Cara Menanam Jagung yang Mudah Bagi Pemula

Diposting pada

Jagung adalah salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia. Ada banyak sekali petani yang menanam jagung di kebunnya untuk komoditas baik, komoditas utamanya, maupun sampingan. Tahukah sahabat tani cara menanam jagung? Jika selama ini sahabat tani tidak pernah menanam jagung sebelumnya, maka artikel ini akan menjelaskan secara terperinci.

Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang sebaiknya sahabat tani tanam. Hal ini disebabkan karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada ekosistem di Indonesia. Jenis jagung yang biasanya dibudidayakan di Indonesia sendiri adalah jenis jagung bonanza dan juga jagung bisi.

cara menanam jagung
Sumber : pioneer

Langkah-Langkah Menanam Jagung yang Harus Diketahui

Sekarang saatnya sahabat tani mengetahui bagaimana langkah-langkah secara sistematis dalam menanam jagung. Setidaknya, ada lima tahapan yang akan dilalui, mulai dari pemilihan bibit jagung, hingga cara memanennya.

Cara yang ada sebenarnya tidak sulit, tetapi banyak orang yang kekurangan informasi tentangnya, sehingga terkadang melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Berikut adalah langkah-langkah cara menanam jagung dengan mudah untuk Anda yang masih pemula!

Pemilihan Bibit Jagung

Pemilihan Bibit Jagung
Sumber : Warta Prima

Bibit jagung yang bagus tentunya akan menghasilkan panen yang bagus pula. Sahabat tani harus memilih bibit yang baik dengan berbagai cara, misalnya dengan membeli pada penjual bibit yang berkualitas. Ada beberapa tips yang bisa sahabat tani ikuti untuk memilih bibit jagung. Antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Meskipun harga bibit jagung yang bermerk agak mahal, tetapi sebaiknya sahabat tani memilih bibit yang telah teruji dan terbukti kualitasnya.
  2. Sahabat tani harus menyelaraskan antara bibit jagung dengan lahan yang akan Anda tanami jagung. Ini sangat penting, karena apabila sahabat tani salah memilih, maka potensi keberhasilan Anda pun menjadi sedikit.
  3. Hitunglah dengan cermat berapa banyak bibit yang akan sahabat tani Jangan berlebihan dan jangan menanam bibit terlalu banyak pada lahan yang sempit.

Sahabat tani yang masih bingung di mana Anda harus membeli bibit jagung? Anda tidak perlu risau. Mengapa demikian? Karena dimana-mana sudah tersedia tempat yang menjual bibit jagung unggulan, bahkan sahabat tani bisa memesannya secara online.

Baca Juga :

Pengolahan Lahan

Lahan adalah tempat jagung yang akan sahabat tani tanam. Meskipun jagung adalah tanaman yang tidak sulit ditanam di Indonesia, bukan berarti pemilihan lahannya tanpa syarat apapun. Terdapat beberapa kategori atau syarat yang sebaiknya sahabat tani penuhi, agar pembudidayaan tanaman jagung yang Anda lakukan dapat berhasil.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon lahan jagung yang akan sahabat tani tanam, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Lahan yang akan ditanami jagung merupakan lahan dengan tanah yang sehat. Tanah yang sehat tersebut artinya subur dan mempunyai unsur hara yang cukup.
  2. Terdapat tingkat keasaman atau pH tersendiri, agar tanaman jagung dapat berhasil, yakni sekitar 5,6 hingga 7,7.
  3. Nantinya ketika sahabat tani membuat bedengan, Anda dapat memberikannya pupuk organik pada sekitar bedengan, agar lahan Anda semakin subur.

Lahan adalah poin yang tidak boleh disepelekan. Dengan lahan yang bagus, maka nantinya akan menghasilkan jagung-jagung berkualitas yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Penanaman Varietas atau Bibit Jagung

Setelah lahan dan juga bibit telah siap, maka saatnya sahabat tani melakukan eksekusi, yakni melakukan penanaman. Tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas, Anda harus melakukannya dengan benar dan hati-hati. Percuma apabila Anda telah melengkapi kedua tahap di atas, namun tahap ketiga yang telah dilakukan gagal.

Ada beberapa langkah-langkah yang harus sahabat tani perhatikan dan terapkan dalam menanam jagung. Langkah-langkah menanam jagung secara sistematis yakni:

  1. Buatlah bedengan pada lahan yang telah disiapkan. Sahabat tani dapat memberikan jarak dengan kisaran angka 100 cm x 40 cm atau 4000cm2.
  2. Saat menanamkan bibit unggul yang telah dimiliki, tanamlah hingga kedalaman antara 3 hingga 5
  3. Setiap lubang yang Anda buat harus dimasuki dua biji jagung.
  4. Setelah selesai meletakkan bibit pada lubang, sahabat tani harus kembali menutupnya. Jangan lupa untuk menyiramnya.

Langkah yang sederhana tersebut ternyata banyak diabaikan oleh orang-orang. Memang, jagung Anda kemungkinan besar akan berhasil. Tetapi, dengan tidak mengabaikan cara di atas, maka sahabat tani akan mendapatkan hasil yang berkualitas.

Pemeliharaan Tanaman Jagung

Setelah bibit telah ditanam, tugas sahabat tani selanjutnya adalah memelihara tanaman yang dimiliki. Ada beberapa poin yang bisa sahabat tani perhatikan dan lakukan, yang antara lain adalah sebagai berikut:

Penyulaman

Apa maksud dari penyulaman dalam tanaman jagung? Ini adalah langkah untuk menanam kembali tanaman yang kelihatannya berpotensi akan mengalami kematian atau kegagalan tanaman. Durasi sahabat tani melakukan penyulaman hanyalah satu minggu, terhitung dari penanaman bibit.

Penjarangan

Tahap selanjutnya dalam hal perawatan jagung adalah penjarangan. Penjarangan dilakukan ketika tanaman berusia kurang lebih selama satu minggu.

Pembubunan

Tahapan pembubunan, artinya menggali parit yang ada di antara bedengan yang awalnya sudah dibuat. Pembubunan dilakukan, agar tanaman jagung menjadi kuat serta kokoh.

Pemupukan

Rasanya, pemupukan ini adalah tahapan yang harus dilakukan ketika menanam jenis tanaman apapun itu. Dalam hal ini, pemupukan dilakukan tentu dengan tujuan agar unsur hara yang dimiliki jagung dan gizi jagung dapat terpenuhi.

Pengairan

Tak kalah pentingnya dengan pemupukan, jagung juga butuh pengairan. Hal ini disebabkan karena secara alami tanaman membutuhkan air untuk berfotosintesis.

Pencegahan hama

Jagung juga berpotensi dihinggapi oleh tanaman parasit yang mengganggu, seperti gulma dan juga rumput liar. Maka dari itu, sahabat tani harus selalu memeriksa dan membersihkannya. Perawatan-perawatan di atas harus rajin dilakukan, agar tanaman menjadi sehat dan tumbuh dengan tidak terganggu. Nantinya ketika panen, sahabat tani akan mendapatkan hasil sesuai yang Anda inginkan.

Baca Juga :

Panen

Setelah sahabat tani telah berhasil melalui empat tahap di atas, saatnya memetik hasil jerih payah Anda. Sahabat tani dapat memanen tanaman jagung secara berkala sesuai dengan tujuan Anda. Tetapi, sangat direkomendasikan bagi sahabat agar cepat-cepat memanen secara tuntas, agar hasil panen yang sahabat tani dapatkan tetap maksimal.

Hal ini sangat disarankan untuk segera memanen secara tuntas. Jika sahabat tani tidak memanen secara tuntas, takutnya akan memengaruhi terhadap kualitas lahan. Kualitas lahan yang menurun tentunya tidak baik bagi pertumbuhan tanaman jagung Anda pada periode berikutnya.

Setelah hal tersebut sahabat tani lakukan, Anda bisa melakukan kegiatan pascapanen. Kegiatan ini berupa mengupas kulit jagung yang ada. Nantinya, sahabat tani juga bisa mengambil biji jagung dari hasil panen Anda untuk dijadikan bibit kembali pada masa panen yang berikutnya.

Setidaknya, ada lima tahapan yang harus sahabat tani lewati ketika menanam jagung. Tahapan tersebut mulai dari pemilihan biji, hingga panen yang sangat mudah dipahami oleh para pemula. Intinya, jika sahabat tani mau menanam dengan baik sesuai dengan tahapan di atas, maka hasil panen yang bagus akan menjadi milik Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *