8 Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

Diposting pada

Siapa yang tidak suka anggur? Buah yang termasuk dalam kategori mahal ini memang memiliki rasa lezat dan membuat ketagihan. Tidak mengherankan jika harga jualnya juga tinggi. Tapi tahukah Anda, kalau sebenarnya cara menanam anggur ini sangat mudah? Bahkan dengan lahan sempit sekalipun, sahabat tani tetap bisa membudidayakan tanaman merambat yang satu ini.

Anggur merupakan jenis tanaman yang mudah dipelihara. Menariknya, hanya membutuhkan waktu maksimal tujuh bulan saja kelezatan buahnya sudah bisa dinikmati. Menanam anggur sendiri tentu akan lebih menguntungkan. Selain bebas makan anggur sepuasnya, buah ini juga memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan.

Cara Menanam Anggur

8 Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

Berminat untuk berbudidaya anggur tapi terhalang oleh lahan yang sempit? Jangan khawatir, di sini akan dibahas secara lengkap dan detail mengenai cara bercocok tanam anggur di halaman rumah :

  • Mempersiapkan Media Tanam

Media Tanam anggur

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menanam anggur adalah mempersiapkan media tanam terbaik. Sahabat tani bisa memanfaatkan pot untuk permulaan. Sebaiknya pot yang digunakan terbuat dari material tanah liat supaya proses penyerapan air berlangsung sempurna. Selang beberapa waktu kemudian, barulah memindahkannya ke pot lebih besar.

Media tanam terbaik yang dapat dijadikan pilihan adalah memakai pasir dengan campuran pupuk kandang. Hal tersebut dimaksudkan agar air bisa tahan lebih lama di dalam pot. Selain itu, jangan lupa untuk memfermentasi media tanam terlebih dahulu. Jadi, tanah bisa menyerap pupuk dengan maksimal dan tanaman juga lebih subur.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Budidaya Timun yang Bisa Memberikan Hasil Melimpah

  • Mempersiapkan Lahan

Selain media tanam, sahabat tani juga harus mempersiapkan lahan anggur yang akan ditanam permanen. Pertama-tama, gemburkan tanah yang ada di halaman rumah. Pastikan pula ketinggian tanah tempat bercocok tanam tidak kurang dari satu meter di atas permukaan, dengan tingkat keasaman 6.5 – 7 Ph.

  • Memilih Bibit Tanaman

Bibit Anggur

Jika media tanam dan lahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah memilih bibit anggur terbaik. Jangan lupa bahwa kualitas bibit juga akan menentukan bagaimana rasa buah nantinya. Secara umum, ciri-ciri bibit bagus dapat dilihat dari warna kulit serta bercak pada batangnya. Di samping itu, pastikan stek tanaman kelihatan besar dan juga padat.

  • Menyemai Bibit Anggur

Cara menanam anggur selanjutnya adalah proses penyemaian. Di sini, Anda dianjurkan untuk menggunakan bibit hasil stek dari indukan. Supaya tanaman bisa tumbuh sempurna, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, di antaranya adalah :

    • Bibit disemai pada media tanam (pot) yang sudah disiapkan. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 7 hari.
    • Memindahkan bibit ke pot yang sudah diisi campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang. Idealnya memiliki perbandingan 1:1:1.
    • Menyirami bibit secara teratur setiap pagi dan sore. Pastikan kalau tanah tidak akan tergenang oleh air.
    • Setelah dua bulan, sahabat tani akan melihat tunas baru dan akar tanaman anggur mulai bermunculan.
  • Menanam Benih Anggur

Setelah bibit berusia dua bulan, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan pohon anggur ke media tanam. Agar hasilnya lebih optimal, dianjurkan untuk menanam anggur pada musim kemarau. Caranya sangat mudah, tinggal masukkan bibit kepada lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian tutup rapat sekitar ¼ pangkal batang.

Sembari menunggu pohon anggur tumbuh semakin besar, sahabat tani bisa mempersiapkan tiang-tiang bambu atau rotan (para-para) dengan ketinggian sekitar 2 m. Tiang ini berfungsi sebagai sandaran bagi tanaman anggur yang merambat.

Baca Juga : Yuk Simak 2 Cara Budidaya Melon Lengkap

  • Perawatan Tanaman Anggur

Sebagaimana jenis tanaman lain, anggur juga membutuhkan perawatan maksimal supaya hasilnya lebih maksimal. Pada awal penanaman, sebaiknya berikan perhatian ekstra untuk melihat bagaimana kondisi pohon anggur. Dengan begitu, maka sahabat tani bisa mulai memprediksi apakah tanaman nantinya akan tumbuh sempurna, atau tidak.

Di bawah ini adalah tahapan perawatan yang wajib diberikan pada tanaman anggur :

  1. Menyiram Pohon Anggur

Meskipun tanaman ini tidak membutuhkan kadar air yang banyak, namun bukan berarti Anda tidak perlu menyiramnya. Sahabat tani harus selalu memperhatikan tekstur tanah media bercocok tanam setiap hari. Kalau tanahnya masih lembab, maka sebaiknya jangan disiram dulu. Namun jika sudah kering, bisa langsung disiram.

  1. Pemupukan

Memberikan pupuk secara berkala juga merupakan salah satu cara menanam anggur yang baik dan benar. Pemupukan sebaiknya dilakukan sejak mulai bibit ditanam di tanah. Hal ini dilakukan agar pohon lebih subur, sehat, dan berkualitas. Karena pada dasarnya, pupuk adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman jenis apapun.

  1. Menyiangi Tanaman Anggur

Supaya kelihatan lebih terawat dan enak dipandang, maka jangan lupa menyiangi pohon anggur secara teratur. Proses ini meliputi pemangkasan batang kayu yang sudah tua, membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman, hingga penyemprotan.

  1. Penyerbukan

Meskipun penyerbukan pada tanaman dapat berlangsung secara alami, namun bukan berarti sahabat tani tidak bisa membantu proses ini supaya anggur cepat berbuah. Caranya sederhana sekali, cukup kocok bagian batang pohon saat sedang berbunga. Kegiatan ini dapat menghasilkan panen yang lebih berkualitas.

  • Memanen Anggur

Masa panen anggur pastilah momen yang paling ditunggu oleh pemiliknya. Namun sebelum memutuskan memanen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di bawah ini adalah tanda paling mencolok kalau buah sudah siap untuk dipanen :

  • Buah mudah dilepaskan dari ranting
  • Buah di satu ranting masak merata
  • Tekstur buah berubah menjadi lebih kenyal

Kalau sudah melihat tanda tersebut, maka sahabat tani sudah mulai bisa memetik anggur-anggur tersebut. Sebaiknya proses memanen dilakukan pada pagi hari saat buah dan pohon masih segar-segarnya. Buah yang sudah dipanen bisa langsung dimasukkan ke dalam keranjang dan dianjurkan untuk tidak menumpuk buah dalam wadah terlalu berat.

Baca Juga : Simak Cara Menanam Jeruk Bali dan 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan

  • Teknik Menanam Anggur Dijamin Berhasil

Dalam membudidayakan anggur, ada beberapa teknik ampuh yang dapat Anda terapkan supaya hasil panennya memuaskan. Berikut ini adalah cara budidaya tanaman anggur yang bisa dijadikan panduan :

  • Idealnya, penanaman anggur akan lebih maksimal jika ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki musim kering panjang.
  • Hindari tempat yang sangat terbuka, khususnya yang dapat terpapar angin kencang secara langsung.
  • Daerah yang mempunyai curah hujan tinggi tidak begitu cocok untuk ditanami anggur. Hal ini dikarenakan air dapat menjadi penyebab bibit penyakit dan merusak bakal bunga anggur.
  • Anggur harus mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Paparan cahaya matahari akan membantu proses pertumbuhan dan pembuahan menjadi lebih maksimal.
  • Suhu yang pas untuk bercocok tanam anggur berada di kisaran 31oC (siang hari), dan 23oC (malam hari). Sedangkan tingkat kelembabannya adalah 75% hingga 80%.

Cara menanam anggur memang tidak begitu sulit, meskipun faktanya banyak yang gagal di tengah jalan. Sebagai tanaman yang sensitif, pohon anggur membutuhkan perhatian ekstra. Apalagi, di tengah cuaca yang berubah-ubah. Sahabat tani harus siap dengan jurus ampuh guna mencegah tanaman anggur dari kerusakan, baik yang disebabkan oleh faktor alam, maupun hama penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *