul untuk Budidaya Anggrek

bibit anggrek
Sumber : Kampung Anggrek

Mempunyai tanaman anggrek yang baik dan sering berbunga, maka sahabat tani perlu untuk memperhatikan hal terpenting yaitu memilih bibit anggrek yang unggul untuk pembudidayaan. Karakteristik yang dimiliki oleh bibit unggul di antaranya adalah jumlah bunga yang dimiliki oleh indukan adalah banyak, bunga yang dimiliki besar, bunganya tidak mudah layu dan warnanya cerah.

Baca Juga :

Selain perlu memperhatikan bibit anggrek yang unggul, yang juga perlu diperhatikan agar bunga anggrek sering berbunga adalah kesehatan pada bibit. Secara genotip, ciri pada bibitnya yaitu induk yang tidak terserang hama, sering berbunga, bunga yang cerah serta tidak mudah layu. Bibit dapat diperbanyak dengan bijinya  (secara generatif) serta & memisahkan anakan pada induk (vegetatif).

Kelompok-kelompok pada Anggrek

Anggrek dibagi ke dalam dua jenis. Hal itu didasarkan pada caranya untuk hidup. Anggrek yang hidup dengan menempel tanaman lainnya adalah kelompok Epiphyt, selanjutnya jika hidupnya pada media tanam yang mempunyai tingkat kesuburan tinggi atau di tanah merupakan kelompok Terrestris. Antara jenis yang satu dan lainnya tentunya ada hal yang membedakannya.

Cara pembudidayaan anggrek dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan kelompok seperti yang berada di atas. Jenis Epiphyt dapat dibudidayakan dengan cara memindahkan bibitnya pada batang pohon lainnya agar dapat hidup dengan cara menempel. Berbeda dengan Terrestris yaitu dilakukan dengan cara memindahkannya ke dalam pot yang besar.

Memilih Lokasi untuk Menanam Anggrek

Lokasi untuk menanam anggrek harus disesuaikan pada keadaan habitat aslinya. Hal itu dapat disiasati dengan melakukan pemasangan paranet (naungan), agar kelembaban suhu yang berada di lingkungan anggrek dapat terjaga. Paranet juga berfungsi untuk pelindung anggrek dari air hujan, mengatur besarnya intensitas sinar matahari, dan pelindung dari serangan penyakit dan hama.

Kerapatan yang dimiliki pada setiap paranet berbeda, sahabat tani dapat menyesuaikan berdasarkan umur dan varietas pada anggrek. Agar anggrek dapat subur dan sering berbunga, penggunaan paranet dapat dikelompokkan menjadi berikut ini.

  1. Anggrek bulan atau anggrek Phalaenopsis, paranet yang dibutuhkan adalah 40% hingga 45%% pada budidaya anggrek
  1. Untuk paranet 55% hingga 75% dibutuhkan oleh anggrek Dendrobium.
  1. Paranet 75% hingga 100% dibutuhkan oleh anggrek sahabat tani. Sinar matahari langsung dibutuhkan oleh anggrek jenis ini pada fase pertumbuhan (vegetatif) dan fase berbunga (generatif).

Penentuan Lokasi Sesuai dengan Intensitas Cahaya

 Intensitas cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan anggrek, karena hal tersebut maka sahabat tani perlu memilih lokasi yang memiliki kecukupan intensitas cahaya matahari. Tingkat kebutuhan intensitas sinar dibagi menjadi 3 jenis, di antaranya sebagai berikut.

  1. Jenis yang pertama yaitu sinar matahari langsung harus terkena pada anggrek. Maka anggrek yang cocok untuk budidaya adalah renanthera & sahabat tani.
  1. Jenis ke-2 adalah tanaman anggrek yang dapat tumbuh dengan baik jika penempatannya tidak langsung mendapatkan cahaya matahari. Pada kondisi seperti ini, jenis anggrek yang cocok adalah dendobium, ancedium, dan anggrek cattleya.
  1. Jenis terakhir yaitu anggrek yang tidak menyukai terkena cahaya matahari. Sahabat tani bisa menempatkan anggrek ini pada tempat yang teduh. Jika mempunyai halaman rumah yang teduh, anggrek phalaenopsis dan paphiopedilum adalah pilihan jenis anggrek yang tepat.

Lokasi Ketinggian yang Harus Diperhatikan

Hal penting pada saat budidaya anggrek adalah kondisi ketinggian pot yang harus dijaga. Ketinggian anggrek mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman anggrek yang ditanam. Lokasi ketinggian pot di dalam budidaya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu ketinggian 500 mdpl, 500- 1000 mdpl, dan 1001 mdpl. Pada ketinggian 500, jenis anggrek yang cocok adalah arachnis dan sahabat tani.

Jenis anggrek cattleya, oncidium, dan dendrobium adalah jenis anggrek yang cocok ditanam pada ketinggian 500 hingga 1000 mdpl. Miltonia dan cymbidium cocok dibudidayakan pada ketinggian 1001 mdpl. Sirkulasi udara juga harus diperhatikan selain ketinggiannya.

Anggrek tumbuh dengan baik pada tempat yang mempunyai angin yang sepoi-sepoi. Kelembaban udara juga perlu untuk diperhatikan agar anggrek bisa berbunga dengan indah dan tumbuh dengan subur. Hal-hal yang sudah disebutkan di atas jangan sampai diabaikan jika tidak menginginkan budidaya anggrek mati atau memiliki pertumbuhan yang tidak bagus.

Cara Menanamnya

Penanaman anggrek memiliki cara yang hampir sama dengan tanaman hias kebanyakan. Maka sahabat tani dapat memperhatikan beberapa hal untuk cara menanamnya. Hal itu dapat berpengaruh pada pertumbuhan anggrek, agar budidaya anggrek sahabat tani dapat berbunga dan tumbuh dengan baik. Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.

  1. Faktor Lingkungan

 Faktor-faktor lingkungan yang menjadi pengaruh pertumbuhan anggrek di antaranya sebagai berikut.

    • Intensitas sinar, intensitas tersebut berkisar di antara 1500 hingga 5000 fc. Kondisi tersebut tergantung pada ukuran, umur, dan jenis tanaman.
    • Suhu, hal ini akan tergantung pada lokasinya. Pada dataran tinggi, suhu pada saat siang hari adalah 18º hingga 27º C dan ketika malam suhunya 13º hingga 18º. Pada dataran yang rendah, suhunya pada siang hari adalah 24º hingga 33ºC serta ketika malam yaitu 21º hingga 27ºC.
    • Kelembaban, persentase kelembaban yang dibutuhkan adalah 60% hingga 80%.
  1. Pemeliharaan

 Pemeliharaan yang dapat sahabat tani lakukan yaitu sebagai berikut.

    • Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan sebanyak 2 kali ketika pagi dan sore hari, dapat juga dilakukan sesuai dengan keadaan. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan merata, terutama pada bagian di bawah daun. Mengingat bawah daun adalah letak stomata berada.

    • Pemupukan

Nutrisi yang ada di dalam pupuk harus sesuai pada kebutuhan anggrek dalam hal pemupukan. Pemberiannya dapat dilakukan seminggu sekali. Pupuk dapat dikombinasikan dengan pupuk-pupuk majemuk yang telah diencerkan. Komposisi dan dosis N,P, dan K yang disesuaikan dengan fase dan umur pertumbuhan pada tanaman.

Pestisida yang digunakan harus sesuai dengan tingkat serangan dan jenis-jenis organisme pengganggu. Perlu memilih pupuk yang dapat meningkatkan daya tahan pada tanamannya serta mencegah terjadinya serangan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman. Sebaiknya Sahabat tani juga menyempatkan waktu untuk membersihkan gulma, kotoran, serta daun yang busuk di pot.

Baca Juga :

Bila budidaya anggrek sahabat tani terkena serangan hama, maka dapat menggunakan insektisida. Fungisida dapat digunakan apabila tanaman terkena serangan jamur, serta bakterisida dapat digunakan untuk mengatasi serangan bakteri. Jangan sampai mengabaikan hal-hal kecil yang dapat mengganggu pertumbuhan. Periksalah secara berkala keadaan pada anggrek.

Saat hendak memulai budidaya, hal-hal penting yang perlu diperhatikan di antaranya adalah pemilihan bibit yang unggul, kelompok tanaman anggrek yang dapat dijadikan pilihan, serta pemilihan lokasi untuk menanam dan sesuai dengan intensitas cahaya yang diterima. Hal-hal tersebut jika diperhatikan dengan baik dapat membantu budidaya sahabat tani dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *