6 Cara Mengatasi Ulat Hama pada Tanaman Hias Anda

Diposting pada

Sahabat Tani, ulat hama yang biasanya menggangu tanaman hias Anda tentu menyebalkan. Ia bukan hanya bisa mengurangi keindahan tanaman hias Anda saja, tetapi bahkan bisa membuatnya mati. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi hama tanaman tersebut.

Umumnya, dua jenis ulat yang menganggu pada tanaman hias adalah jenis Spodoptera sp dan juga Noctuidae. Kedua ulat tersebut mengganggu tanaman hias Anda yakni pada daun dan juga batangnya. Untuk menyelamatkan tanaman hias Anda, maka Anda harus segera mengambil langkah khusus untuk menanganinya.

Cara Mengatasi Ulat Hama

Cara Mengatasi Ulat Hama pada Tanaman Hias yang Harus Anda Ketahui

Mungkin selama ini yang Anda tahu, cara mengatasi hama ulat ini adalah dengan cara memberikan pestisida. Yang perlu Anda ketahui, pestisida bukanlah cara yang terbaik. Mengapa demikian? karena pada dasarnya itu merupakan zat kimia, yang mana tidak baik untuk tanaman hias Anda jika diberikan terus menerus.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ulat hama yang menjengkelkan ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda tempuh:

  1. Membuang Ulat Yang Ada

Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan bisa Sahabat Tani lakukan tanpa mengeluarkan biaya apapun. Tetapi, cara yang satu ini membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran Anda untuk memeriksa keberadaan hama ini dalam jangka waktu tertentu.

Tentunya cara ini tidak beresiko seperti halnya jika Anda memberikan pestisida pada tanaman hias Anda. Anda dapat memeriksa dengan teliti bagian batang dan juga daun, yang mana menjadi tempat favorit ulat tersebut untuk menggerogotinya.

Ketika Anda menggunakan cara ini, yang harus Anda perhatikan adalah masalah keamanan Anda. Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan atau menggunakan alat tertentu untuk mengambil ulat tersebut. Hal ini untuk menghindarkan Anda mengalami gatal-gatal akibat ulat tersebut.

Baca Juga : Mengenal Tentang Hama Wereng dan Cara Mengatasinya

  1. Memberi Bubuk Bacillus Thurigiensis (BT)

bubuk Bacillus Thurigiensis

Selain cara diatas, Anda juga bisa memberikan bubuk BT ini. Ini sebenarnya adalah suatu bubuk untuk memberantas nyamuk, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir ulat yang menghinggapi tanaman Anda.

Cara penggunaan bubuk ini cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan sedikit pada bagian tanaman yang sedang dihinggapi hama yang satu ini. Anda tidak perlu menyemprotkan keseluruh bagian tanaman karena ditakutkan akan merusak tanaman hias Anda.

Ini alternatif lain jika Anda keberatan menggunakan cara yang pertama. Bubuk ini ampuh karena mengandung bakteri gram positif yang mana sangat tidak disukai oleh ulat. Bubuk ini mudah ditemukan kok, Anda bisa mencarinya diberbagai toko tanaman dan toko bunga terdekat.

  1. Membungkus Tanaman Hias Anda Dengan Tisu

Cara berikutnya ini memang terlihat unik, tetapi telah diklaim ampuh untuk mengatasi hama yang satu ini. Daripada tanaman hias Anda yang indah rusak, alangkah baiknya membungkus bagian tanamannya dengan tisu sementara waktu—utamanya ketika musim ulat sedang terjadi.

Selain itu, Anda juga bisa membungkus dengan gulungan tisu pada bagian tanaman hias yang telah dihinggapi oleh hama satu ini. Cara ini telah dibuktikan ampuh mampu membunuh dan mengusir hama ulat tersebut dari tanaman hias Anda.

Membungkus dengan tisu gulung bisa menjadi cara yang sangat mudah. Bahkan Anda tidak perlu membelinya karena tisu ini biasanya telah Anda stok dirumah jauh-jauh hari.

  1. Memberi Pestisida Alami

Pestisida yang kimia memang tidak dianjurkan, tetapi pestisida alami boleh boleh saja Anda gunakan. Karena bahannya yang organik, maka akan aman untuk tanaman hias Anda. Anda bisa membuatnya secara pribadi dirumah Anda dengan bahan-bahan yang relatif terjangkau.

Pestisida alami terbuat dari berbagai macam bahan alami seperti buah dan sayuran. Cara untuk membuat pestisida alami secara simpel antara lain adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, sediakan minyak wangi dengan jumlah kurang lebih sebanyak 100 ml. Selain minyak wangi, Anda harus menyediakan 500 gram tepung kanji, dan kurang lebih 20 liter air.
  • Setelah bahan telah tersedia, campurkan berbagai bahan diatas menjadi satu hingga merata.
  • Letakkan pada alat penyemprot dan semprotkan pestisida yang organik ini ke bagian tanaman hias Anda yang sering dihinggapi oleh ulat ini.

Setelah Sahabat Tani menyemportkan pestisida alami buatan Anda, kira-kira kurang lebih sekitar 30 menit ulat tersebut akan mati. Dengan jumlah pestisida alami yang Anda buat, Anda bisa menggunakannya hingga berkali-kali.

Selain menggunakan bahan diatas, ada alternatif yang bisa Sahabat Tani lakukan untuk membuat pestisda organik ini. Untuk pestisida yang satu ini menggunakan minyak tanah dan sabun untuk bahan utamanya. Langkah-langkah pembuatannya antara lain:

  • Menyediakan sabun dengan merk apa saja berserta minyak tanah secukupnya. Selain itu, sediakan pula garam.
  • Aduk dan campurlah berbagai bahan tadi hingga menjadi satu kesatuan alias merata dengan sempurna
  • Masukan kedalam botol spray yang Anda miliki
  • Semprotkan kebagian tanaman yang sering dihinggapi oleh ulat hama

Kelebihan membuat pestisida alami ini, Anda bisa menggunakannya berulang kali. Caranya pun cukup mudah dengan berbagai bahan yang bisa Kita temukan dengan gampang disekitar Kita.

  1. Menanam Tanaman Yang Dibenci Ulat Hama

Ada alternatif lain yang bisa Sahabat Tani lakukan untuk menjaga tanaman hias Anda dari ulat yang mengganggu. Caranya adalah menanam tanaman yang tidak disukai oleh ulat. Ya, bukan hanya nyamuk saja yang bisa diusir dengan tanaman tertentu, dalam hal ini hama ulat pun bisa.

Ulat akan benci dengan tanaman yang beraroma menyengat. Anda perlu meletakkan tanaman ini disekitar tanaman hias Anda supaya ulat pergi menjauh. Bahkan beberapa tanaman ini adalah tanaman hias yang bisa menjadi pelengkap tanaman hias Anda yang lainnya.

Contoh dari tanaman yang dibenci ulat sendiri antara lain adalah mint, lavender, dan juga kemangi. Anda bisa mendapatkan bibit tanaman tersebut dengan mudah dan murah karena memang tanaman tersebut bukanlah tanaman yang langka atau berharga mahal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hama Belalang

  1. Membakar Populasi Ulat Hama Secara Bersamaan

Cara yang selanjutnya bisa Anda lakukan yakni membakar populasinya secara bersamaan. Anda bisa mengumpulkan ulat yang ada di pekarangan atau taman Anda lalu membakarnya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan seluruh ulat yang ada disekitar Anda.

Ketika membakarnya, Anda bisa menyertakan daun daun kering. Bukan hanya taman Anda akan bersih dari ulat yang berpotensi menganggu tanaman hias Anda, tetapi kebersihan sekitar Anda pun juga akan terjangkau. Pastikan membakarnya dengan aman—dalam artian tidak akan menganggu kondisi sekitar dengan bau pembakaran dan asapnya.

Setidaknya itulah enam cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi ulat hama yang mengganggu. Meskipun tampak sepele, hama ini tidak boleh Anda remehkan sama sekali. Hal ini karena keberadaanya dapat merusak keindahan tanaman hias yang telah Anda budidayakan atau koleksi. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda mendapatkan jalan keluar yang Anda inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *