Cara Menanam Buah Gandaria dan Manfaatnya

Diposting pada

Sahabat tani memang sudah mengetahui adanya buah gandaria. walaupun buah ini berasal dari Kepulauan Indonesia maupun Malaysia, tetapi buah ini kurang umum bagi masyarakat awam, terutama di daerah yang bukan penghasil dari buah ini. Anda bisa mulai mencoba untuk menjadi trendsetter untuk buah yang memiliki nama latin Bouea Macrophylla Griffith ini.

Buah ini memiliki penampilan hijau saat belum matang dan akan berubah menjadi kuning saat sudah matang. Buah dengan nama latin Bouea Macrophylla Griffith ini memang populer sekali di daerah Jawa Barat, sehingga sering hadir dalam berbagai masakan khas di sana, seperti lalapan dan sambal. Sahabat tani yang tertarik untuk menanam dan menjual hasil panen gandaria wajib untuk menyimak penjelasan ini.

Buah Gandaria
Sumber : www.facebook.com

Cara Menanam Buah Gandaria

Sahabat tani pasti sudah sangat paham bahwa setiap pohon yang memiliki buah, akan mudah sekali untuk dibudidayakan dan diperbanyak dengan menggunakan bijinya. Buah dengan nama latin Bouea Macrophylla Griffith ini juga memiliki biji. Penasaran dengan bagaimana menanam biji gandaria yang tepat? Sahabat tani bisa simak berbagai langkah berikut sampai selesai.

  1. Sahabat tani bisa memilih bibit unggul di toko pertanian setempat. Apabila tidak terdapat biji dari gandaria ini, maka Anda bisa mendapatkannya melalui marketplace eksis di Indonesia.
  2. Semai biji gandaria sebagai permulaan penanaman biji dalam tanah yang subur di kontainer penyemaian.
  3. Tunggu sampai pertumbuhan tunas dimulai dan mencapai ketinggian 20 cm.
  4. Anda bisa mulai memindahkan biji ke polybag yang sudah diisi dengan tanah campuran pupuk kandang untuk setiap tunas satu polybag.
  5. Saat tunas sudah semakin tumbuh tinggi mencapai 70 cm, Anda bisa mulai memindahkannya menuju ke tanah yang gembur.
  6. Penanaman pohon muda dari gandaria ini bisa dilakukan di tanah dengan lahan seluas 40 cm x 40 cm dan kedalaman 50 cm.
  7. Tambahkan pupuk kandang dengan ketinggian 1/3 bagian dan diamkan lubang tersebut selama seminggu. Hal itu untuk membuatnya menjadi stabil setelah penggalian.
  8. Sahabat tani bisa mulai memindahkan pohon muda gandaria ini dari polybag menuju ke tanah tersebut dengan cara merobek secara hati-hati polybag, agar akar bisa dalam kondisi prima saat ditanam.
  9. Tutup lubang setelah pohon gandari muda ditempatkan dengan posisi yang tepat dan campur dengan pupuk kandang lagi saat melakukan penutupan lubang.
  10. Padatkan tanah dengan menekan tanah menggunakan sekop yang dipakai untuk menutup lubang.
  11. Perawatan dari pohon gandaria sangat mudah dan Anda hanya perlu untuk menyiangi gulmanya serta melakukan pemupukan setelah 2 bulan sejak pertama kali ditanam di tanah.

Manfaat Buah Gandaria

Sahabat tani yang akan melakukan penanaman dan panen buah gandaria ini, maka perlu untuk memahami apa saja manfaat dari buah ini. hal itu dilakukan untuk bisa mengedukasi pembeli dan meningkatkan penjualan.

Buah dengan nama latin Bouea Macrophylla Griffith ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini dapat sahabat tani simak sebagai berikut.

  1. Kandungan Lengkap Buah Gandaria

Buah Bouea Macrophylla Griffith memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, sehingga cocok dimakan sebagai program diversifikasi pangan. Setiap 100 gram dari buah gandaria mengandung air sebanyak 86,6 gram, protein 40 mg, lemak 20 mg, karbohidrat 11,3 kg, serat sebanyak 150 mg, niacin 0,5 mg, vitamin C 100 mg, kalsium 9 mg, fosfor sebanyak 4 mg, zat besi 0,3 mg, beta karoten 23 mg, dan lain-lain.

Setiap kandungan nutrisi tersebut sudah pasti akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan bisa melancarkannya aliran dalam tubuh. Bahkan, kandungan beta karoten pada buah Bouea Macrophylla Griffith ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas yang menyerang sel tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Sahabat tani bisa juga mengenalkan manfaat dari makan buah Bouea Macrophylla Griffith ini untuk kesehatan kulit. Tidak perlu membeli suplemen yang mahal-mahal, Anda bisa mengonsumsi makanan yang alami untuk bisa mendapatkan kulit sehat dan awet muda secara alami.

Kandungan vitamin C yang ada pada gandaria bisa menstimulasi kolagen yang ada pada kulit. Kandungan air yang kaya dalam gandaria juga bisa membantu dalam menjaga kelembaban kulit. Alhasil, kesehatan kulit dari orang yang suka konsumsi gandaria bisa menjadi lebih baik.

  1. Buah Gandaria Membantu Penyembuhan Luka

Sahabat tani bisa mengetahui poin pertama dari manfaat buah ini, yakni mengandung protein nabati. Kandungan protein ini bisa membantu pembentukan sel tubuh yang rusak, sehingga penyembuhan luka juga bisa menjadi lebih cepat. Tak hanya kandungan protein nabatinya saja yang baik bagi penyembuhan luka, kandungan vitamin C juga bisa membantu pertumbuhan sel-sel yang rusak tersebut.

  1. Mampu Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Tubuh orang yang sehat selalu dimulai dengan aliran darah yang lancar. Menurut penelitian gandaria terbukti mampu membantu melancarkan peredaran aliran darah. Kandungan air yang melimpah pada gandaria akan bisa membantu melancarkan aliran darah pada tubuh. Darah akan bisa mengalir dengan lancar saat kandungan air dalam tubuh sesuai dengan takaran yang ada.

Cara Mengkonsumsi Buah Gandaria

Buah gandaria memiliki rasa yang masam, sehingga lebih cocok dipakai dalam berbagai masakan olahan daripada langsung dikonsumsi sebagai buah. Ada banyak makanan olahan yang menggunakan buah Bouea Macrophylla Griffith, seperti rujak gandaria, sambal gandaria, acar asam manis gandaria, asinan rambutan kombinasi gandaria, dan lain sebagainya.

Bahkan, Gandaria ini juga bisa dicampurkan ke dalam bumbu ayam goreng asam dan bisa memberikan rasa segar pada masakan tersebut. Bisa dikatakan penggunaan gandaria pada masakan mirip dengan belimbing wuluh, sehingga cocok untuk dipakai sebagai salah satu bumbu garang asem juga. Sahabat tani bisa saja memberikan saran penyajian ini kepada calon konsumen.

Harga Buah Gandaria di Marketplace Indonesia

Sahabat tani bisa menjual gandaria ke dalam bentuk buah, maupun berbagai makanan olahan yang siap santap. Pastikan Anda sudah melakukan cek harga sebelum melakukan penjualan. Hal itu agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan usaha penanaman dan perawatan dari pohon Gandaria. Survei harga perlu dilakukan melalui internet di berbagai marketplace eksis di Indonesia.

Buah gandaria banyak dijual di marketplace dengan harga Rp 35.000–Rp 40.000, beratnya mulai dari 500 gram. Alternatif lain untuk menjual hasil panen adalah dengan mengolahnya menjadi manisan yang biasa dijual dengan harga lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 60.000–Rp 75.000 untuk setiap toplesnya. Anda bisa mencoba untuk menjualnya sendiri tanpa melalui pengepul melalui daftar akun toko di marketplace.

Keuntungan berjualan sendiri dari hasil panen sudah pasti bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Anda juga akan bisa berinteraksi langsung dengan pembeli serta memberikan edukasi manfaat akan gandaria.

Sahabat tani sekarang sudah memahami bukan cara menanam buah gandaria sampai dengan harga penjualannya? Setiap dari informasi tersebut perlu dimanfaatkan dengan baik, sehingga hasil panen bisa lebih melimpah, atau setidaknya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *