Cara Menanam Buah Coklat, Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya

Diposting pada

Anda sedang mengalami hari yang buruk dan ingin segera meredakan perasaan tidak bahagia tersebut? Maka megonsumsi buah coklat bisa menjadi solusinya. Pastikan coklat yang dimakan cenderung lebih dark chocolate, sehingga bisa menstimulasi hormon kebahagiaan lebih tinggi, seperti dopamine, oksitosin, dan endorphin. Coklat juga mampu membuat mood orang menjadi lebih baik dan menurunkan stres.buah coklat

Sahabat tani bisa mencoba untuk menanam pohon coklat dan juga mengolah coklat tersebut secara mandiri, kemudian menjualnya kepada konsumen atau pengepul coklat. Saat Anda sudah panen dan sudah mengubahnya menjadi bubuk coklat, maka Anda bisa mulai mengedukasi calon pembeli untuk mengonsumsi coklat buatan dalam negeri, karena banyak manfaat untuk tubuh dan juga lebih berkualitas.

Cara Menanam Buah Coklat

Tanaman coklat yang berasal dari Amerika Utara ini termasuk ke dalam genus Theobroma. Ada paling tidak 22 spesies tanaman coklat yang biasa dibudidayakan oleh petani di seluruh dunia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur pada lahan yang ada di Indonesia, karena termasuk tanaman tropis. Maka dari itu, sahabat tani yang tertarik untuk memulai menanam biji coklat bisa membaca ulasan ini sampai selesai.cara menanam buah coklat

Menanam pohon coklat bisa dimulai dengan biji terlebih dahulu. Pastikan biji yang akan ditanam masih memiliki kulit bijinya, sehingga kelembaban dari biji tersebut masih tetap terjaga dan bisa tumbuh. Biji coklat yang sudah dipisahkan dari kulitnya akan berubah menjadi kering dan kehilangan daya tumbuhnya. Sahabat tani bisa membeli bibit ini di toko pertanian dan melihat cara penanaman berikut ini.

  1. Sahabat Tani perlu untuk melakukan penyemaian biji coklat sebelum mulai menanamnya. Penyemaian dilakukan dalam polybag kecil yang diberi tanah, sekam, dan pupuk organik dengan perbandingan 2:1:2.
  2. Masukkan campuran tanah tersebut ke dalam polybag kecil dengan ketinggian tanah ¾ polybag saja.
  3. Buat lubang dengan menggunakan jari telunjuk dan benamkan biji coklat.
  4. Masukkan biji coklat dengan satu lubang untuk satu biji coklat, kemudian tekan secara lembut.
  5. Tutup biji dalam lubang dengan menggunakan tanah campuran tadi, dan siram dengan semprotan dua kali sehari.
  6. Amati pertumbuhan tunas yang biasa terjadi pada usia 4 bulan sampai dengan 6 bulan.
  7. Tunas perlu untuk dipindahkan setelah tumbuh di tanah, karena pohon coklat bisa tumbuh sampai dengan 5 atau 10 meter.
  8. Pastikan tunas coklat akan dipindahkan ke tanah subur yang mengandung sedikit tanah liat.
  9. Perawatan pohon coklat ini bisa dilakukan dengan menyiram, memupuk, dan menyiangi gulma secara rutin.

Manfaat Buah Coklat

Sahabat tani harus mengetahui bahwa coklat dalam kemurnian tinggi atau biasa disebut dengan dark chocolate, memiliki kandungan yang sangat lengkap dan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk memberikan deskripsi produk pada bagian packaging dari hasil panen Anda. Penasaran dengan apa saja manfaat dari coklat untuk kesehatan tubuh? Sahabat tani simak ini.

  1. Memiliki Kandungan Kaya Nutrisi

Setiap orang yang menyukai coklat, bisa merasakan manfaat untuk kesehatan berkat kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya.  Menurut suatu penelitian, setiap 100 gram dark chocolate mengandung 11 gram serat, 67% dari referensi asupan harian untuk zat besi, 58% dari referensi asupan harian dari magnesium, dan 89% dari jumlah yang dianjurkan untuk tembaga.

Kandungan lainnya yang ada dalam coklat adalah mangan, potasium, fosfor, zinc, dan selenium. Perlu diketahui bahwa jumlah 100 gram dari coklat adalah jumlah yang tidak seharusnya dikonsumsi rutin oleh setiap orang, karena jumlah kalori dari dark chocolate tersebut tinggi yaitu 600 kalori untuk setiap 100 gramnya.

  1. Kaya akan Antioksidan

Dark chocolate juga sudah diteliti oleh banyak peneliti, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat menangani radikal bebas yang ditembakkan ke dalam sampel tersebut. Penilaian dilakukan dengan menggunakan metode test tube ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity). Cara ini memang dianggap memiliki respon yang berbeda dengan metabolisme tubuh, tetapi tetap bisa dijadikan acuan penelitian.

Hasil pengujian kadar antioksidan dalam menangani radikal bebas dari biji coklat yang mentah tersebut mendapatkan hasil tertinggi dibandingkan dengan beberapa makanan yang sudah diuji coba. Beberapa senyawa antioksidan yang ada dalam dark chocolate adalah polifenol, flavonoid, dan katekin. Bahkan, kandungan polifenol dan flavanols dari dark chocolate lebih besar daripada blueberry dan buah beri lain.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Sahabat tani juga sudah mengetahui bahwa flavanols yang masuk ke dalam kategori antioksidan ini juga termasuk ke dalam dark chocolate. Flavanols ini juga sudah mampu menstimulasi endothelium untuk merilis nitric oksida. Hal itu berguna untuk memberikan sinyal kepada arteri untuk relaksasi. Relaksasi pada arteri mampu menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah.

  1. Meningkatkan HDL dan Melindungi LDL dari Oksidasi

Dark chocolate juga sudah diketahui mampu mengurangi jumlah LDL yang teroksidasi pada pria. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah HDL dalam darah. Mengonsumsi coklat secara rutin akan mampu mengobati orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Berkat kemampuan coklat ini, Anda mengurangi jumlah LDL teroksidasi, maka coklat ini sangat baik untuk kesehatan arteri maupun jantung.

Cara Mengonsumsi Buah Coklat

Coklat bukan lagi hal yang langka beredar dalam bentuk makanan dan minuman di kalangan masyarakat. Anda akan bisa menemukan lebih dari 100 menu yang menggunakan coklat sebagai salah satu bahannya, sehingga coklat ini selalu banyak peminatnya. Beberapa makanan olahan yang menggunakan coklat sebagai salah satu bahannya adalah Gabin Fla Coklat Cheese, Roti Goreng Coklat, dan lain-lain.

Setiap makanan olahan tersebut sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Makanan tersebut juga cocok untuk mengisi waktu luang Anda saat sedang santai di rumah. Sedangkan, minuman yang menggunakan campuran coklat yang hits saat ini adalah dalgona chocolate. Pembuatan minuman dalgona coklat yang sangat trend ini membuat penjualan coklat meningkat.

Harga Buah Coklat

Sahabat tani yang sudah memiliki banyak pohon coklat dan sudah memasuki masa panen buah, maka perlu untuk mengetahui kisaran harga pasar dari buah ini. Jangan sampai Anda menjual dengan harga terlalu rendah, karena Anda juga perlu mencari untung yang sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan. Sebagian besar di pasaran buah coklat dijual dengan harga murah per kilo yaitu Rp 10.000.

Harga penjualan hasil panen pohon coklat bisa menjadi lebih tinggi, dengan dijual dalam bentuk biji. Sahabat tani juga perlu mencoba untuk menjualnya dalam bentuk biji coklat, karena per kilonya bisa mencapai Rp 40.000 – Rp 50.000. Sangat kontras berbeda sekali bukan dibandingkan dengan harga dari menjual buah coklat saja.

Sahabat tani sudah mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan buah coklat dan bisa menggunakan artikel ini sebagai panduan untuk bisa menanam sampai menjual coklat ini di marketplace dengan harga tepat. Anda bisa menggunakan langkah edukasi terhadap calon konsumen juga dengan mengetahui manfaat dari konsumsi coklat yang sudah dijelaskan secara rinci dalam artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *