Ini Dia Cara Membuat Kopi dari Manual hingga Menggunakan Mesin

Diposting pada

Tahukah Anda bahwa ternyata untuk membuat secangkir kopi yang nikmat, banyak teknik yang bisa dipakai? Dari zaman dahulu hingga sekarang cara membuat kopi terbaik masih dipertahankan, walaupun sudah bersaing dengan teknologi canggih. Sahabat tani ingin tahu seperti apa saja teknik membuat kopi tersebut?

Mengintip sejarah eksistensi kopi, ternyata sudah ada sejak tahun 800 sebelum masehi, lho! Orang Afrika lah yang mulai membudidayakannya, namun bukan untuk dijadikan minuman, melainkan biji kopi yang sudah matang dijadikan makanan penambah energi. Lalu dari kebiasaan tersebut eksplorasi dilakukan hingga akhirnya kopi kini jadi salah satu minuman paling enak di dunia versi banyak penelitian.

Cara membuat kopi
Sumber : Jejak Tani

Memilih Biji Kopi adalah Harga Mati!

Sebelum membuat secangkir kopi terbaik, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih biji kopi terbaik untuk diolah. Para peracik kopi pasti sudah tahu hal ini, makanya produk kopi mereka jadi sangat enak dan punya citarasa terbaik. Sahabat tani pun bisa membuat kopi masterpiece dengan cara memilih biji kopi dengan cara berikut:

Cium Aroma

aroma kopi
Sumber : Top Coffee

Kopi yang memiliki kualitas bagus itu, aromanya sangat wangi dan tahan lama saat dicium. Beda dengan kopi yang sudah lama, aromanya sangat cepat hilang bahkan ada yang sudah tidak tercium lagi aromanya. Jadi sebelum membeli biji kopi untuk diolah pastikan untuk mencium aromanya terlebih dahulu.

Baca Juga :

Lihat Tanggal Sangrai

Jika Anda membelinya online tentu tak mungkin mencium langsung aromanya, tapi tenang saja karena tetap bisa memilih biji kopi berkualitas dengan melihat kapan biji kopi itu disangrai. Ingat! Makin dekat tanggal sangrai dengan waktu Anda membeli, maka kualitas biji kopi akan semakin baik. Sebab biji kopi masih segar dan siap menebar wangi maksimal.

Pastikan Kualitas

kualitas kopi
Sumber : coffeeland

Indonesia kaya akan biji kopi berkualitas dari berbagai daerah, setiap daerah memiliki kriteria masing-masing. Anda harus paham hal tersebut, misalnya kopi kerinci akan beda karakter kualitasnya dengan kopi ijen. Cara membuat kopi dari biji kopi berkualitas ini juga akan berbeda, tapi minuman kopi yang dihasilkan akan sama-sama nikmat.

Beli Sedikit Dulu

Agar tidak rugi banyak karena baru pertama kali membeli biji kopi, ada baiknya Anda membeli beberapa jenis biji kopi dalam skala kecil dulu. Jangan karena merasa yakin, Anda langsung memborong biji kopi tersebut, ternyata saat diolah menjadi kopi seduh hasilnya mengecewakan.

Eksperimen Seduh

Selain membeli sedikit, Anda selanjutnya bisa melakukan eksperimen dari semua jenis biji kopi yang sudah dibeli untuk melihat kualitas. Caranya dengan menyeduh masing-masing biji kopi tanpa memberikan tambahan gula atau lainnya. lalu cium aroma, rasakan teksturnya, dan Anda bisa mengetahui kopi mana yang lebih baik ketimbang yang lain.

Penjual Terpercaya

Pastikan juga Anda membeli biji kopi di toko yang sudah terjamin kualitas produknya. Bisa dilihat dari rekomendasi konsumen, banyaknya pembeli yang datang, dan jenis kopi yang disediakan oleh pemilik toko.

Cara Membuat Kopi Klasik

Sebelum ditemukannya berbagai mesin pembuat kopi kekinian, orang sudah punya banyak cara membuat kopi  manual untuk menciptakan kopi enak. Beberapa di antaranya bisa Anda coba di rumah sekarang.

French Press

Cara ini sering dipakai untuk membuat kopi tubruk atau jenis kopi alami lainnya yaitu:

  • Haluskan biji kopi menggunakan blender, kemudian masukkan ke dalam cangkir, sisihkan.
  • Didihkan air, diamkan satu menit.
  • Tuang air ke dalam cangkir berisi kopi, aduk rata, dan diamkan selama tiga menit.
  • Tuang kopi ke dalam cangkir lain tanpa memasukkan ampas yang mengendap.
  • Tambahkan gula atau susu sesuai selera, kopi siap diminum.

Saring Filter Paper ( Pour Over )

  • Letakkan kertas filter pada cangkir yang akan dijadikan tempat membuat kopi.
  • Ikat menggunakan karet sehingga membentuk penyaring.
  • Didihkan air.
  • Masukkan bubuk kopi dalam kertas filter, siram dengan sedikit air untuk membasahi bubuk.
  • Diamkan 45 detik, tuang tambahan air sesuai selera.
  • Ambil penyaring dan tambahkan gula atau krim sesuai selera.

Rebus

  • Masukkan air ke dalam panci hingga setengah panci.
  • Tambahkan bubuk kopi halus yang sudah diblender sebelumnya, masukkan gula sesuai selera.
  • Rebus menggunakan api kecil hingga mendidih dan air menyusut hingga tinggal ¼ bagian.
  • Angkat, saring, secangkir kopi siap dinikmati.

Cara Membuat Kopi Kekinian

Berkembangnya teknologi juga memberikan dampak positif bagi dunia “perkopian”, karena saat ini tersedia berbagai mesin otomatis yang bisa menghasilkan minuman kopi yang tak kalah rasanya dengan cara membuat kopi manual.

Espresso

Mesin yang bisa membuat berbagai jenis kopi ini jadi andalan gerai kopi di berbagai penjuru dunia. Keotomatisannya bisa mempermudah kerja pemilik kafe kopi untuk menyediakan kopi sesuai pesanan. Mulai dari kopi cappucino, latte, macchiato, hingga americano yang terkenal itu.

Cukup memasukkan bahan ke dalam tempat yang tersedia. Selanjutnya Anda bisa memilih jenis kopi yang akan dibuat, berapa suhunya, dan biarkan mesin bekerja untuk Anda. Mesin versi mininya juga banyak tersedia dan dijadikan perangkat dapur utama di rumah yang penghuninya adalah penggemar kopi.

Neapolitan Flip

Neapolitan flip adalah alat yang disebut reversible drip pot untuk membuat kopi berbentuk teko bertingkat yang bisa di bolak balik sesuai kebutuhan. Cara membuat kopi menggunakan alat ini adalah dengan meletakkan biji kopi pada bagian tengah teko, lalu isi air di bagian bawah teko, dan biarkan bagian atas teko kosong.

Selanjutnya air didihkan maksimal dan alat dibalikkan sehingga air mendidih membasahi bubuk kopi, serta meneteskan air kopi pada teko bagian bawah yang sebelumnya kosong. Tunggu hingga proses penetesan kopi selesai dan sajikan kopi ke dalam cangkir.

Baca Juga :

Single Serve

Bagi Anda yang malas menyeduh kopi sendiri, saat ini sudah ada alat yang bisa menyajikan kopi sesuai keinginan Anda. Biasanya dipakai pada perkantoran yang rutinitasnya padat dan jam istirahat terbatas. Jadi pekerja bisa menggunakan alat ini untuk membuat kopi kapanpun mereka mau, cukup dua menit dan secangkir kopi pun siap menemani aktivitas.

Vacuum (Siphon)

Vacuum merupakan alat penyeduh kopi dengan sistem penguapan yang terdapat dua bejana dengan dua fungsi. Bejana atas berisi bubuk kopi, lalu ada alat vacuum di bagian tengah dan bejana bawah untuk mendidihkan air.

Proses dimulai setelah air mendidih, uap naik ke bejana atas hingga membuat kopi basah dan meneteskan air kopi ke bagian bawah setelah bubuk kopi tersaring otomatis oleh kertas pada alat vacuum.

Anda akan pakai cara membuat kopi yang manual atau kekinian? Tinggal ikuti langkahnya dan nikmati kopi berkualitas yang selama ini hanya bisa Anda rasakan di kafe tertentu. Tapi di balik semua itu, pemilihan biji kopi tetap jadi hal penting sebelum semua proses pembuatan kopi dilakukan. Sudah siap menghasilkan minuman kaya aroma dan cita rasa luar biasa dari biji kopi pilihan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *