Cara Menanam Buah Cherry dan Sejuta Manfaatnya

Sahabat tani pasti sudah tahu bahwa buah cherry memiliki popularitas cukup tinggi di masyarakat. Buah yang satu ini juga sering dipakai sebagai hiasan pada makanan atau minuman hari spesial, seperti cake dan pancake. Sebagian besar yang mau membeli buah dengan nama latin Prunus Avium ini adalah dari masyarakat perkotaan.Buah Cherry

Sahabat tani yang biasa menanam di sawah dataran tinggi bisa mencoba menanam biji buah Prunus Avium. Harga jual dari buah tersebut juga lumayan tinggi dan permintaan pasarnya pun cukup tinggi, terutama di swalayan dan toko kue. Selain dari menanam, sahabat tani juga akan bisa memahami akan manfaat, cara konsumsi, dan harga buah ini melalui ulasan di bawah ini.

Cara Menanam Buah Cherry

Sahabat tani bisa membeli bibit cherry di toko pertanian, jika tidak menemukan bibit tersebut, Anda bisa membelinya melalui marketplace dan mencari seller yang terpercaya. Selain menyenangkan, ternyata menanam cherry bukan hal yang mahal. Penasaran? Berikut adalah cara menanam cherry.

  1. Rendam biji cherry selama lima menit dalam air hangat, kemudian keringkan menggunakan kertas tisu sampai dengan lima hari.
  2. Pindahkan biji tersebut ke sebuah kontainer pembibitan tanpa tanah.
  3. Beri label waktu menyimpan biji pada kontainer pembibitan dan tutup container tersebut dengan tutup yang kencang.
  4. Masukkan kontainer berisi pembibitan cherry ke dalam kulkas selama 10 minggu.
  5. Setelah 10 minggu berlalu, maka sahabat tani bisa mengeluarkan seluruh kontainer ke suhu ruangan kemudian bisa mulai menanam benih.
  6. Mulai beri tanah pada satu lubang kontainer pembibitan dengan tiga biji cherry dan tambahkan tanah, lalu beri air supaya lembab.
  7. Tunggu sampai muncul bibit cherry muda dengan ketinggian 5 cm dan pindahkan bibit ke tempat yang tersinari matahari.
  8. Saat tumbuhan cherry sudah semakin tinggi, maka shabat tani bisa memindahkan ke tanah langsung.
  9. Tumbuhan ini memang bisa tumbuh sampai dengan 6 m, sehingga perlu waktu cukup lama untuk memanen.

Manfaat Buah Cherry

Sahabat tani sekarang sudah memahami bagaimana cara menanam dan menumbuhkan pohon cherry, sehingga sekarang perlu untuk memberikan edukasi kepada calon konsumen saat sudah bisa memanen buahnya. Cara ini cukup bisa menaikkan penjualan cherry yang dipanen. Sehingga, konsumen menjadi paham mengenai manfaat kesehatan dari buah ini. Manfaat dari cherry yakni sebagai berikut.

  1. Cherry Kaya Antioksidan

Sudah ada banyak peneliti yang menggunakan objek berupa buah cherry sebagai bahan penelitian mereka untuk mengetahui kadar antioksidannya. Memang setiap jenis cherry memiliki kadar antioksidan yang berbeda, tetapi setiap jenis cherry punya antioksidan berupa polifenol, tannins, flavonoids, dan anthocyanins.

Antioksidan tersebut tidak hanya mencegah orang yang mengonsumsinya dari bahaya kanker, melainkan juga membantu untuk cegah inflamasi akibat serangan bakteri maupun virus. Anda bisa memberikan edukasi ini melalui lisan atau setiap kali menawarkan produk cherry Anda kepada konsumen.

  1. Makanan Pencegah Diabetes

Cherry memiliki kandungan Indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan buah lainnya. Memakan buah cherry tidak akan membuat kadar gula darah melonjak tinggi, sehingga pasien diabetes bisa tetap memakan buah ini. Cherry bisa dipakai sebagai sumber vitamin C dan antioksidan pada penderita diabetes. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk menawarkan produk ke konsumen dengan diabetes.

  1. Membuat Kualitas Tidur yang Baik

Sahabat tani yang memiliki masalah dengan pola tidur, maka Anda bisa memulainya dengan alternatif alami untuk memperbaiki pola tidur tersebut. Buah cherry ini diketahui memiliki senyawa melatonin yang berguna untuk mengontrol siklus tidur pada manusia.

Penelitian juga sudah membuktikan bahwa memakan 8 ons tart cherry, bisa membantu Anda menambah waktu tidur sebanyak 1 jam 24 menit pada pasien insomnia. Anda bisa memberikan informasi ini kepada calon pelanggan yang menderita insomnia atau yang sudah ketergantungan dengan obat pil tidur. Katakan bahwa cherry ini tidak memiliki efek samping pada ginjal, seperti yang ada pada obat pil tidur.

Cara Megonsumsi Buah Cherry

Buah cherry bukan hanya bisa dikonsumsi sebagai buah saja, melainkan bisa diolah dan disajikan secara menarik sebagai makanan. Tidak hanya dipakai untuk membuat aneka kue, seperti cheesecake, tart, maupun makanan kue-kue yang hits lainnya. Penasaran apa saja makanan olahan yang bisa dibuat dari cherry ini? Sahabat tani bisa simak dan edukasi pembeli dengan informasi di bawah ini.

  1. Perpaduan Teh Cherry dengan Rempah-Rempah

Cherry bisa dipadukan dengan rempah-rempah juga sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan badan. Cara pembuatan teh cherry rempah-rempah bisa diseduh seperti saat membuat teh pada umumnya. Campuran rempah-rempah yang dipakai yaitu jahe, cengkeh, kayu manis, dan bubuk kunyit.

  1. Campuran Bahan dalam Es Krim

Hampir setiap kalangan menyukai es krim, apalagi es krim yang memiliki tampilan menarik dengan cherry di atasnya. Campuran es krim dengan buah Prunus Avium ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Tidak hanya menjadi lebih menarik secara tampilan, namun rasanya pun menjadi lebih enak, dan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

  1. Cherry sebagai Bahan Salad

Bagi sahabat tani yang memiliki pola makan vegetarian, maka Anda bisa memasukkan buah ini ke dalam bahan salad. Perpaduan buah cherry yang cocok untuk salad yaitu dengan daun selada, bawang bombay, kacang-kacangan, dan juga bahan salad lainnya. Cita rasa manis dan rasa masam dari cherry bisa memberikan sensasi yang menyenangkan di menu salad.

  1. Yoghurt Cherry

Sahabat tani juga harus mengetahui bahwa cherry bisa dikombinasikan dengan yoghurt. Yogurt yang memiliki ciri khas yang asam bisa menciptakan cita rasa yang baru. Bahkan, Anda juga bisa memadukan cherry dengan buah lainnya yang dirasa cocok sesuai selera lidah Anda. Cherry bisa memberikan rasa yang baru untuk eksperimen yoghurt Anda.

Beberapa buah yang cocok dikombinasikan dengan cherry yaitu pisang, stroberi, mangga, buah naga maupun buah-buahan lainnya. Yoghurt cherry ini juga sangat baik untuk orang yang sedang berdiet, sehingga tidak akan menambahkan kalori terlalu banyak setiap kali ingin megonsumsi buah ini.

Harga Buah Cherry di Pasar

Sahabat tani penasaran berapa harga jual dari buah cherry ini dijual? Cherry mentah bisa dijual dengan harga Rp 26.000–Rp 30.000 hanya dengan 100 gram saja. Dengan harga tersebut, sahabat tani bisa mencoba berjualan buah ini melalui marketplace. Terlebih sebentar lagi sudah akan memasuki panen cherry, maka dari itu cherry segar ini pasti akan banyak dicari, sehingga akan membantu penghasilan Anda.

Sekarang sahabat tani sudah memahami bukan mengenai potensi dari buah cherry untuk bisa dijual kepada masyarakat. Anda juga bisa mencoba untuk memberi edukasi kepada pelanggan untuk bisa memahami pentingnya mengonsumsi cherry bagi kesehatan. Sesekali juga, Anda bisa mencoba cherry untuk dikonsumsi sendiri bersama dengan seluruh anggota keluarga Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *