Cara Menanam Bawang Putih di Pot Rumah

Diposting pada
cara menanam bawang putih
Sumber : Akurat

Salah satu komoditi pertanian yang sering menjadi masalah di Indonesia karena harganya yang kerap melambung saat momen tertentu adalah bawang putih. Bawang putih kerap mengalami kenaikan harga di pasaran terutama ketika lebaran tiba. Banyak orang menganggap bahwa bawang putih tidak mungkin ditanam di rumah karena sulit. Padahal, cara menanam bawang putih sebenarnya tidaklah begitu sulit.

Meski bawang putih sebenarnya bukan makanan pokok, namun keberadaannya sangat penting sebagai bumbu dasar masakan, sehingga menjadikan bawang putih sebagai salah satu komoditi pokok. Daripada sahabat tani ikut terimbas akibat kenaikan harga komoditi bawang putih di pasaran, kenapa tidak mencoba menanam bawang putih sendiri di rumah? Ternyata, bawang putih bisa ditanam di dalam pot.

Berkenalan dengan 5 Jenis Varietas Bawang Putih Lokal

jenis bawang putih
Sumber : Warta Tani

Cara menanam bawang putih secara umum tidak ditentukan dari varietasnya. Meski begitu, umumnya beberapa varietas memiliki cara penanaman yang berbeda agar hasilnya bisa lebih optimal. Di Indonesia sendiri, Kementrian Pertanian menetapkan lima jenis varietas yang termasuk ke dalam bawang putih lokal.

Bawang Putih Lumbuh Hijau

Bawang putih jenis lumbu hijau umumnya ditanam di daerah Magelang, Batu, Malang, serta Temanggung. Bawang putih jenis lumbu hijau memiliki keunggulan berupa kemampuannya untuk beradaptasi yang sangat tinggi pada daerah dataran tinggi. Bawang putih lumbu hijau bahkan bisa hidup di lahan yang terletak di ketinggian melebihi 900 mdpl.

Warna siungnya sendiri putih sedikit keunguan dengan umbi yang memiliki bentuk bulat telur. Hasil tanam bawang putih jenis lumbu hijau ini cukup produktif, bisa mencapai 8 hingga 10 ton per hektar.

Baca Juga :

Bawang Putih Lumbu Putih

Bawang putih jenis lumbu putih dulunya banyak ditanam di daerah Yogyakarta. Namun, kini bawang putih jenis lumbu putih lebih banyak dibudidayakan di Lombok Timur karena hasilnya jauh lebih optimal. Hal ini dikarenakan varietas bawang putih jenis lumbu putih dapat tumbuh lebih subur pada dataran yang medium.

Di Lombok Timur sendiri memiliki ketinggian mencapai 1000 mdpl, sehingga tumbuhan bawang putih jenis lumbu putih bisa tumbuh lebih baik. Umbi bawang putih jenis lumbu putih yang dipanen memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Bawang Putih Lumbu Kuning

Bawang putih jenis lumbu kuning umumnya ditanam di daerah Magelang, Batu, Malang serta Temanggung. Sama seperti bawang putih jenis lumbu hijau, bawang putih jenis lumbu kuning juga memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat tinggi pada daerah dataran tinggi. Bawang putih lumbu kuning bisa hidup di lahan yang terletak di ketinggian melebihi 900 mdpl.

Umbi dari bawang putih lumbu kuning juga hampir serupa dengan bawang putih lumbu hijau. Sementara tampilan daun bawang putih jenis lumbu kuning memiliki warna hijau muda dengan sedikit kekuningan.

Bawang Putih Tawangmangu

Bawang putih jenis tawangmangu umumnya ditanam di daerah lereng Gunung Lawu. Bawang putih jenis tawangmangu memiliki produktivitas yang tinggi hingga mencapai 12 ton setiap hektar. Bawang putih jenis tawangmangu memiliki karakteristik berupa aroma yang sangat kuat.

Bawang Putih Sangga Sembalun

Varietas bawang putih jenis sangga sembalun banyak ditanam di daerah Lombok Timur serta wilayah Nusa Tenggara lainnya. Secara penampilan, bawang putih jenis ini hampir serupa dengan varietas dari Taiwan. Karakteristik bawang putih jenis sangga sembalun adalah siung berwarna putih sedikit keunguan dengan aroma yang tidak terlalu tajam.

Cara Menanam Bawang Putih di Pot Rumah

Apabila sahabat tani memiliki lahan yang terbatas di rumah, maka sahabat tani bisa menanam bawang putih di pot langsung. Caranya pun tidak terlalu sulit karena yang terpenting adalah ketelatenan dalam merawat tanaman.

Menentukan Waktu Mulai Menanam

Penanaman bawang putih terbaik adalah ketika musim kemarau atau setidaknya bukan saat musim hujan. Hal ini untuk menghindari tanaman bawang putih terendam air, sehingga membuat tunasnya membusuk dan tidak berkembang.

Mempersiapkan Benih yang Sehat untuk Bawang Putih

Hanya gunakan siung bawang putih segar sebagai benih untuk tanaman bawang putih. Sahabat tani bisa memilih apakah ingin menggunakan bawang putih yang telah bertunas ataupun menggunakan bawang putih yang tidak memiliki tunas. Jika sahabat tani ingin menanam bawang putih dari tunas, maka bawang putih harus disimpan di dalam lemari pendingin terlebih dulu.

Penyimpanan di dalam kulkas selama 1 hingga 2 minggu sampai tunas mulai tumbuh. Apabila Anda ingin langsung menanam bawang putih tanpa melalui tunas, maka kupas saja kulit luar bawang putih. Kupas seperti Anda ingin menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan

Untuk menentukan apakah bibit bawang putih yang Anda pilih berkualitas terbaik, maka beberapa ciri berikut bisa membantu Anda memilih benih bawang putih terbaik:

  • Bobot siung yang bisa digunakan sebagai benih tanaman bawang putih adalah 1,5 hingga 3 gram.
  • Siung harus dalam keadaan sehat terbebas dari penyakit dan hama.
  • Pilih hanya benih yang memiliki tunas dengan pangkal keras dan sangat penuh.
  • Siung yang digunakan harus bernas yakni tidak keriput, licin dan juga tegak.

Mempersiapkan Media untuk Tanaman Bawang Putih

media tanam pot
Sumber : 8villages

Tanah terbaik untuk menanam bawang putih di dalam pot adalah dengan menggunakan campuran tanah dengan pasir. Anda juga bisa menambahkan pupuk kandang pada media tanam agar lebih subur  pada proses penanaman. Tanaman bawang putih tidak boleh ditanam pada tanah liat karena tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan baik di tanah lunak.

Selanjutnya sahabat tani bisa mempersiapkan wadah untuk tanaman bawang putih, baik dari pot ataupun polybag. Masukkan campuran media tanam berupa tanah, pupuk, dan pasir ke dalamnya hingga sisakan beberapa cm saja di atasnya.

Baca Juga :

Melakukan Penanaman Bawang Putih

Penanaman Bawang Putih di pot
Sumber : Dayaternak

Benih bawang putih ditanam ke dalam media tanam hingga sedalam dua sampai tiga cm. Posisikan bagian runcing dari bawang putih menghadap ke atas supaya tunas tumbuh menjulang ke atas pula. Tutup kembali lubang yang telah diisi dengan bawang putih menggunakan tanah.

Apabila sahabat tani ingin menanam bawang putih yang telah memiliki tunas, maka posisikan penanaman tunas dengan posisi di atas permukaan tanah. Tanaman bawang putih harus ditanam pada tanah yang tidak terlalu becek ataupun tidak terlalu kering. Oleh karena itu, lakukan penyiraman secukupnya saja setiap hari. Pupuk harus diberikan sebanyak satu minggu sekali.

Tempatkan pot berisi bawang putih di tempat yang mendapat asupan sinar matahari mencukupi. Daun bawang putih biasanya akan tumbuh di usia 2 minggu. Sahabat tani sudah dapat memanen bawang putih apabila sudah berusia 90 hingga 100 hari penanaman. Terus awasi tanaman agar terhindar dari beragam hama yang mengganggu.

Cara menanam bawang putih sebenarnya tidaklah begitu sulit. Dengan sedikit pengorbanan waktu, Anda bisa menghemat lebih banyak uang dengan panen bawang putih sendiri di rumah. Sahabat tani bisa memilih salah satu dari jenis varietas bawang putih lokal yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *