Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Diposting pada

Salah satu varietas bunga yang sangat unik dan banyak disukai orang adalah bunga matahari. Pesona keindahan dari bunga yang memiliki nama latin Helianthus annuus linn ini sangat cantik apabila dijadikan sebagai hiasan di depan rumah. Selain karena keindahannya, banyak orang tertarik untuk membudidayakannya karena cara menanam bunga matahari yang memang tidak terlalu rumit.

Bunga ini bahkan bisa ditumbuhkan dari bijinya saja. Cukup pastikan kondisi lingkungan seperti paparan sinar matahari mencukupi agar bunga dapat tumbuh. Jenis bunga matahari yang bisa sahabat tani kembangkan pun sangat beragam. Anda bisa memilihnya sesuai dengan jenis bunga matahari yang paling disukai.

Beragam Jenis Varietas Bunga Matahari untuk Dikembangkan

Giant Sungold

cara menanam bunga matahari giant sungold
Sumber : Kaskus

Ukuran bunga matahari Giant Sungold termasuk besar dengan diameter mencapai 15 cm. Bunganya tidak akan layu bahkan hingga selama 2 bulan. Tinggi tanaman Giant Sungold bisa mencapai 1 meter. Keunikan Giant Sungold adalah memiliki dua lapis kelopak bunga, sehingga tampak seperti bertumpukan. Warna bunga matahari Giant Sungold seperti kuning keemasan yang sangat cerah.

Teddy Bear

Teddy Bear
Sumber : Shopee

Ya, Teddy Bear. Ada alasan mengapa bunga matahari ini disebut sebagai Teddy Bear yaitu karena bentuknya yang sangat imut dan unik. Bentuk kelopak bunganya menggembung dengan warna kuning cerah. Sementara ukuran diameter bunga bisa mencapai sebesar 17 cm. Meski diameter bunga matahari Teddy Bear cukup besar, namun ukuran tanaman tidak terlalu tinggi, yakni hanya 60 hingga 90 cm saja.

Earth Walker

Earth Walker
Sumber : Hijaukan

Berbeda dengan kebanyakan bunga matahari yang memiliki warna kelopak bunga kuning, maka jenis bunga matahari Earth Walker memiliki warna merah kecokelatan. Kombinasi warna pada bunga ini terdiri dari tiga macam yakni kuning, merah, dan cokelat. Ketinggian bunga matahari Earth Walker bisa mencapai 270 cm.

Big Smile

Big Smile
Sumber : grid

Jika berbicara tanaman bunga matahari, maka jenis Big Smile adalah jenis yang paling sering ditemui terutama di dataran Indonesia. Jenis bunga matahari satu ini memiliki ukuran kecil sehingga sering ditanam di dalam pot. Ketinggian tanaman bunga matahari Big Smile adalah sebesar 40 cm namun biasanya ia akan membentuk dahan bercabang.

Baca Juga :

Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Mengembangkan bunga matahari ternyata tidak terlalu sulit. Sahabat tani bisa mengembangkan tanaman bunga berwarna kuning ini dari bijinya saja ataupun langsung kepada anakan yang sudah dijual di pasar tanaman. Namun apabila ingin menanam bunga matahari dari biji maka pastikan pilih biji dari yang terbaik saja.

Memilih Benih Tanaman Bunga Matahari yang Unggul

Benih adalah hal pertama yang akan sangat menentukan keberhasilan pembibitan bunga matahari Anda. Untuk itu pastikan hanya memilih benih dari indukan yang terbaik saja. Ada beberapa ciri indukan untuk benih bunga matahari yang baik dan bisa sahabat tani terapkan saat memilih benih unggul, seperti dari tampilan tinggi batang, daunnya, bunga, dan batang.

Perhatikan apakah daun indukan bunga matahari yang muncul berbentuk hati dan tunggal. Batang indukan yang bagus adalah batang yang memiliki bentuk basah. Ukuran tinggi batang yang dimiliki oleh tanaman indukan setidaknya 1 hingga 3 meter. Perhatikan pula ukuran bunga yang dihasilkan apakah cukup besar atau terlalu kecil.

Sementara untuk karakteristik benihnya sendiri akan berbeda–beda bergantung kepada varietasnya. Varietas velvet queen memiliki ciri ukuran benih yang lebih kecil. Evening sun memiliki ciri karakteristik benih sehat berdasarkan warna dari mulai putih hingga hitam. Sementara benih Mammoth grey akan berwarna putih, terdapat corak berupa garis warna hitam hingga cokelat dengan ukuran yang besar.

Menyemaikan Benih Bunga Matahari

Selanjutnya sahabat tani harus memperhatikan kondisi lingkungan tempat bunga matahari akan ditumbuhkan. Tanaman bunga matahari akan dapat berkembang dengan bagus, apabila tumbuh di lingkungan dengan suhu 18 hingga 33 derajat Celcius. Biji bunga matahari baru akan muncul pada hari ke – 80 hingga 120 setelah penanaman.

  • Pertama–tama benih harus dilipat di dalam tissue yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas dari benih. Tissue yang digunakan untuk melipat sedikit dibasahi sampai lembab saja. Bibit bunga matahari diletakkan di bagian tengah tissue dan tissue dilipat kemudian dibiarkan selama 1 hingga 2 minggu. Selanjutnya benih ditanam di tanah.
  • Apabila benih tidak kunjung tumbuh setelah 2 hingga 3 hari, maka tepi kulit bijinya bisa dipotong untuk merangsang percepatan pertumbuhan. Hati–hati ketika memotong tepi kulit biji agar benih bagian dalam tidak rusak. Selanjutnya benih ditetesi air

Mempersiapkan Media Tanam jika di Pot

Cara menanam bunga matahari bisa dilakukan melalui tanah secara langsung ataupun lewat pot atau polybag. Apabila sahabat tani memiliki keterbatasan lahan, maka Anda bisa menggunakan pot meski yang terbaik tentu di tanah gembur secara langsung. Berikut langkahnya:

  • Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran kompos, arang, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.
  • Media tanam disiram dengan air secukupnya hingga cukup gembur.
  • Polybag atau pot yang telah berisi media tanam ditempatkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung apabila dalam proses pembibitan.
  • Siram bunga matahari secara rutin.

Mempersiapkan Media Tanam jika di Tanah Langsung

Jika sahabat tani memilih untuk menanam pada tanah secara langsung, maka media yang digunakan adalah campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1:3. Kompos berfungsi untuk memberikan tambahan unsur hara mikro dan juga makro agar tanah lebih subur. Selain kompos, sahabat tani juga bisa memberikan pupuk black box serta GDM SAME agar pertumbuhan tanaman lebih subur.

Untuk penanaman di lahan terbuka, tanaman harus ditanam ke dalam tanah hingga kedalaman 2,5 sampai 5 cm. Jarak antar tanaman sebesar 15 cm agar pertumbuhan tanaman tidak saling tumpang tindih. Sementara jika sahabat tani ingin membuat kebun khusus bunga matahari, maka sebaiknya jarak antar lubang adalah 76 cm.

Baca Juga :

Rawat Tanaman Bunga Matahari dengan Benar

Sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman bunga matahari cukup banyak yakni selama 6 hingga 8 jam perhari. Untuk penyiraman dilakukan dari jarak 7,5 cm hingga 20 cm dari tanaman agar tidak merusak tunas yang masih baru. Jika tanaman sudah berupa batang, maka penyiraman dilakukan sebanyak satu minggu sekali.

Pastikan tanaman bunga matahari terhindar dari hama tanaman. Hama yang sering mengganggu adalah siput, burung, ataupun serangga. Jika hama berupa siput, berikan umpan agar siput tidak merusak tanaman. Sebaiknya tanaman dipasangi pagar di sekelilingnya apabila tinggi tanaman sudah 1 meter.

Ada banyak keuntungan membudidayakan bunga matahari di rumah. Selain karena keindahannya, bunga berwarna kuning cerah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan akar tanaman bunga matahari sebagai pengobatan infeksi saluran kencing dan pernapasan. Oleh karena itu, mengetahui cara menanam bunga matahari di rumah akan sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *