Simak Cara Menanam Jeruk Bali dan 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Diposting pada

Jeruk bali atau pomelo adalah tanaman buah asli Asia Tenggara. Buah ini dapat dengan mudah dikenali karena memiliki ciri fisik berupa kulit hijau pucat, namun akan berubah kekuningan saat sudah masak. Pomelo yang telah siap santap mempunyai daging tebal berwarna merah muda, dan rasanya segar sekali. Wajar jika buah ini begitu disukai orang banyak.

Jeruk jenis ini pernah begitu populer pembudidayaan di tanah air. Namun sayangnya seiring perkembangan zaman, mencari pomelo menjadi semakin sulit. Meskipun begitu, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional atau toko buah. Karena di Pulau Jawa, tanaman ini masih dilestarikan.

Cara menanam Jeruk Bali

Cara Menanam Jeruk Bali

Semakin langkanya buah pomelo sudah pasti menimbulkan keresahan tersendiri bagi penikmatnya. Wajar saja kalau kemudian banyak pihak yang berminat untuk menanamnya lagi. Tapi apakah sahabat tani sudah mengetahui bagaimana trik supaya proses penanaman ini sukses? Kalau belum tahu, silahkan simak tips jitunya di bawah ini.

  1. Memilih Bibit

Supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal, maka sahabat tani harus pintar memilih bibit unggul. Salah satu cara terbaik mendapatkan bibit yang berkualitas adalah dengan sistem cangkok. Umumnya bibit yang berasal langsung dari indukannya akan menghasilkan buah dengan kualitas sama persis. Jadi, mulailah dengan mencari indukan terbaik terlebih dahulu.

  1. Mempersiapkan Lahan atau Media Tanam

Selama menunggu proses pencangkokan selesai, Anda bisa mencari lokasi lahan yang tepat untuk menanam pomelo. Sebaiknya carilah tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup, dan memiliki tekstur tanah gembur. Tapi kalau lahannya pas-pasan, maka bisa menggunakan alternatif lain, yaitu menanam jeruk menggunakan media pot.

  1. Menanam Bibit

Proses penanaman bibit memang kedengaran mudah, namun membutuhkan kehati-hatian ekstra. Apalagi kalau sahabat tani ingin menanamnya di dalam media pot. Ada beberapa metode yang harus diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut.

    • Cek ulang kondisi pot, jangan sampai bagian dasar memiliki lubang terlalu besar, karena bisa melunturkan air dan pupuk yang diberikan.
    • Isi pot menggunakan media tanam dengan takaran kurang lebih 1/3.
    • Memangkas akar bibit jeruk hasil okulasi supaya proses pertumbuhan menjadi semakin cepat.
    • Berilah lubang di tengah media tanam, kemudian masukkan bibit, lalu tutup kembali.
    • Menyiram bibit sampai tanah di sekitarnya menjadi lembab.
  1. Pengairan

Untuk melakukan pengairan pada tanaman jeruk bali tidak dapat dilakukan sembarangan. Sahabat tani harus memperhatikan 2 hal di sini, yang pertama adalah bahwa di masa awal tanam menyiram bibit dilakukan pada pagi dan sore hari. Kedua, pada musim kemarau sebaiknya melakukan penyiraman lebih sering supaya pohon jeruk tidak mati.

  1. Pemupukan

Jeruk jenis ini harus diberi pupuk sebanyak tiga kali pada tahun pertama, yakni pada rentang usia 6, 9, dan 12 bulan. Anda bisa memakai pupuk kompos maupun non organik asalkan dengan dosis yang tepat. Cara memberi pupuknya juga simpel sekali, tinggal taburkan di area tanaman kemudian tutup menggunakan tanah, namun jangan terlalu tebal.

  1. Penyiangan dan Pengendalian Hama

Untuk penyiangan tanaman dari gulma, bisa dilakukan tiga minggu sekali. Sedangkan pengendalian hama penyakit dapat melalui proses penginfusan menggunakan zat terramycin. Jangan lupa juga memangkas ranting dan daun yang terlihat rusak.

  1. Memanen Jeruk

Umumnya jeruk sudah bisa dipanen saat memasuki umur kurang lebih delapan bulan. Buah yang telah matang biasanya akan memiliki kulit berwarna kekuningan, dan tekstur bagian bawahnya terasa lunak saat disentuh. Sahabat tani juga bisa memastikannya dengan cara menjentikkan jemari ke buah jeruk.

Manfaat Jeruk Bali

Manfaat Pomelo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain enak dikonsumsi karena rasanya yang segar, faktanya Pomelo juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, tidak ada ruginya kalau Anda suka mengonsumsi buah ini, baik dalam bentuk jus maupun buah segar. Mau tahu manfaat dari jeruk bali itu apa saja?  Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pomelo sangat kaya akan serat yang dapat membantu penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan serat dapat mengurangi rasa lapar, sehingga nafsu makan bisa dikontrol. Bukan hanya itu, pomelo juga berkhasiat mempercepat proses pembakaran lemak jahat. Dengan begitu, maka program diet dapat berlangsung sesuai ekspektasi Anda.

  1. Mencegah Osteoporosis

Siapa sangka kalau pomelo ternyata dapat mencegah terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang)? Kandungan kalsium dan kaliumnya berfungsi mengurangi risiko kerapuhan tulang. Selain itu juga akan merangsang pertumbuhan tulang, dan memelihara kepadatannya. Ini karena kemampuan sel tubuh dalam menyerap mineral akan meningkat.

  1. Anti Aging

Mengonsumsi pomelo secara teratur juga bisa menjadi langkah sehat dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu mengatasi proses kerusakan pada kulit yang diakibatkan radikal bebas.

  1. Meredakan Radang Kulit

Zat asam amino yang terdapat pada daging pomelo akan membantu merangsang pembangunan sel kulit sehat. Sedangkan zat flavonoidnya berfungsi sebagai antioksidan yang berperan aktif dalam memerangi kerusakan kulit seperti menghilangkan jerawat, menyamarkan bintik hitam, hingga mengurangi iritasi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk bali mengandung kalium berupa Vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium sendiri memiliki peran mengatur tekanan darah dalam jantung. Di samping itu, vitamin tersebut juga akan menjaga elastisitas arteri yang ada di jantung. Jadi, kolesterol jahat bisa berkurang, dan jumlah kolesterol baik semakin meningkat.

  1. Mencegah Timbulnya Sel Kanker

Sebuah riset yang menggunakan uji coba hewan menyebutkan, bahwa ekstrak kulit jeruk jenis ini bisa menekan perkembangan tumor. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya berkhasiat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh mampu melawan sel kanker.

  1. Mencegah Flu

Vitamin C adalah obat terbaik dalam melawan infeksi yang dapat menyebabkan penyakit ringan hingga serius. Mulai dari flu, demam, batuk, hingga infeksi mikroba dan virus. Namun, semua itu bisa dicegah dengan cara mengonsumsi pomelo segar secara rutin. Kandungan Vitamin C di dalamnya akan menghancurkan tumpukan racun dalam tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Bagi Anda yang merasa mengalami gejala anemia, maka sebaiknya rajin mengonsumsi jus pomelo. Hal ini dikarenakan Vitamin C dalam buah ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Seperti yang mungkin telah diketahui, bahwa anemia atau kekurangan darah merah ini disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh.

  1. Mencegah Infeksi di Saluran Kemih

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri di saluran kemih memang terasa sangat menyiksa, terutama saat hendak buang air kecil. Namun infeksi parah dapat dicegah jika penderita mengonsumsi jeruk bali sejak dini. Vitamin C dalam jeruk ini dapat meningkatkan produksi asam dalam urin, sehingga perkembangan bakteri pada saluran kemih bisa diubah.

Jeruk bali memang punya segudang manfaat untuk tubuh. Di pasaran sendiri, mungkin Anda sering melihat berbagai produk kecantikan yang terbuat dari bahan baku pomelo. Tapi, untuk mendapatkan manfaatnya sangatlah mudah, karena bisa langsung mengonsumsi buah yang masih segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *