Keindahan Bunga Lavender Dari Rupa Hingga Aroma 

Keindahan Bunga Lavender Dari Rupa Hingga Aroma 

Bunga Lavender
Sumber : pikiran-rakyat.com

Saat pertama kali mendengar kata Bunga Lavender, pasti pertama kali dibenak kita adalah, “untuk mengusir nyamuk.” Ya memang benar, bunga berbulu yang satu ini memang kerap kali digunakan untuk mengusir nyamuk, karena banyak pembasmi atau semprotan nyambuk menggunakan aroma bunga lavender untuk mengusir nyamuk ataupun serangga.

Selain itu, bunga lavender juga terkenal dalam membantu merawat kesehatan wajah maupun tubuh, terutama untuk para wanita, pasti sudah sangat sering memanfaatkan bunga yang berwarna ungu ini untuk memanjakan diri mereka.

Namun, kerap kali banyak masyarakat tidak mengetahui lebih dalam asal usul mengenai bunga lavender.

Asal Muasal Bunga Lavender

Asal tumbuhan ini bermula dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Bunga lavender yang dalam bahasa latin disebut lavandula afficinalis syn. L. Angustifolia adalah tumbuhan yang termasuk kedalam jenis rumput-rumputan dan semak pendek. Orang Roma biasa menyebut bunga lavender dengan sebutan “Lavare”, yang artinya mencuci atau menyegarkan. Karena mereka merasa bahwa aroma dari bunga lavender mampu menjernihkan batin serta menyegarkan pikiran.

Provence, Prancis, yakni asal mula tumbuhan yang memiliki aroma indah ini hingga menyebar keseluruh penjuru dunia memiliki ladang besar untuk menanam bunga lavender pada saat musim panas tiba.

Ladang Bunga Lavender Di Provence Perancis

Ladang Bunga Lavender Di Provence Perancis
Sumber : liputan6.com

Dalam beberapa tahun, daerah Provence di Perancis menjadi tujuan destinasi wisata para pelancong untuk menikmati keindahan ladang bunga lavender yang sangat luas. Bahkan, orang Prancis sendiri belum terlalu cukup mengetahui mengenai ladang lavender di daerah tersebut.

Hampir disemua sudut di wilayah Provence akan ditemukan ladang bunga lavender yang berhektar-hektar dengan warna ungu atau biru. Aroma bunga lavender yang khas, membuat para pelancong yang berkunjung ke ladang ini merasa betah karena membuat ketenangan batin serta dapat menjernihkan pikiran.

Ladang bunga lavender ini bermekaran pada saat bulan Juni hingga Agustus. Bunga lavender tumbuh di ketinggin antara 600 sampai dengan 1350 m di atas permukaan laut yang dimana, semakin tinggi tempat tumbuh bunga lavender, maka, semakin baik pula kualitas minyak yang dikandung oleh bunga lavender.

Di provinsi Provence sendiri bunga lavender dikenal dengan nama “Lavendi”. Pada abad pertengahan, bunga lavender tidak hanya digunakan untuk produk kecantikkan, tetapi juga digunakan sebagai obat kesehatan. Saat ini, penanaman bunga lavender terbesar ada di Provence, Prancis yang menyimbolkan sejarah dari bunga lavender itu sendiri.

Terdapat dua ladang bunga lavender yang paling terkenal, yakni Plateau de Valensole dan Plateau de Sault. Plateau de Valensole ini sering dijadikan oleh fotografer sebagai bahan untuk berkarya. Hamparan lautan ungu bunga lavender bagaikan surga yang memanjakan mata sehingga banyak fotografer betah berlama-lama tidak hanya untuk memotret, tetapi juga menikmati keindahan ladang bunga lavender.

Terkadang juga para pelancong dapat menikmati sunset yang indah terbenam bagaikan bersembunyi di balik ladang bunga lavender. Selain itu, para pelancong juga dapat menikmati keindahan ladang bunga lavender dengan menggunakan mobil, sepeda, maupun berjalan kaki dengan pasangan maupun rekan melancong.

Makna Bunga Lavender

Arti serta makna bunga lavender melambangkan pertumbuhan seorang wanita yang menunjukkan keanggunan. Bunga lavender juga dapat diartikan dengan keindahan, sehingga, jika wanita yang menerima bunga lavender dari seseorang, maka dipastikan bahwa wanita tersebut pasti sangat indah dan anggun seperti bunga lavender yang terus tumbuh dengan anggun berwarna ungu yang lembut.

  • Bunga Lavender Bagi Perawatan Tubuh

Tak bisa dipungkiri bunga lavender memiliki makna yang sangat dalam yaitu anggun, dan memang, bagi para orang yang berkesempatan menikmati keindahan ladang bunga lavender ini akan sangat setuju dengan makna di balik bunga lavender itu sendiri.

Karena bunga lavender memang memiliki warna yang menarik dan indah dipandang mata, serta aromanya yang sangat khas dapat membantu memberikan ketenangan batin seseorang serta menjernihkan pikiran.

Tak hanya terkenal akan keindahannya, bunga lavender juga dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi perawatan tubuh.

Mengolesakan campuran bunga lavender dan cuka apel ke kulit kepala ternyata dapat mencegah ketombe sekaligus membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat. Karena, bunga lavender mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga dapat menyembuhkan iritasi kulit serta melembabkan kulit kering.

Bulu-bulu halus pada daun bunga lavender mengandung minyak esensial yang dapat membunuh bakteri untuk melawan jerawat. Karena minyak esensial yang terkandung pada daun bunga lavender memiliki kandungan anti-inflamasi dan antiseptik.

  • Bunga Lavender Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Banyak masyarakat menggunakan pembasmi nyamuk yang beraromakan bunga lavender, selain ampuh untuk mengusir nyamuk, aroma bunga lavender ternyata juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan depresi seseorang karena memiliki kualitas tidur yang tinggi.

Serta aromanya yang menenangkan batin serta dapat menyegarkan pikiran menjadi salah satu mengapa banyak masyarakat menggunakan aroma terapi bunga lavender di rumah.

Setelah menghirup aroma bunga lavender, tubuh akan merasa perlahan-lahan menjadi lebih nyaman dan rileks dan perlahan akan merasa mengantuk.

Sehingga dapat juga dijadikan obat bagi penderita insomnia.

  • Bunga Lavender sebagai Parfum

Selain aromanya yang dapat mengurangi kecemasan serta menangkan batin, minyak bunga lavender juga dapat dijadikan parfum dengan cara mengoleskan sedikit minyaknya ke leher dan pergelangan tangan.

Cara Membuat Minyak Bunga Lavender

Bahan :

  • Siapkan beberapa batang bersama bunga lavender yang sudah dikeringkan sepanjang 15cm
  • Siapkan minyak zaitun
  • 1 Lembar kain penyaring
  • Vitamin E

Cara membuat :

  1.   Hancurkan bunga lavender
  2. Tambahkan sedikit minyak zaitun kedalam bunga lavender yang telah dihancurkan
  3. Tutup wadah yang berisi remukan bunga lavender yang sudah terendam oleh minyak, dan diamkan hingga kurang lebih tiga minggu. Letakan wadah tersebut pada lokasi yang cerah yang dijangkau oleh sinar matahari.
  4.   Letakan kain penyaring di wadah lain
  5. Tuangkan secara perlahan minyakan lavender yang sudah di diamkan ke atas kain penyaring. Buang bunga dan batang bunga lavender
  6.   Minyak lavender dapat digunakan.

 

Berikut cara alami dalam membuat minyak bunga lavender yang berguna untuk kesehatan, aroma terapi, bahkan perawatan tubuh.

Selain itu, di beberapa toko-toko di pusat perbelanjaan juga sudah menjual banyak ragam varian baik itu untuk parfum, aroma terapi maupun minyak bunga lavender.

Namun alangkah lebih baik jika dapat membuat minyak esensial bunga lavender itu sendiri karena kita dapat mengetahui proses pembuatan dan tidak ada campur bahan kimia, sehingga lebih aman untuk tubuh.

Selain itu, khasiatnya pasti akan lebih terlihat dan terasa saat kita membuat minyak esensial bunga lavender sendiri.

Bunga lavender juga sudah banyak dijual dipasaran, seperti di toko bunga bahkan di aplikasi jualan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *