Cara Budidaya Tanaman Anting Putri

Diposting pada
Anting Putri
Sumber : twitter.com

Cara Budidaya Tanaman Anting Putri dengan Mudah dan Hasil yang Rimbun

Halaman rumah yang indah dilengkapi taman yang asri, tentunya menjadi idaman banyak orang. Tidak hanya rumah, akan lebih sejuk dan indah apabila halaman sekolah atau kantor dilengkapi taman yang hijau. Salah satu tanaman untuk memperindah tempat-tempat tersebut ialah anting putri.

Tentang Tanaman Anting Putri

Anting putri yang memiliki nama ilmiah Wrightia Religiosa ini merupakan salah satu tanaman bonsai dan masuk ke dalam famili Apocynaceae. Tanaman ini memiliki daun berukuran kecil-kecil dan hijau segar, bentuk bunganya cantik menyerupai bunga melati. Karena bentuknya yang cantik inilah tidak jarang banyak pecinta tanaman mulai membudidayakannya.

Tumbuhan unik ini asli berasal dari daerah tropis di Asia, Australia, dan Afrika. Seringkali tanaman ini justru tidak dianggap sebagai tanaman hias, melainkan semak atau tanaman liar di habitat aslinya, walaupun bentuk bunganya indah.

Namun, di negara-negara subtropis misalnya Jepang dan Korea (yang bukan merupakan habitat aslinya) memiliki kebiasaan yang berbeda. Anting putri ini dijadikan tanaman hias atau tanaman pagar untuk mempercantik rumah.

Ciri-Ciri Anting Putri

  1. Memiliki ketinggian 2 sampai 4 meter.
  2. Batangnya menyerupai sapu terbalik, atau menyerupai jambu biji yang sudah kokoh batangnya.
  3. Bunganya memiliki karakteristik sebagai berikut:
    1. Beraroma harum.
    2. Memiliki diameter 3 sampai 4 mm.
    3. Berwarna putih.
    4. Tangkainya tipis, halus, dan berbulu.
    5. Kelopak bunga berbentuk telur dan memiliki beludru.
    6. Panjang kelopak kurang lebih 7 mm.
  4. Sedangkan, daunnya memiliki karakteristik sebagai berikut:
    1. Berwarna hijau (ketika masih muda).
    2. Berwarna kuning (ketika sudah menua).
    3. Berukuran 2,5 – 7,5 x 1,5 – 3 cm.
    4. Panjang tangkai daun 2 sampai 4 mm.
  5. Panjang bijinya 8 mm dan berbentuk gelendong.
  6. Hidup dengan baik pada suhu 18–19 derajat celcius, namun mudah hidup di mana saja di habitat aslinya.

Cara Budidaya Anting Putri

Nilai jual tanaman ini cenderung tinggi, karena tanaman ini populer dengan salah satu jenis tanaman bonsai yang cantik dan indah. Pada dasarnya tanaman ini memerlukan keterampilan khusus untuk menumbuhkannya. Namun, untuk pemula jika ingin mendapatkan hasil tanaman bonsai berkualitas dan tumbuh lebat, cara budidayanya harus dilakukan dengan cermat dan yang sudah berpengalaman.

Mungkin sahabat tani berpikir bagaimana caranya menanam bonsai anting putri sebagai salah satu tanaman hias mengagumkan di halaman rumah? Simak cara budidaya tumbuhan cantik ini sebagai berikut.

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Sebelum melakukan penanaman, pertama Anda harus menyiapkan media tanam yang sesuai agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Gunakanlah media tanam berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang secara merata agar tanah mengandung nutrisi yang cukup.

Media tanam yang diberi pupuk, tentunya akan lebih baik daripada yang tidak diberi pupuk sama sekali. Tanaman bonsai ini juga akan tumbuh dengan baik, apabila penanamannya disertai dengan media tanam yang cukup nutrisi.

  1. Memilih Bibit Tanaman

Untuk mendapatkan bibit tanaman bonsai ini, sahabat tani bisa menggunakkan cara penanaman dengan stek akar atau stek pucuk. Penanamannya yaitu dengan memilih batang berukuran panjang dan diameter serta umurnya sesuai. Kemudian supaya tidak rusak atau pecah, gunakan pisau yang tajam untuk memotong batang pohon secara miring.

  1. Menanam Bibit Tanaman

Anda mulai bisa menanamkan bibit ke media tanam yang telah disiapkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buat lubang pada media tanam dengan kedalaman 5 sampai 10 cm.
  2. Tanamkan bibit dengan posisi tegak lurus.
  3. Padatkan media tanam agar bibitnya tidak mudah roboh.
  4. Lakukan penyiraman agar tanaman tumbuh dengan baik
  5. Merawat Tanaman Anting Putri

Perawatan merupakan hal yang wajib dilakukan, agar tanaman bonsai ini lebih indah nantinya. Selain itu, hal tersebut dilakukan agar bibit tanaman mulai tumbuh dengan baik. Perawatan pun tidak hanya dilakukan setelah bibit mulai tumbuh saja, saat mulai terbentuk menjadi bonsai pun perawatan harus tetap dilakukan dengan baik.

Lakukanlah pemotongan pada bagian batang tanaman, agar jaringan tunas pada tanaman dapat tumbuh dengan rimbun. Pemotongan dilakukan secara rutin, yaitu satu kali setiap dua bulan. Jika hal tersebut dilakukan dengan tepat, tanaman pun akan tumbuh dengan baik.

Pentingnya Perawatan Tanaman Anting Putri

Jangan lupa untuk perawatan tanaman ini setelah tumbuh menjadi bonsai. Perawatan yang cermat sangat dibutuhkan agar tampilan bonsai yang dihasilkan bisa sesuai dengan yang diharapkan. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Contoh cara perawatan bonsai yang tepat adalah saat melakukan pemangkasan daun-daun yang menguning. Lakukanlah dengan cermat dan tidak boleh sembarangan, hal tersebut karena pemangkasan yang sembarangan dapat merusak bentuk tajuk bonsai.

Tips Pemeliharaan Bonsai Anting Putri yang Tepat agar Tumbuh Rimbun

Melakukan pemeliharaan bonsai anting putri yang tumbuh sangat penting untuk dipraktikkan, agar hasil tanaman sesuai dengan yang diharapkan untuk memperindah halaman rumah. Tanaman ini memang sangat cocok untuk dijadikan bonsai karena bentuk daun, bunga, dan batangnya yang mini.

Namun perlu sahabat tani ketahui bahwa tanaman ini memerlukan perawatan eksklusif. Berikut teknik-teknik pemeliharaan tanaman bonsai ini:

  1. Pemangkasan

Jika Anda mendapati daun-daun yang sudah mulai menguning, tandanya diperlukan pemangkasan yang tepat. Agar tidak merusak bentuk tajuknya, pemangkasan pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika tajuk bonsai rusak, maka akan berubah bentuknya tidak sesuai yang diharapkan. Berikut cara pemangkasan yang baik dan benar:

  • Pemangkasan biasa dilakukan dengan mencabuti atau menggunting daun yang sudah menguning.
  • Pemangkasan yang digunduli dilakukan apabila Anda menginginkan bonsai menghasilkan ukuran daun yang lebih kecil.
  • Saat mencabut atau menggunting daun, sebaiknya dilakukan sambil memegang batang atau ranting bonsai, hal tersebut dilakukan agar ranting dan batang tidak terpotong dan patah.
  1. Penyiraman

Sebaiknya lakukan penyiraman pada bonsai secara rutin sehari satu kali. Agar tanaman tidak membusuk, sebaiknya air jangan sampai mengendap di dasar pot tanaman.

  1. Pencahayaan

Cahaya matahari yang cukup sangat diperlukan tanaman bonsai, agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, tempatkanlah tanaman ini di tempat yang cukup terkena sinar matahari.

  1. Nutrisi Tanaman

Perhatikan dengan tepat asupan nutrisi untuk tanaman. Hal tersebut karena pertumbuhan tanaman bonsai ini akan mandek atau terhambat apabila kekurangan nutrisi tanaman. Oleh karena itu, lakukanlah pemupukan dengan intensitas sebulan satu kali dengan menggunakan pupuk kompos, NPK, atau jenis pupuk lainnya.

  1. Penggantian Media Tanam

Repotting atau mengganti media tanam ternyata tak kalah penting untuk dilakukan. Sahabat tani bisa mulai mengganti media tanam pada tanaman bonsai ini sekali dalam tiga tahun.

Menanam anting putri memang perlu dilakukan dengan perawatan khusus. Jika cara budidaya dan tips-tips perawatan di atas dilakukan dengan baik, tanaman bonsai ini akan tumbuh dengan rimbun dan indah.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *